Wisata Cirebon? Ada tempat seru apa aja ya?

Cirebon memang jadi daerah di Jawa Barat yang jarang dijadikan sebagai destinasi liburan. Biasanya, orang lebih suka ke Bandung, Garut, atau Kuningan. Padahal, wisata di Cirebon sendiri cukup lengkap, lho! Mulai dari wisata alam, taman bermain, sampai wisata sejarah pun ada!

Nah, berikut ini ada daftar rekomendasi wisata di Cirebon yang bisa kamu jelajahi! Dijamin liburanmu di Kota Udang bakalan selalu seru! Ada tempat wisata apa aja ya kira-kira?

Wisata Cirebon, Rekomendasi Wisata Seru

Mungkin kamu suka: Wisata Terbaik di Bandung 2024

Pantai Kejawanan

Wisata Alam cirebon 2024

Kalau liburan ke Cirebon, wajib banget mengunjungi pantai terbaik di sini, yaitu Pantai Kejawanan!Punya view Gunung Ciremai, kamu bisa menikmati keindahan laut lepas atau berjalan santai di sekitar pantai. Kalau udah datang ke sini, harus banget foto-foto di bebatuan karang yang Instagramable!

Harga Tiket Masuk: Rp Rp 6.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00-18.00 WIB

Lokasi: Jl. Pelabuhan Perikanan, Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Talaga Langit

Wisata Taman Air Cirebon - Talaga Langit

Wisata di Cirebon selanjutnya adalah Talaga Langit. Objek wisata yang satu ini merupakan taman air dengan pemandangan alam perbukitan yang cantik banget. Di sini juga ada spot-spot foto yang Instagramable, playground, sampai dengan restoran.

Nggak cuma itu aja, Talaga Langit juga punya wahana buat kamu yang suka uji nyali. Namanya adalah Museum Santet! Di dalam museum ini terdapat berbagai macam benda-benda yang menyeramkan. Kamu berani masuk nggak, nih?

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 15.000, Weekend: Rp 20.000

Jam Operasional: Setiap hari. Pukul 08.00-16.00 WIB

Lokasi: Desa Sinarrancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon

Desa Wisata Cikalahang

Wisata Cirebon untuk Libur Panjang - Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang jadi tempat tepat buat kamu yang cari udara sejuk, pemandangan cantik, dan suasana yang tenang di Cirebon. Di sini kamu bisa memancing, foto-foto, sampai berenang di Kolam Renang Hegar yang airnya berasal dari mata air alami.

Salah satu daya tarik dari Desa Wisata Cikalahang adalah warung-warung makan dengan menu ikan. Ikan yang dimasak dan dijual ini juga merupakan hasil budidaya sendiri para warga desa, lho! 

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Operasional: 24 Jam

Lokasi: Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon

Bukit Cinta Anti Galau

Wisata Alam Cirebon - Bukit Cinta Anti Galau

Ini dia wisata di Cirebon yang lagi hits! Namanya adalah Bukit Cinta Anti Galau. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah pemandangan alamnya yang memukau. Dari ketinggian bukit ini, kamu bisa melihat Situ Patok dan juga Gunung Ciremai.

Saat malam hari, kamu bisa menikmati pemandangan citylights yang cantik. Selain itu, ada juga spot-spot foto yang estetik dan Instagramable. Salah satu spot foto paling populer di sini adalah jembatan kaca dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 12.000, Weekend: Rp 20.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00-22.00 WIB

Lokasi: Pahing, Sinarrancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Rekomendasi waterpark di cirebon - Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland dulunya merupakan objek wisata bernama Taman Ade Irma Suryani, yang merupakan tempat rekreasi dan wahana kebun binatang. Namun, sekarang tempat wisata ini diubah menjadi wahana kolam renang, penginapan, dan tempat wisata kuliner.

Nah, Cirebon Waterland ini sendiri merupakan penambahan dari Taman Ade Irma Suryani tersebut. Di Cirebon Waterland atau Ade Irma Waterpark ini, ada tiga jenis kolam renang yang bisa kamu jelajahi, yaitu kolam renang untuk anak, kolam renang olympic untuk orang dewasa, dan juga kolam arus. 

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 50.000, Weekend: Rp 65.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 1, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Tropikana Waterpark Cirebon

Rekomendasi waterpark di cirebon - Tropikana Waterpark

Kemudian, ada waterpark lainnya yang lagi jadi favorit para warga Cirebon, yaitu Tropikana Waterpark! Taman bermain air ini sendiri baru dibuka pada Desember 2023 lalu. Tempat ini didesain dengan cantik dan estetik, dengan warna biru dan pink yang dominan. Setiap sudut tempat ini, bisa kamu jadikan spot foto yang Instagramable!

