Tempat wisata Lampung terbaik untuk liburan? Ada yang seru nggak ya?

Ada dong, pastinya! Banyak banget destinasi wisata di Lampung, yang nggak boleh sampai kamu lewatkan kalau lagi liburan ke sini!

Provinsi Lampung sendiri memang udah terkenal akan wisata alamnya yang menakjubkan. Mulai dari bukit, danau, sampai pantai, semuanya punya pemandangan yang mempesona. Paling nggak, kamu harus ke Lampung sekali seumur hidup, karena memang se-worth it itu destinasi-destinasi wisata yang ada di sini!

Buat kamu yang lagi siap-siap mau liburan ke Lampung dan lagi bikin itinerary, berikut ini udah dirangkum rekomendasi wisata terbaik yang ada di Lampung. Yuk, simak!

Tempat Wisata Lampung Terbaik

Mungkin kamu suka: 21 Wisata Alam Lampung yang Wajib Kamu Kunjungi di 2024

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas Lampung

Liburan ke Lampung, wajib banget mengunjungi Taman Nasional Way Kambas. Ikon dari wisata Lampung ini menjadi area perlindungan, pelatihan, dan juga konservasi gajah Sumatera. 

Pusat konservasi yang satu ini menampung kurang lebih 300 ekor gajah dan terus bertambah sampai sekarang ini. Kamu bisa berinteraksi langsung sama gajah-gajah yang ada di sini, dengan memandikan gajah, sampai menonton atraksi mereka!

Harga Tiket Masuk*: 

Weekday:

  • Wisatawan Lokal: Rp 5.000
  • Wisatawan Mancanegara: Rp 150.000

Weekend:

  • Wisatawan Lokal: Rp 7.000
  • Wisatawan Mancanegara: Rp 225.000

Jam Operasional:

Setiap hari, pukul 08.00-18.00 WIB

Lokasi:

Rajabasa Lama, Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan selatan Lampung

Taman nasional lainnya di Lampung ada Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, atau TNBBS. Kawasan ini bertujuan untuk melindungi hutan hujan tropis Sumatera, sekaligus satwa liar dan tumbuhan langka yang ada di dalamnya.

Di tempat ini juga ada Rhino Camp yang bisa kamu kunjungi, serta habitat dari bunga bangkai berukuran raksasa. Kamu juga bisa trekking dan berkemah di sini, lho!

Harga Tiket Masuk:

Rp 15.000

Jam Operasional:

Senin-Jumat: 07.30-16.00 WIB

Sabtu-Minggu: TUTUP

Lokasi:

Lampung (Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Pesisir Barat, dan Kabupaten Tanggamus)

Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman

Tempat wisata terbaik di Lampung lainnya ada Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman. Tahura ini merupakan salah satu dari 14 Taman Hutan Raya yang ada di Indonesia. Tempat wisata yang satu ini cocok banget untuk kamu yang suka berpetualang di alam.

Soalnya, kamu bisa trekking di hutan rimbun sambil menjelajahi keanekaragaman flora dan fauna Lampung. Di dalam tahura ini juga ada Taman Rusa, tempat penangkaran jenis Rusa Timur. Kamu bisa deh tuh berinteraksi sama rusanya dan memberi makan mereka!

Harga Tiket Masuk:

Rp 6.000

Jam Operasional:

Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi: 

Jl. Wan Abdurrahman, Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Kabupaten Pesawaran

Pulau Pahawang

Tempat Wisata Lampung_Pulau Pahawang

Nah, kalau kamu butuh vitaminsea, ke Pulau Pahawang solusinya! Kawasan ini terbagi jadi dua area, yaitu Pulau Pahawang Besar yang ada penghuninya dan Pulau Pahawang Kecil yang nggak berpenghuni. 

Kamu bisa puas-puasin snorkeling dan menjelajahi keindahan bawah lautnya. Ada banyak terumbu karang indah yang dihuni ikan-ikan hias lucu. Selain snorkeling dan berenang, kamu juga bisa main banana boat di sini!

Harga Tiket Masuk:

GRATIS (bayar Rp 30.000 untuk biaya transportasi dengan perahu)

Jam Operasional:

24 Jam

Lokasi:

Desa Pahawang, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran

Pulau Kelagian

Tempat Wisata Lampung_Pulau Kelagian

Selanjutnya, terkait pulau lainnya di Lampung yang nggak kalah cantik ada Pulau Kelagian. Pulau ini juga terbagi menjadi dua pulau, yaitu Pulau Kelagian Besar dan Pulau Kelagian Kecil. Keduanya sama-sama menyuguhkan pemandangan laut yang indah banget!

Pulau Kelagian juga nggak berpenghuni, makanya suasananya masih asri dan kebersihannya terjaga. Kamu bisa snorkeling, berenang, atau menjelajahi hutan bakau yang ada di sini!

