Wisata alam Lampung yang wajib kamu kunjungi? Ada banyak, dong! Tapi ada beberapa list wajib dari GOERS yang bisa kamu pilih saat ingin berwisata alam di Lampung

Lelah sama hiruk-pikuk perkotaan yang nggak ada habisnya? Tandanya perlu refreshing, nih! Paling enak sih berwisata alam, lihat yang indah-indah. Setuju, nggak? 

Intip rekomendasinya di sini, ya!

Wisata Alam Lampung

Provinsi Lampung udah terkenal akan keindahan wisata alamnya yang cukup beragam. Mulai dari air terjun, perbukitan, sampai pantai, semuanya ada! 

Wisata alam Lampung juga tersebar di berbagai kota dan kabupaten, yang bikin kamu tinggal pilih mau berkunjung ke yang mana. Semua tempat wisatanya juga menyuguhkan pemandangan indah yang memanjakan mata. Dijamin rasa penat dan stress hilang semua, deh!

Buat kamu yang mau eksplor wisata alam di Lampung, cek rekomendasinya berikut ini, ya!

Wisata Alam Kota Bandar Lampung

Air Terjun Batu Putu

Wisata Alam Bandar Lampung- Air Terjun Batu Putu

Rekomendasi wisata alam di Lampung yang pertama ada Air Terjun Batu Putu! Ada yang unik dari air terjun yang satu ini nih, yaitu letaknya yang ada di tengah kota. Untuk bisa mencapai lokasi air terjunnya, kamu masih harus jalan kaki selama kurang lebih 15 menit.

Air terjunnya memang gak begitu tinggi, tapi kamu tetap bakal dibuat terpesona sama keindahannya! Di sini kamu bisa foto-foto, duduk-duduk santai, sampai berenang. Jangan lupa berhati-hati saat berenang ya, karena ada cukup banyak bebatuan di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00-18.00 WIB

Alamat: Jl. Wan Abdul Rahman, Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung

Bukit Aslan

Bukit Aslan Lampung

Bukit Aslan jadi tempat wisata di Bandar Lampung yang sempat ramai dibicarakan di media sosial. Ini karena suguhan pemandangannya yang menakjubkan dan suasananya yang sejuk.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah pemandangan alam Bandar Lampung dari ketinggian yang menakjubkan. Selain itu, kamu juga bisa liat pemandangan teluk Lampung di sisi selatan. Kalo lagi beruntung, kamu bisa menyaksikan sunset yang cantik banget di sini!

Harga Tiket Masuk: Rp 35.000

Jam Buka*:

Senin: TUTUP

Selasa-Sabtu: 14.00-22.00 WIB

Minggu/Libur Nasional: 10.00-22.00

Alamat: Jl. Bukit Aslan No. 2, Way Gubak, Sukabumi, Kota Bandar Lampung

Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Wisata Alam Bandar Lampung- Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Selanjutnya ada tempat wisata yang nggak kalah menarik, yaitu Taman Kupu-Kupu Gita Persada! Ada lebih dari 100 spesies kupu-kupu di Sumatera yang jadi koleksi di sini. 

Selain itu, ada banyak spot wisata yang bisa kamu jelajahi, mulai dari penangkaran kupu-kupu, playground, museum, sampai dengan spot foto menarik. Kamu juga bisa melakukan forest bathing, jungle tracking, dan lihat metamorfosis kupu-kupu di penangkaran di sini! Seru banget, kan?

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000-15.000

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Wan Abdurrahman, Hutan, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung

Lengkung Langit (1&2)

Lengkung Langit Lampung

Rekomendasi wisata alam di Lampung yang satu ini, cocok banget untuk jadi tempat healing. Namanya adalah Lengkung Langit! Tempat wisata yang satu ini memiliki dua lokasi yang jaraknya cuma beberapa kilometer aja.

Bedanya apa, sih? Sebenarnya nggak ada perbedaan yang terlalu mencolok, karena keduanya menyuguhkan pemandangan kota dari ketinggian. Bedanya, kalau di Lengkung Langit 2, kamu juga bisa lihat Teluk Lampung!

Lahan Lengkung Langit 2 juga jauh lebih luas dan mengusung tema perbukitan alam dusun bambu. Kamu bisa menemukan spot foto Instagramable seperti Rumah Hobbit, perahu kaca, jembatan, pemandian mata air alami, sampai dengan penangkaran rusa.

Sedangkan di Lengkung Langit 1, ada rumah-rumah berukuran kecil yang warna-warni bergaya Eropa. Kemudian, ada juga spot foto di atas bukit yang ikonik bertuliskan Lengkung Langit. 

