Tempat wisata di Bogor ada banyak banget lho! Cocok buat kamu yang bentar lagi mau liburan panjang!

Ada berbagai macam pilihan destinasi wisata yang bisa disesuaikan sama minat wisata kamu. Semua tempat wisata dijamin seru dan nggak bikin bosan!

Tempat Wisata Bogor

Mungkin kamu suka: Rekomendasi Wisata Belanja di Jakarta

Bogor selalu jadi destinasi utama untuk liburan, terutama oleh warga Jakarta. Selain karena jaraknya yang cukup dekat, Bogor juga punya banyak tempat wisata yang bisa dieksplor. Mulai dari wisata alam yang memukau, taman hiburan, sampai dengan tempat yang cocok untuk ngedate!

Nah, buat kamu yang lagi merencanakan liburan ke Bogor, mending cek aja rekomendasi tempat wisata di Bogor berikut ini!

Tempat Wisata di Bogor, Gudangnya Wisata Sejarah

Kebun Raya Bogor

Harga Tiket Kebun Raya Bogor

Siapa sih yang nggak tahu tempat wisata yang satu ini? Kebun raya yang jadi ikon wisata Kota Bogor ini jadi kebun botani terbesar dan tertua di Asia Tenggara, lho!

Telah berdiri sejak tahun 1817, kebun ini memiliki luas lahan mencapai 87 hektar. Kamu bisa menemukan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan di sini. 

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kebun Raya Bogor adalah bersepeda, berjalan santai mengelilingi kebun raya, piknik di hamparan rumput, melihat Istana Kepresidenan, sampai mengunjungi Museum Zoologi!

Harga Tiket Masuk: Senin-Jumat: Rp 15.500, Sabtu-Minggu & Libur Nasional: Rp 25.500

Jam Operasional: Senin-Sabtu: 08.00-16.00 WIB, Minggu & Libur Nasional: 07.00-16.00 WIB

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor

Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor Koleksi Mata Uang dan Senjata

Wisata di Bogor selanjutnya yang cocok buat kamu pencinta sejarah adalah Museum Perjuangan Bogor! Sesuai dengan namanya, di museum ini ada benda-benda seputar perjuangan masyarakat Bogor dalam meraih kemerdekaan saat masa penjajahan.

Di dalam museum ini ada diorama, koleksi mata uang, koleksi senjata tradisional dan modern yang digunakan oleh para pejuang, senapan hasil rampasan, sampai pakaian pejuang yang beberapa di antaranya masih ada noda darah asli.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB

Lokasi: Jl. Merdeka No. 56, Kampung Parung Jambu, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor

Museum PETA

Museum Peta Temat Bersejarah Kota Bogor

Salah satu tempat bersejarah lainnya di Bogor adalah Museum PETA. Museum ini biasa juga disebut dengan nama Monumen dan Museum Pembela Tanah Air. 

Kalau kamu datang ke museum ini, kamu bisa lihat diorama seputar terbentuknya PETA dan peran mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan. Selain itu, ada juga koleksi senjata-senjata perang.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Jam Operasional: Senin-Jumat: 08.00-17.00 WIB, Sabtu: 09.00-17.00 WIB, Minggu: 10.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No. 35, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor

Galeri Bumi Parawira

Wisata Sejarah di Perustakan Bogor - Galeri Bumi Parawira

Ini dia nih, tempat belajar sejarah Bogor yang seru dan menarik. Namanya adalah Galeri Bumi Parawira! Letaknya ada di lantai tiga Gedung Perpustakaan Kota Bogor. Di galeri ini kamu bisa lihat perkembangan dan sejarah Kota Bogor.

Kamu juga bisa eksplor kisah-kisah kepemimpinan di Kota Bogor, dari periode Kerajaan Pajajaran, Periode Kolonialisme, Periode Revolusi & Orde Lama, Periode Orde Baru, dan Periode Reformasi. Penjelasan sejarah Kota Bogor tersebut digambar oleh para pelukis asal Bogor, lho! 

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Operasional: Selasa-Minggu, pukul 09.00-15.30 WIB

Lokasi: Jl. Kapten Muslihat No. 21, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor

Prasasti Batu Tulis

Lokasi Prasasti Batu Tulis Bogor

Kamu tahu nggak nih, kalau di Bogor ada prasasti peninggalan zaman dulu! Namanya adalah Prasasti Batu Tulis. Prasasti ini menjadi salah satu bukti sejarah dan peninggalan dari Kerajaan Sunda. 