Harga Tiket Masuk:

Rp 10.000

Jam Operasional:

24 Jam

Lokasi:

Tenggara Teluk Ratai, Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran

Pantai Mutun

Tempat Wisata Lampung_Pulau Mutun

Dari sekian banyak pantai di Lampung, salah satu yang jadi favorit warga Lampung adalah Pantai Mutun! Pantai ini menyuguhkan pemandangan hamparan pasir putih yang lembut, air laut yang tenang, dan pepohonan di sekitar yang rindang. 

Kamu bisa bersantai di atas pasir maupun di gazebo kayu. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini ada memancing, naik kano, main banana boat, dan berenang.

Harga Tiket Masuk:

Rp 25.000

Jam Operasional:

24 Jam

Lokasi:

Desa Sukajaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran

Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia

Rekomendasi tempat wisata di Lampung kali ini adalah untuk kamu yang suka berselancar dan menantang ombak. Apalagi kalau bukan Pantai Tanjung Setia! Ombak di pantai yang satu ini cukup kuat dan besar, makanya dinilai cocok untuk surfing. 

Sayangnya, Pantai Tanjung Setia nggak begitu populer di kalangan wisatawan lokal. Kalau kamu ke sini, justru ramai oleh wisatawan mancanegara. Selain surfing, kamu juga bisa main voli pantai, berjemur, atau snorkeling. Di tempat ini juga disediakan vila dan penginapan, lho!

Harga Tiket Masuk:

Rp 8.000

Jam Operasional:

24 Jam

Lokasi:

Desa Tanjung Setia, Pesisir Barat, Lampung Barat

Pantai Gigi Hiu

Tempat Wisata Lampung_Pantai Gigi Hiu

Kalau pantai yang satu ini, jadi pantai yang paling unik di Lampung. Soalnya, karakteristik pantainya bukan yang dipenuhi hamparan pasir putih yang lembut, melainkan bebatuan karang yang tingginya beragam.

Nah, nama Pantai Gigi Hiu ini tentu aja berasal dari deretan bebatuan karang unik tersebut, yang berbaris dan lancip di atas, mirip dengan gigi ikan hiu. Kamu bakal dibuat terpana sama suara deburan ombak keras yang menghantam bebatuan karang. Kalau ke sini, jangan coba-coba untuk berenang atau snorkeling, ya!

Harga Tiket Masuk:

Rp 15.000-Rp 20.000

Jam Operasional:

Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi:

Desa Pekon Susuk, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus

Teluk Kiluan

Tempat Wisata Lampung_Teluk Kiluan

Teluk Kiluan, jadi salah satu tempat wisata di Lampung yang terkenal di kalangan wisatawan, karena kamu bisa lihat lumba-lumba langsung di sini! Tempat ini memang jadi habitat dari lumba-lumba sniper dan lumba-lumba hidung botol. Makanya, kalau beruntung, kamu bisa lihat para lumba-lumba yang lagi lompat ke luar air!

Selain lihat lumba-lumba, di Teluk Kiluan kamu juga bisa snorkeling menjelajahi keindahan terumbu karang yang ada di sini. Atau kamu bisa juga memancing untuk mendapatkan ikan laut yang segar-segar!

Harga Tiket Masuk:

Rp 5.000

Jam Operasional:

24 Jam

Lokasi: 

Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus

Krakatau Park

Mungkin kamu suka: Informasi Lengkap Krakatau Park Lampung Harga Tiket dan Wahana

Tempat Wisata Lampung_Krakatau Park

Puas berwisata alam, kamu juga bisa eksplor wisata modern yang ada di Lampung. Paling wajib, main ke Krakatau Park!

Taman hiburan yang satu ini terbilang cukup baru di Lampung. Namun, spot wisata dan wahana permainan di sini dijamin seru-seru banget! Untuk spot wisatanya, ada Science Center, Kebun Kumbang, Taman TikTok, sampai 4D Cinema.

Sedangkan untuk wahana permainannya, kamu bisa cobain Ayunan Terbang, Rainbow Slide, Mobil Disko, Kuda Putar, Tornado, Gajah Terbang, Rodeo, dan masih banyak lagi!

Harga Tiket Masuk:

Weekday: Rp 90.000

Weekend: Rp 100.000

Jam Operasional:

Weekday: 09.00-17.00 WIB

Weekend: 09.00-18.00 WIB

Lokasi:

Kawasan Pelabuhan Penyeberangan, Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan

Kamu, ingin beli tiket Krakatau Park mudah dan aman? Langsung aja cek tiketnya sekarang dan cari promo terupdatenya di GOERS!

Lampung Walk

Mungkin kamu suka: 10 Waterpark Paling Rekomended di Lampung Tahun 2024

Wisata Lampung _ Lampung Walk

Selain Krakatau Park, taman hiburan lainnya yang nggak kalah seru di Lampung ada Lampung Walk! Tempat rekreasi yang satu ini menawarkan wisata yang lengkap, mulai dari studio 3D, arena olahraga, sampai dengan waterpark!

