Rekomendasi wisata Surabaya banyak banget dan pastinya cocok untuk liburan!

Ada banyak pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kota yang satu ini. Kamu tinggal pilih aja mau datang ke tempat wisata yang mana!

Wisata Surabaya

Mungkin kamu suka: Rekomendasi Tempat Wisata Spesial Liburan Terbaik di Jawa Timur

Jadi salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya ternyata punya banyak banget destinasi wisata yang seru dan menarik, lho! Jenis wisatanya juga beragam, mulai dari wisata sejarah, wisata religi, sampai dengan wisata modern. Dijamin nggak bakalan bikin kamu bosan selama liburan!

Nah, buat kamu yang mau nyusun itinerary selama liburan di sana, berikut ini udah dirangkum deretan rekomendasi wisata seru di Surabaya. Yuk, simak!

Wisata Seru Surabaya, Pusatnya Wisata Sejarah

Monumen Tugu Pahlawan

Wisata Sejara Surabaya - Monumen Tugu Pahlawan

Kota Surabaya punya banyak banget destinasi wisata sejarah. Salah satu tempat wisata sejarah yang juga menjadi ikon dari Surabaya adalah Monumen Tugu Pahlawan! Dengan tinggi sekitar 40 meter, Monumen Tugu Pahlawan sendiri menjadi simbol dari peringatan peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Di sini, kamu bisa bersantai dengan dikelilingi tanaman hijau yang rindang. Lebih serunya lagi, untuk bisa masuk ke sini nggak perlu bayar biaya apapun, alias gratis!

Lokasi: Jl. Pahlawan, Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya

Museum Sepuluh November

Wisata Edukasi Surabaya- Museum Sepuluh November

Nggak jauh dari Tugu Pahlawan, ada destinasi wisata sejarah seru lainnya nih. Namanya adalah Museum Sepuluh November. Di museum ini, kamu bisa tau detail cerita perjuangan masyarakat Surabaya ketika melawan penjajah pada peristiwa 10 November 1945. 

Di dalam museum ini ada bukti sejarah perjuangan para pahlawan berupa foto-foto dan juga lukisan dari situasi perang pada zaman tersebut. Kemudian, ada juga benda koleksi dan peralatan perangnya. Buat kamu yang suka sejarah, tempat ini wajib banget kamu kunjungi!

Lokasi: Jl. Pahlawan, Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya

Hotel Majapahit Surabaya

Hotel Bersejarah di Surabaya

Uniknya di Surabaya, kamu nggak cuma belajar sejarah lewat museum aja. Tapi, juga bisa wisata sejarah lewat hotel! Salah satu hotel bersejarah di Kota Pahlawan ini adalah Hotel Majapahit Surabaya.

Dulunya, hotel ini bernama Hotel Yamato, yang menjadi saksi bisu peristiwa perobekan bagian biru bendera Belanda, sehingga menyisakan bendera merah putih aja. Hotel ini sendiri membuka tur sejarah untuk wisatawan yang bernama Heritage Hotel Tour. 

Lewat tur ini, kamu akan dibawa berkeliling hotel untuk dijelaskan sejarah yang pernah terjadi di ruangan-ruangan hotel ini. Selain itu, hotel ini juga menyimpan banyak koleksi sejarah hotel dan Surabaya.

Lokasi: Jl. Tunjungan No. 65, Genteng, Surabaya

Museum De Javasche Bank

Museum Bank Indonesia di Surabaya

Selanjutnya, wisata seru di Surabaya lainnya adalah Museum De Javasche Bank atau biasa disebut juga dengan nama Museum Bank Indonesia. Museum ini terdiri dari tiga lantai dan punya tiga bagian utama, yaitu ruangan koleksi mata uang lama, ruangan koleksi dari konservasi, dan juga ruangan koleksi harta budaya. Di sini, kamu bisa melihat sejarah dari sistem perbankan di Indonesia.

Lokasi: Jl. Garuda No. 1, Kecamatan Krembangan, Surabaya

Museum Surabaya Siola

Rekomendasi wisata di Surabaya

Sesuai dengan namanya, museum yang satu ini berisi segala informasi mengenai sejarah Surabaya. Di dalamnya terdapat lebih dari 1000 koleksi, yang semuanya punya peran penting dalam sejarah perkembangan Kota Surabaya.

Di sini juga ada foto-foto para walikota Surabaya dari tahun 1916 sampai walikota terkini. Selain itu, juga ada foto-foto Surabaya dan Gedung Siola ini tempo dulu.

Lokasi: Gedung Siola Lantai 1, Jl. Tunjungan No. 1, Genteng, Surabaya

Rekomendasi Wisata Surabaya, Ke Wisata Religi

Kelenteng Sanggar Agung

Wisata Kebudayaan Tionghoa di Surabaya -  Kelenteng Sanggar Agung

Kamu yang suka wisata religi, bisa coba datang ke tempat wisata yang satu ini, nih. Namanya adalah Kelenteng Sanggar Agung. Di tempat ini ada banyak patung-patung, seperti patung Dewi Kwan Im yang jadi ikon dari kelenteng ini. 

Kemegahan dan kecantikan patung-patung di sini dijamin bakal bikin kamu terpana! Kamu bisa juga datang ke sini saat Imlek untuk melihat pengunjung yang beramai-ramai melaksanakan ibadah dan merasakan suasana sakralnya.