Harga Tiket Masuk: 

  • Lengkung Langit 1: Rp 10.000
  • Lengkung Langit 2: Rp 15.000

Jam Buka:

  • Lengkung Langit 1: Setiap hari, pukul 08.00-21.00 WIB
  • Lengkung Langit 2: Setiap hari, pukul 08.00-20.00 WIB

Alamat: 

  • Lengkung Langit 1: Pinang Jaya, Kemiling, Kota Bandar Lampung
  • Lengkung Langit 2: Sumber Agung, Kemiling, Kota Bandar Lampung

Taman Wisata Alam Wira Garden 

Wisata Alam Bandar Lampung- Taman Wisata Alam Wira Garden

Taman Wisata Alam Wira Garden merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan sungai yang menyejukkan mata. Tempat ini cocok banget kamu kunjungi bersama bestie maupun keluarga.

Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru, di antaranya bermain di sungai, makan-makan di pinggir sungai, sampai dengan glamping! Yup, bener banget. Kamu bisa menginap di tenda dengan fasilitas seperti hotel dan pemandangan sungai. 

Harga Tiket Masuk: Rp 15.000

Jam Buka: Senin-Jumat: 09.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu: 08.00-18.00 WIB

Alamat: Jl. Wan Abdurrahman, Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung

Mungkin kamu suka: Rekomendasi Waterpark Lampung Terlengkap dan Harga Terupdate di 2024

Wisata Alam Lampung Selatan

M Beach

Wisata Alam Lampung Selatan- M Beach

Provinsi Lampung, memang terkenal akan banyaknya pantai yang cantik-cantik. Makanya, kalau liburan ke sini, wajib banget main ke pantai!

Salah satu pantai yang bisa kamu kunjungi adalah M Beach! Pantai ini menawarkan keindahan pasir putih dan pemandangan gunung di kejauhan. Ombak di sini juga nggak terlalu besar, sehingga cocok untuk anak-anak main. Selain itu, ada juga spot-spot foto cantik yang sayang untuk dilewatkan.

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 25.000 & Weekend: Rp 35.000

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB

Alamat: Kawasan Krakatoa Nirwana Resort, Jl. Trans Sumatera KM 45, Dusun Muing, Desa Merak Belantung, Kalianda, Lampung Selatan

Pantai Minang Rua

Wisata Alam Lampung Selatan- Pantai Minang Rua

Kemudian ada Pantai Minang Rua yang nggak kalah cantik. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya spot Green Canyon. Spot ini sebenarnya merupakan lekukan alami yang terbuat dari batuan karang. Air di Green Canyon ini berwarna hijau jernih dan kamu bisa main-main di sini!

Di Pantai Minang Rua bisa ngapain aja memangnya? Kamu bisa lihat penangkaran penyu, melakukan snorkeling, sampai main banana boat! Kebayang kan serunya kayak apa?

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Jam Buka: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Alamat: Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan

Pantai Pasir Putih Lampung

Pantai Pasir Putih Lampung

Di Lampung Selatan, memang ada banyak banget pilihan pantai yang bisa dikunjungi. Salah satunya ini nih, Pantai Pasir Putih!

Rekomendasi wisata alam di Lampung yang satu ini punya daya tarik pemandangannya yang berupa gugusan pulau yang indah banget. Hamparan pasir putihnya juga nggak kalah cantik. Selain main air, kamu bisa juga surfing, snorkeling, dan naik kano di sini, lho!

Harga Tiket Masuk: Rp 20.000

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Rantai Tri Tunggal, Desa Tarahan, Katibung, Kalianda, Lampung Selatan

Pantai Batu Lapis

Pantai Batu Lapis Lampung

Nah, kalau kamu cari pantai yang unik dan anti-mainstream di Lampung, bisa ke Pantai Batu Lapis aja! Bukan pantai yang punya hamparan pasir, pantai ini punya karakteristik yang cukup unik dengan susunan batu yang berlapis-lapis.

Lapisan batu karang yang ada di pinggir pantai inilah yang jadi daya tarik sekaligus nilai estetika Pantai Batu Lapis. Apalagi air lautnya juga jernih banget, pemandangannya jadi tambah menakjubkan!

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Jl. Tj. Heran, Penengahan No. 4, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan

Pulau Sebesi

Wisata Alam Lampung Selatan- Pulau Sebesi

Pulau Sebesi, jadi destinasi andalan wisatawan kalau lagi ke Lampung Selatan. Gimana nggak, pulau ini soalnya punya panorama yang cantik banget! Dijamin nggak akan nyesel datang ke pulau ini, deh.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di pulau ini. Mulai dari snorkeling, keliling pulau pakai perahu, trekking, hunting, sampai dengan menginap. Di sini juga ada Gunung Sebesi yang jadi salah satu daya tariknya. Buat mencapai Pulau Sebesi, kamu harus naik kapal dulu, ya!