Tropikana Waterpark Cirebon punya enam jenis kolam untuk berbagai usia, seperti Kids Pool, Toddler Pool, Semi Olympic Pool, Kolam Arus, Kolam Ombak, dan Tower Slide. Selain itu, ada juga berbagai macam jenis perosotan yang menantang adrenalin!

Harga Tiket Masuk: Rp 49.000-Rp 79.000

Jam Operasional: Senin-Jumat: 09.00-18.00 WIB, Sabtu-Minggu dan Libur Nasional: 08.00-18.00 WIB

Lokasi: Weru Lor, Weru, Cirebon

Wisata Cirebon, Tempat Wisata Sejarah Terbaik

Mungkin kamu suka: Wisata Alam Terbaik di Bandung 2024

Keraton Kasepuhan

Wisata Sejarah Cirebon - Keraton Kasepuhan

Cirebon juga jadi wisata sejarah yang tepat. Soalnya di sini ada empat keraton yang bisa kamu eksplor. Keraton yang pertama adalah Keraton Kasepuhan, yang merupakan peninggalan sejarah dari Kesultanan Cirebon. Di sini kamu bisa melihat bangunan dengan arsitektur ala kerajaan zaman dahulu dan juga museum.

Ada juga benda-benda bersejarah yang dulu pernah digunakan Kesultanan Cirebon, seperti Kereta Singa Barong. Nah, biar lebih paham tentang sejarah Keraton Kasepuhan, kamu bisa berkeliling bersama abdi dalem atau pemandu wisata, ya!

Harga Tiket Masuk: Pelajar: Rp 10.000, Umum: Rp 15.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB

Lokasi: Jl. Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Keraton Kanoman

Berbeda dari Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman punya keunikan tersendiri, lho! Di depan keraton ini ada alun-alun dan juga masjid Agung Keraton Kanoman yang sering digunakan untuk acara tradisi keraton.

Meskipun keraton ini masih termasuk keraton baru, tetapi ada banyak peninggalan zaman dahulunya. Di antaranya adalah bangsal Witana dan Lumpang Alu yang jadi alat pembuat terasi pertama di Cirebon.

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Kanoman No. 40. Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Keraton Kacirebonan

Wisata Sejarah Cirebon - Gedung Prabayaksa

Wisata di Cirebon bertema sejarah selanjutnya yang nggak kalah menarik ada Keraton Kacirebonan. Salah satu bangunan bersejarah yang ada di sini adalah Gedung Prabayaksa yang menyimpan benda bersejarah, seperti senjata, topeng, gamelan, dan masih banyak lagi.

Ada juga bangsal Prabayaksa yang menjadi tempat menerima tamu kebesaran dan tempat upacara adat. Kalau ke sini, kamu wajib lihat pohon tanjung yang usianya udah ratusan tahun. Katanya, pohon tanjung tersebut jadi prasasti tanda dibangunnya Keraton Kacirebonan, lho!

Harga Tiket Masuk: Pelajar: Rp 10.000, Umum: Rp 15.000, Turis Mancanegara: Rp 20.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon

Kawasan Batik Trusmi

Wisata Sejarah Cirebon - Kawasan Batik Trusmi

Cirebon juga jadi kota yang terkenal akan batiknya, lho! Kalau ke sini, kamu harus mengunjungi Kawasan Batik Trusmi yang jadi pusat batik sejak zaman dahulu.

Kawasan Batik Trusmi punya sejarah yang cukup panjang sejak abad ke-14. Nah, di sini kamu nggak cuma bisa belanja-belanja batik aja, tapi bisa coba belajar membatik langsung dari para pengrajinnya!

Harga Tiket Masuk: Gratis 

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-21.00 WIB

Lokasi: Jl. Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon

Goa Sunyaragi

Wisata Sejarah Cirebon - Goa Sunyaragi

Ini dia nih objek wisata ikonik-nya Kota Cirebon. Situs cagar alam dengan luas 15 hektar ini dulunya adalah tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon. Makanya, Goa Sunyaragi punya banyak terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air.

Pas ke sini, kamu bakalan takjub dengan pemandangan dinding batu yang dipadukan dengan pepohonan hijau cantik. Dijamin bakal bikin rileks! Supaya lebih memahami sejarah tempat ini, jangan lupa sewa tour guide, ya! 

Harga Tiket Masuk: Pelajar/Mahasiswa: Rp 10.000, Umum: Rp 15.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi: Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon

Wisata Cirebon, Sedapnya Wisata Kuliner

Empal Gentong H. Apud

Wisata Kuliner Legend di Cirebon - Empal Gentong H, Apud

Wisata kulineran di Cirebon, wajib banget ke Empal Gentong H. Apud! Udah melegenda dan jadi langganan para wisatawan, tempat ini menyajikan empal gentong, empal asem, dan berbagai macam makanan khas Cirebon lainnya. Saking larisnya, udah ada tiga cabang Empal Gentong H. Apud di Cirebon, lho!