Lokasi: Jl. Sukolilo No. 100, Sukolilo Baru, Kecamatan Pantai Kenjeran, Surabaya

Patung Buddha 4 Wajah

Wisata Thailand di Surabaya - Patung Buddha 4 Wajah

Wisata religi lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Patung Buddha 4 Wajah. Masih berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran, patung Buddha ini cukup unik. Soalnya, patung ini punya empat wajah yang menghadap ke berbagai sisi, yang menggambarkan empat sifat baik Buddha, serta delapan tangan.

Banyak yang bilang sih, patung ini mirip dengan patung Buddha Thao Maha Phrom yang ada di Bangkok, Thailand. Selain untuk berwisata, para wisatawan juga banyak yang datang ke sini untuk beribadah, lho!

Lokasi: Jl. Pantai Ria Kenjeran No. 8, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Ornamen Tiongkok di Surabaya - Masjid Muhammad Cheng Hoo

Bagi umat Muslim, ada juga destinasi wisata religi yang bisa didatangi nih. Apalagi kalau bukan Masjid Muhammad Cheng Hoo. Selain digunakan untuk beribadah, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk melihat keindahan masjidnya.

Masjid ini sendiri memang punya arsitektur yang menawan dengan didominasi warna merah dan hijau, serta ornamen khas Tiongkok. Keindahan dan keunikannya ini jadi daya tarik tersendiri dari Masjid Muhammad Cheng Hoo!

Lokasi: Jl. Gading No. 02, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya

Masjid Agung Sunan Ampel

Pendirian Masjid Agung Sunan Ampel

Selanjutnya yang juga jadi destinasi wisata religi di Surabaya adalah Masjid Agung Sunan Ampel. Masjid ini didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel sendiri bersama dengan para sahabatnya. 

Kemudian, di tahun 1972, barulah Pemerintah Kota Surabaya menetapkan Masjid Sunan Ampel ini sebagai tempat wisata religi. Wisata seru di Surabaya yang satu ini biasanya akan lebih ramai oleh pengunjung selama bulan Ramadan.

Lokasi: Jl. Ampel Masjid No. 53, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Gereja Cagar Budaya di Surabaya

Nah, bagi umat Katolik, destinasi wisata religi yang bisa kamu kunjungi di Surabaya salah satunya adalah Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria. Gereja yang biasa dikenal dengan nama Gereja Perawan Maria atau Gereja Kepanjen ini merupakan bangunan cagar budaya, lho.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan arsitektur gereja yang cantik. Ruang utama gereja ini juga megah dengan tembok batu bata yang klasik ala Eropa. Kamu bisa beribadah sekaligus foto-foto di sini!

Lokasi: Jl. Kepanjen No. 4-6, Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Surabaya

Rekoemndasi Wisata Surabaya, Beragamnya Wisata Modern

Surabaya City Zoo

Mungkin kamu suka: Rekomendasi Tempat Kencan Terbaik di Malang

Kebun Binatangdi Surabaya

Kalau ke Surabaya, wajib banget ajak anak ke Surabaya City Zoo atau Kebun Binatang Surabaya. Kebun binatang yang satu ini jadi salah satu yang tertua di Indonesia, lho! 

Di sini kamu bisa melihat lebih dari 211 spesies satwa dan lebih dari dua ribu binatang, termasuk satwa langka Indonesia. Surabaya City Zoo menawarkan tiga jenis servis, yaitu konservasi, edukasi, dan juga rekreasi. Makanya, tempat ini cocok banget jadi destinasi liburan keluarga!

Lokasi: Jl. Setail No. 1, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya

Atlantis Land

Wisata keluarga di surabaya -Atlantis Land

Wisata seru di Surabaya yang wajib kamu kunjungi tentu aja adalah Atlantis Land! Anak-anak dijamin happy banget diajak ke sini, karena mereka bisa naik wahana permainan yang seru dan beragam.

Buat kamu yang mau berenang, bisa ke kolam renang dengan Tornado dan Boomerang Slide, yang memacu adrenalin. Kemudian ada juga Istana Es, Dino Lab, Istana Patung Lilin, dan juga Kids Kingdom yang merupakan area khusus anak-anak.

Lokasi: Jl. Sukolilo No. 100, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya

Wisata Perahu Kalimas Taman Prestasi

Rekomendasi Tempat Wisata Malam Surabaya

Nah, buat kamu yang suka jalan-jalan saat malam hari, rekomendasi tempat yang tepat adalah ke Wisata Air Kalimas ini, nih! Masih berada di kawasan Taman Prestasi, di tempat wisata yang satu ini kamu bisa merasakan pengalaman naik perahu dengan suasana malam hari.

Dijamin kamu bakal terpesona sama keindahan gemerlapnya lampu-lampu di sepanjang pinggiran sungai. Nggak cuma itu aja, tempat ini juga menyediakan area bermain anak dan spot WiFi gratis!

Lokasi: Jl. Ketabang Kali No. 2-B, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya

Itulah deretan rekomendasi wisata seru di Surabaya yang bisa kamu jadikan itinerary kamu selama liburan di sana. Tempat wisata mana yang pengin banget kamu kunjungi?

Temukan inspirasi wisata di Surabaya dan sekitarnya hanya di artikel GOERS dan cari tempat favoritmu sekarang!

Atau kamu ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata favorit dan event seru lainnya? Pesan tiketnya dan dapatkan penawaran menarik lainnya di GOERS!

Write A Comment