Harga Tiket: Rp 50.000/orang (Menyebrang dengan kapal)

Jam Buka: 24 jam

Alamat: Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan

Wisata Alam Lampung Barat

Pantai Tanjung Setia Krui

Wisata Alam Lampung Barat - Pantai Tanjung Setia Krui

Ini dia nih, salah satu pantai hidden gem yang ada di Lampung. Apalagi kalau bukan Pantai Tanjung Setia Krui! Karena masih jarang dikunjungi, suasana pantai ini masih asri dan bersih.

Pantai Tanjung Setia menjadi incaran para peselancar, lho! Soalnya, pantai yang satu ini letaknya tepat di jalur arus besar Samudra Hindia. Makanya, ombak di sini besar dan cocok untuk surfing! Di sini kamu juga bisa melakukan snorkeling, memancing, menikmati sunset, atau sekadar foto-foto.

Harga Tiket Masuk: Rp 8.000

Jam Buka: 24 jam

Alamat: Desa Tanjung Setia, Pesisir Barat, Lampung Barat

Danau Suoh

Wisata Alam Lampung Barat - Danau Suoh

Kemudian, ada juga Danau Suoh yang menjadi rekomendasi wisata alam di Lampung yang hidden gem. Danau Suoh ini sebenarnya merupakan komplek wisata yang terdiri dari tiga danau, yaitu Danau Minyak, Danau Lebar, dan Danau Asam.

Daya tarik utama Danau Suoh adalah pemandangannya yang cantik banget dan air danaunya yang jernih. Selain foto-foto, kamu juga bisa memancing dan berkemah di sini, lho! 

Sayangnya, akses menuju ke Danau Suoh ini masih sulit karena jalanannya yang licin dan terjal. Jadi, disarankan untuk naik mobil offroad atau motor trail saat ke sini, ya!

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00-18.00 WIB

Alamat: Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Suoh, Lampung Barat

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

Harga Tiket Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

Biasa disingkat jadi TNBBS, taman nasional ini bertujuan melindungi hutan hujan tropis Sumatera beserta kekayaan alam hayati yang ada di dalamnya. Salah satu tumbuhan yang bisa kamu temukan di sini adalah Rafflesia arnoldi, karena tempat ini adalah habitatnya!

Nah, di sini kamu bisa melakukan Jungle Trekking, River Tubing, berkemah, wisata bahari, mengamati tumbuhan, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mengunjungi Rhino Camp yang ada di kawasan ini, lho!

Harga Tiket Masuk: Rp 15.000

Jam Buka: Senin-Jumat, pukul 07.30-16.00 WIB

Alamat: Lampung (Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Pesisir Barat, dan Kabupaten Tanggamus) dan Bengkulu

Wisata Alam Lampung Timur

Taman Nasional Way Kambas

Harga Tiket Taman Nasional Way Kambas

Siapa yang nggak tahu Taman Nasional Way Kambas? Di ikon wisata Lampung ini, kamu bisa lihat gajah-gajah lucu. Karena tempat ini memang jadi kawasan konservasi dan sekolah gajah Sumatera!

Nggak cuma gajah aja, taman nasional ini juga jadi tempat konservasi untuk berbagai jenis flora dan fauna langka lainnya. Apa aja yang bisa dilakukan di sini? Well, di sini kamu bisa main sama gajah, nonton atraksi gajah, sampai dengan berkemah!

Harga Tiket Masuk: Wisatawan Lokal: Rp 5.000 & Wisatawan Asing: Rp 150.000

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00-18.00 WIB

Alamat: Rajabasa Lama, Labuhan Ratu, Lampung Timur

Taman Wisata Mangrove Pandan Alas

Taman Wisata Mangrove Pandan Alas Lampung

Selanjutnya, di Lampung Timur juga ada Taman Wisata Mangrove Pandan Alas. Tempat ini cocok buat kamu yang cari suasana wisata yang berbeda. 

Kamu bisa menelusuri rimbunnya hutan mangrove dengan perahu, sambil mengamati beberapa fauna endemik. Contohnya seperti burung bangau dan juga burung kuntul. Selain itu, kamu juga bisa memancing di sini, lho!

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00-18.00 WIB

Alamat: Sri Minosari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur

Wisata Alam Lampung, Kabupaten Pesawaran

Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringggung

Kabupaten Pesawaran, jadi surganya pantai-pantai dengan pemandangan yang menakjubkan di Lampung. Destinasi pantai pertama yang bisa kamu kunjungi di kabupaten ini ada Pantai Sari Ringgung.

Pas berkunjung ke pantai ini, dijamin kamu bakal dibuat terpesona sama keindahan pantainya. Kamu bisa melihat Masjid Apung, main ke Pasir Timbul, atau snorkeling di sini. Tapi yang paling penting sih, harus foto-foto ya!