Kamu bisa puas jelajahi semua spot wisatanya dan foto-foto di spot yang Instagramable.

Harga Tiket Masuk:

Rp 35.000-Rp 50.000 (Tergantung spot wisata yang dimasuki)

Jam Operasional:

Waterpark: 08.00-18.00 WIB

Studio 3D: 10.00-21.00 WIB

Sport Center: 08.00-24.00 WIB

Lokasi:

Way Halim Permai, Kecamatan Way Halim, Kota Bandar Lampung

Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau

Wisata terbaik di Lampung selanjutnya, ada Taman Wisata Lembah Hijau. Taman yang satu ini menyuguhkan konsep wisata dengan orientasi pelestarian alam. Jadi, kamu yang datang ke sini bisa belajar soal pengetahuan lingkungan.

Di sini ada beberapa spot wisata menarik, seperti Taman Satwa dan sampai Waterboom. Di Taman Satwa, kamu bisa berinteraksi dan foto bersama burung di Bird Park, nonton Free Flight Bird Show, dan naik Gajah Tunggang!

Harga Tiket Masuk:

Rp 15.000

Jam Operasional:

Senin-Jumat: 08.00-16.00 WIB

Sabtu-Minggu: 08.00-17.00 WIB

Lokasi:

Jl. Raden Imba Kusuma Ratu No. 21, Sukadana Ham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung

Bukit Sakura

Bukit Sakura Lampung

Nah, kalau yang ini lagi jadi tempat wisata favorit warga Lampung, nih. Namanya adalah Bukit Sakura! Di sini kamu bisa melihat keindahan hiasan bunga sakura yang cantik dan Instagramable.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan kota dari atas bukit yang pastinya bagus banget. Di Bukit Sakura juga disediakan area bermain anak, spot foto aesthetic, dan restoran.

Harga Tiket Masuk:

Rp 15.000

Jam Operasional:

Setiap hari, pukul 08.00-21.00 WIB

Lokasi:

Jl. Melati Raya, Langkapura, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung

Menara Siger

menara Siger Lampung

Kalau di Jakarta ada Monas dan di Bandung ada Gedung Sate, maka di Lampung punya Menara Siger! Pastinya tempat wisata ini nggak kalah keren dari gedung ikonik wilayah lainnya.

Menara ini bentuknya mahkota dengan warna kuning dan merah. Lokasinya sendiri ada di atas bukit, jadi pas ke sini kamu bisa lihat langsung pemandangan laut!

Harga Tiket Masuk:

Rp 10.000

Jam Operasional:

24 Jam

Lokasi:

Jalan Lintas Sumatera, Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan

Museum Lampung

Museum Lampung

Buat kamu yang suka sejarah, wisata terbaik di Lampung yang cocok untuk kamu adalah Museum Lampung! Dibangun sekitar tahun 1978-1979, museum ini punya koleksi benda-benda sejarah dan juga kebudayaan Lampung.

Kamu bisa lihat koleksi bersejarah seperti arca kuno, senjata tradisional, alat musik, pakaian adat, dan benda-benda bersejarah lainnya. Nggak cuma itu, di Museum Lampung juga ada ruang pameran yang menampilkan berbagai macam seni rupa.

Harga Tiket Masuk:

Anak-Anak: Rp 1.000

Mahasiswa: Rp 2.000

Dewasa: Rp 5.000

Jam Operasional: 

Senin-Kamis & Sabtu-Minggu: 08.00-14.00 WIB

Jumat: 08.00-10.30 WIB

Lokasi:

Jl. ZA . Pagar Alam No. 64, Gedong Meneng, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung

Vihara Thay Hin Bio

Selanjutnya ada Vihara Thay Hin Bio, yang cocok untuk wisata budaya dan religi. Vihara ini merupakan kuil Buddha yang ada di Bandar Lampung dan menjadi yang tertua di daerah ini.

Selain untuk beribadah, Vihara Thay Hin Bio terkenal akan arsitekturnya yang indah banget. Tempat wisata yang satu ini juga kental banget nuansa Tionghoa-nya. Di mana, hampir setiap sudut berwarna merah dan ada ornamen naga.

Harga Tiket Masuk: – 

Jam Operasional:

Setiap hari, pukul 06.00-18.00 WIB

Lokasi:

Jl. Ikan Kakap No. 35, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat wisata terbaik di Lampung, yang sangat beragam. Mulai dari wisata alam sampai wisata sejarah, semuanya lengkap! Jadi, kapan mau liburan ke Lampung?

Temukan pembahasan mengenai destinasi wisata Lampung dan rekomendasi kuliner Lampung lezat serta menarik lainnya hanya di artikel GOERS .

Atau kamu ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata favorit dan event seru lainnya? Pesan tiketnya dan dapatkan penawaran menarik lainnya di GOERS!

Write A Comment