Isi dari prasastinya terdiri dari sembilan baris tulisan dalam aksara Jawa Kuno dan berbahasa Sunda Kuno. Di sini kamu juga bisa lihat koleksi barang peninggalan kerajaan lainnya.

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Operasional: Senin-Sabtu, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Batu Tulis No. 54, Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor

Tempat Wisata Bogor, Rekomendasi Wisata Edukasi

Mungkin kamu suka: 21 List Wisata Terbaik di Jakarta 2024

Kuntum Farmfield

Rekomendasi wisata anak di bogor

Kalau kamu cari wisata edukasi di Bogor, cobain deh datang ke Kuntum Farmfield yang lagi hits! Kuntum Farmfield merupakan wisata edukasi dengan tema agrowisata, jadi di sini anak-anak akan difokuskan untuk berkegiatan di alam!

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini sangat bervariasi lho. Mulai dari memberi makan hewan-hewan ternak, naik kuda, bercocok tanam, dan masih banyak lagi. Dijamin liburan sekolah jadi seru banget di sini!

Harga Tiket Masuk: Senin-Jumat: Rp 70.000, Sabtu-Minggu & Libur Nasional: Rp 80.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Raya Tajur No. 291, Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor

Cibalung Happy Land

wisata edukasi anak di bogor- cibalung happy land

Kemudian ada Cibalung Happy Land yang cocok jadi destinasi wisata edukatif bareng keluarga. Ada beberapa wahana wisata edukasi di sini, seperti agrowisata, rafting, outbound, dan beberapa wahana permainan seru lainnya.

Di sini kamu bakal diajak untuk belajar seputar dunia pertanian dan peternakan. Makanya kegiatan yang ditawarkan di sini ada menanam padi, membajak sawah, memerah susu, menangkap bebek, dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 25.000, Weekend: Rp 30.000

Jam Operasional: Weekday: Rp 09.00-16.00 WIB, Weekend: Rp 08.00-17.00 WIB

Lokasi: Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor

Cisarua Green World Adventure (CIGWA)

Wisata tanam sayur di Bogor- Cisarua Green World

Wisata di Bogor selanjutnya yang nggak kalah seru dan edukatif ada Cisarua Green World Adventure. Biasa disingkat menjadi CIGWA, tempat wisata ini dulunya adalah perkebunan sayur lho!

Nah, di sini kamu bisa belajar tentang alam dengan cara yang seru. Kamu akan diajak untuk berinteraksi langsung dengan hewan dan belajar cara merawatnya. Kemudian, kamu juga akan belajar tentang berbagai jenis tanaman di green house, agrowisata, serta praktek berkebun secara langsung! Kelihatan seru banget nggak, sih?

Harga Tiket Masuk: Rp 30.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-20.00 WIB

Lokasi: Jl. Megamendung – Ciawi No. 36, Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor

Kampung Budaya Sindang Barang

Kambung Budaya Sindang Barang - Wisata Edukasi Budaya Sunda

Wisata edukasi soal alam udah, kali ini ada tempat wisata edukasi budaya. Apalagi kalau bukan Kampung Budaya Sindang Barang! Kampung ini merupakan kampung adat Sunda.

Kamu bisa mengenal alat musik, mainan tradisional, senjata tradisional, situs-situs peninggalan pra sejarah, bercocok tanam, sampai icip kuliner khas Sunda. Lebih serunya lagi, kamu nggak cuma belajar adat atau budaya Sunda aja, tapi kamu juga bisa menikmati udara sejuk pegunungan dan pemandangan yang cantik!

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 25.000, Weekend: Rp 35.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Lokasi: Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor

Kampoeng Wisata Cinangneng

Wisata Ala Desa di Bogor - Kampoeng Wisata Cinangneng

Wisata di Bogor bertema edukasi kurang lengkap kalau nggak nyebutin Kampoeng Wisata Cinangneng. Di sini kamu bakal dapat pengalaman tinggal di desa dan melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di pedesaan. Sebut aja seperti menanam padi, memasak masakan tradisional, membuat jamu, sampai mandiin kerbau!

Selain itu, ada juga kegiatan seni yang nggak kalah seru, kayak memainkan alat musik tradisional, menari tarian tradisional, dan juga membuat wayang dari daun! Kebayang kan, serunya kayak apa?