Harga Makanan: Rp 25.000-Rp 70.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-21.00 WIB

Lokasi: 

  • Jl. Ir. H. Juanda No. 24, Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon (Pusat)
  • Komplek Pasar Batik Trusmi, Jl. Otto Iskandar Dinata, Plered, Cirebon
  • Jl. Tuparev No. 43 B, Surawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon

Empal Gentong Asem Amarta

Wisata Kuliner Legend di Cirebon - Empal Gentong Asem Amarta

Empal Gentong Asem Amarta juga bisa jadi rekomendasi tempat makan empal gentong lainnya di Cirebon. Katanya, tempat ini jadi pelopor empal asem di Cirebon, lho! Telah berdiri sejak tahun 1997, tempat ini juga cukup populer di kalangan wisatawan. Kalau ke sini jangan lupa cobain empal asemnya yang segar, ya!

Harga Makanan: Rp 25.000-an

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-21.00 WIB

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No. 37, Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon

Nasi Jamblang Pelabuhan Hj. Sumarni

Wisata Kuliner Legend di Cirebon - Nasi Jamblang Hj Sumarni

Selain empal gentong, makanan khas Cirebon lainnya adalah nasi jamblang. Salah satu nasi jamblang terenak menurut warga lokal adalah Nasi Jamblang Pelabuhan Hj, Sumarni! Lokasi tempat makan yang satu ini memang cukup tersembunyi, yaitu tepat di samping pintu Pelabuhan Cirebon. Nasi Jamblang Pelabuhan ini sistemnya adalah prasmanan, jadi kamu bisa bebas ambil lauk!

Harga Makanan: Mulai dari Rp 10.000-Rp 30.000-an

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00-16.00 WIB

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 1, Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Ayam Goreng Santa Maria

Wisata Kuliner Legend di Cirebon - Ayam Goreng Santa Maria

Wisata di Cirebon yang bisa jadi destinasi kulineran selanjutnya adalah Ayam Goreng Santa Maria. Tempat makan ini menjual nasi ayam goreng dengan taburan serundeng dan berbagai macam jenis sate-satean. Tempat makan ini jadi populer karena pernah di-review langsung oleh YouTuber kuliner Nex Carlos! Kamu udah pernah coba ke sini belum?

Harga Makanan: Rp 2.000-Rp 8.000

Jam Operasional: Senin-Sabtu: 08.00-16.00 WIB

Lokasi: Depan SMP Santa Maria, Jl. Sisingamangaraja No. 31, Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Kue Tapel Bu Lena

Wisata Kuliner Legend di Cirebon - Kue Tapel Bu Lena

Kue tapel merupakan salah satu camilan khas Cirebon, yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut, dengan topping pisang raja dan gula merah. Sebenarnya banyak yang jual kue tapel di Cirebon, tapi yang paling populer di kalangan wisatawan adalah Kue Tapel Bu Lena.

Pembuatan kue tapel di sini masih sangat tradisional dan masaknya juga masih pakai kayu bakar. Makanya rasanya bisa enak banget!

Harga Makanan: Rp 7.500/pcs

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00-13.00 WIB

Lokasi: Gang Alas Demang 1 No.1, Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon

Es Kopyor 4848

Wisata Kuliner Legend di Cirebon - Es Kopyor 4848

Kota Cirebon termasuk kota yang cuacanya panas, paling enak kalau minum yang segar-segar. Salah satu minuman segar yang bisa kamu coba adalah Es Kopyor 4848 yang sudah melegenda di Cirebon. Porsi es kopyor di sini cukup besar, dan kamu juga akan disediakan sirup terpisah kalau merasa esnya kurang manis. Di sini juga menjual tahu gejrot yang bisa jadi teman minum es kopyor!

Harga Makanan: Rp 35.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.30-17.30 WIB

Lokasi: Jl. Karanggetas No. 9, Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon

Susu Murni Lawanggada

Wisata Kuliner Legend di Cirebon - Susu Murni Lawanggada

Susu Murni Lawanggada merupakan salah satu minuman favorit para warga Cirebon. Di toko susu ini, kamu bisa menemukan banyak varian susu murni dengan berbagai rasa. Varian susu yang dijual di sini ada susu sapi murni, susu kedelai, susu kambing, sampai dengan susu kefir yang punya banyak manfaat.

Harga Makanan: Rp 7.000- Rp 13.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 05.00-18.00 WIB

Lokasi: Jl. Lawanggada No. 51, Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon

Itulah daftar wisata di Cirebon yang bisa jadi rekomendasi kamu ketika berlibur ke sana. Tempat wisata mana yang paling ingin kamu kunjungi, nih?


Temukan inspirasi wisata di Cirebon lainnya hanya di artikel GOERS dan cari tempat favoritmu sekarang!

Atau kamu ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata favorit dan event seru lainnya? Pesan tiketnya dan dapatkan penawaran menarik lainnya di GOERS!

Write A Comment