Harga Tiket Masuk: Rp 25.000

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Jl. Way Rantai KM 14, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran

Pantai Mutun

Lokasi Pnatai Mutun Lampung

Rekomendasi wisata alam di Lampung selanjutnya ada Pantai Mutun. Pantai yang satu ini termasuk yang cocok untuk jadi destinasi wisata keluarga, karena ombaknya yang tidak besar dan air laut yang cenderung tenang. Jadi, anak-anak bisa main air dan berenang di tepi pantainya dengan aman, deh.

Kamu bisa snorkeling dan main banana boat juga di sini. Jangan lupa untuk foto-foto di beberapa spotnya yang Instagramable. Salah satunya adalah ayunan dengan pemandangan latar belakang laut yang cantik banget dan jembatan dermaga yang estetik!

Harga Tiket Masuk: Rp 25.000

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Desa Sukajaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran

Pulau Pahawang

Harga Tiket Pulau Pahawang Lampung

Nah, kalau yang ini, jadi salah satu tempat wisata yang juga nggak boleh kamu lewatkan kalau ke Lampung. Namanya adalah Pulau Pahawang! Dijamin kamu nggak bakal nyesel deh datang ke pulau ini. 

Soalnya, begitu sampai di Pulau Pahawang, kamu bakal disuguhkan laut biru dan pasir putih yang indahnya luar biasa! Di beberapa tempat juga ditumbuhi rimbunan hutan mangrove. Di sekitar pulau juga ada berbagai jenis terumbu karang. Makanya Pulau Pahawang jadi salah satu spot snorkeling dan diving terbaik!

Kalau belum puas menjelajahi kecantikan Pulau Pahawang, di sini juga ada penginapan yang berada di atas laut, lho!

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Teluk Lampung, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran

Pulau Balak

Pualu Balak Kabuatren Pesawaran Lampung

Kalau kamu cari tempat untuk snorkeling lainnya, bisa ke Pulau Balak. Pulau yang satu ini ada di teluk kecil dekat mulut Teluk Lampung, dan menawarkan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.

Selain bisa lihat keindahan bawah laut yang berisi terumbu karang dan berbagai ikan hias lucu, kamu juga bisa menemukan penyu, lho! Kalau nggak mau snorkeling, kamu juga bisa memancing di sini.

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Sukarame, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran

Pulau Kelagian

Pulau Kelagian Kabupaten Pesawaran Lampung

Masih di Kabupaten Pesawaran, ada pulau lainnya yang nggak kalah menarik, yaitu Pulau Kelagian. Pulau yang satu ini, terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Kelagian Besar dan Pulau Kelagian Kecil.

Kedua pulau ini nggak ada penghuninya, jadi suasananya masih asri banget. Makanya hamparan pasir putih dan air laut yang biru jernih juga masih bersih. Tapi, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di sini kok, seperti berenang, snorkeling, menjelajah hutan bakau, atau memancing!

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Tenggara Teluk Ratai, Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran

Wisata Alam Lampung, Kabupaten Tanggamus

Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu Kabupaten Tanggamus Lampung

Liburan ke Lampung, nggak lengkap kalau nggak ke Pantai Gigi Hiu. Rekomendasi wisata alam di Lampung yang satu ini menyuguhkan pemandangan pantai yang unik. 

Bukan berisi hamparan pasir putih yang halus, pantai ini justru dipenuhi bebatuan yang tersebar secara alami, yang berbentuk mirip dengan gigi hiu. Sayangnya, kamu cuma bisa menikmati pemandangan yang indah aja di sini, karena nggak dibolehkan untuk berenang di sini!

Harga Tiket Masuk: Rp 20.000

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Alamat: Pekon Susuk, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus

Teluk Kiluan

Lumba Lumba Teluk Kiluan Lampung

Teluk Kiluan, jadi salah satu wisata alam di Lampung yang sering disebut sebagai surga tersembunyi. Ini karena keindahan alamnya yang luar biasa. Makanya nggak heran, banyak wisatawan yang ingin berkunjung Teluk Kiluan.

Daya tarik dari tempat wisata yang satu ini tentu aja adalah lumba-lumba yang suka kelihatan muncul di sini. Hampir setiap hari para wisatawan bisa menikmati atraksi lumba-lumba di tengah laut, gratis! Teluk ini juga punya terumbu karang dan ikan yang cantik-cantik, makanya kamu wajib banget snorkeling di sini!

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus

Itu dia daftar rekomendasi wisata alam Lampung yang indah-indah banget. Dijamin kamu bakalan dibuat terpana sama keindahan alamnya. Jadi, udah tahu mau ke wisata alam yang mana?

Temukan pembahasan mengenai destinasi wisata Lampung dan rekomendasi kuliner Lampung lezat serta menarik lainnya hanya di artikel GOERS .

Atau kamu ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata favorit dan event seru lainnya? Pesan tiketnya dan dapatkan penawaran menarik lainnya di GOERS!

Write A Comment