Harga Tiket Masuk: Paket A: Rp 165.000/orang (minimal 20 orang), Paket B: Rp 190.000/orang (minimal 20 orang)

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Babakan Kemang, Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor

Tempat Wisata Bogor, Pusatnya Taman Rekreasi Seru

Minimania – Taman Miniatur Dunia Puncak

Wahana di Minimania - Taman Miniatur Dunia Puncak

Buat kamu yang mau main ke taman miniatur dunia, udah nggak perlu jauh-jauh ke Lembang. Soalnya, Minimania – Taman Miniatur Dunia, sekarang udah ada di Puncak, Bogor, lho! Di tempat ini, kamu bisa melihat lebih dari 80 miniatur bangunan dan juga landmark terkenal dari seluruh dunia. Jadi, kamu bisa deh berfoto di Menara Eiffel, Taj Mahal, Menara Pisa, Tembok Besar China, Kastil Neuschwanstein, dan masih banyak lagi! 

Ada juga wahana permainan seru yang bisa kamu coba, seperti Rainbow Slide, Mini Loco, Skyride Tour De Word, Mini Pedicab, dan Sakura River Cruise. Kamu juga bisa main ke Sakura Park, tapi ada biaya tambahan lagi, ya!

Harga Tiket Masuk: Rp 30.000, Tiket Combo (Minimania + Sakura Park): Rp 55.000

Jam Operasional: Weekday: 08.00-17.30 WIB, Weekend: 07.00-18.00 WIB

Lokasi: Jl. Raya Cibogo No. KM 72, Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor

Jungleland Adventure Themepark

Harga Tiket Jungleland Adventure Themepark

Ini dia nih, taman rekreasi yang wajib banget kamu datangi kalau ke Bogor, yaitu Jungleland Adventure Themepark! Tempat wisata yang satu ini merupakan taman bermain wahana terbesar di Indonesia, lho! Wahana di sini terbagi menjadi empat zona, yaitu Zona Carnivalia, Tropicalia, Mysteria, dan Explora. 

Ada lebih dari 30 wahana permainan yang bisa kamu coba, seperti Air Race, Mini Drop, Carrousel, Water Blaster, Harvest Time, Wave Swinger, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 155.000, Weekend: Rp 195.000

Jam Operasional: Senin-Jumat: 10.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu: 09.00-18.00 WIB

Lokasi: Kawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No. 1, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor

Rivera Outbound & Edutainment

Rivera Outbound & Edutainment

Nah, kalo tempat wisata yang satu ini adalah taman rekreasi yang lagi hits di TikTok! Rivera Outbound & Edutainment sendiri adalah taman rekreasi yang punya konsep outbound. 

Ada lebih dari 15 wahana permainan seru di sini, di antaranya adalah Trampolin, Perahu Air, Wall Climbing, Water Sand And Pit, Flying Fox, Ezy Roller, Electric Car, dan Ropes & Obstacles. Sayangnya, untuk masuk ke wahana-wahana tersebut, kamu perlu bayar lagi, ya!

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 20.000, Weekend: Rp 25.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Bogor Nirwana Residence, RT 07/RW 12, Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor

Cimory Dairyland Farm Theme Park Puncak

Wisata di Bogor selanjutnya yang nggak kalah seru dan populer, ada Cimory Dairyland Farm Theme Park. Di tempat wisata milik Cimory ini, kamu akan diajak untuk berinteraksi langsung dengan berbagai jenis hewan ternak, seperti sapi, keledai, bebek, dan lain-lain.

Kalau kamu berani, bisa juga belajar memerah susu sapi! Spot wisata seru lainnya di sini ada Magic Village, De Windmills, Miniature Pony Land, Tour de Farm, dan masih banyak lagi. Namun, untuk masuk ke spot wisata tersebut, kamu perlu mengeluarkan biaya lagi, ya!

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 30.000, Weekend: Rp 40.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi: Cimory Dairyland Puncak, Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor

Nicole’s River Park

Wisata Ala Jepang di Bogor - Nicole’s River Park

Nicole’s River Park merupakan tempat rekreasi yang mengusung tema one stop recreation park. Jadi, kamu bakal menemukan carnival, mini zoo, spot foto cantik, restoran, sampai factory outlet di sini! 

Beberapa spot foto Instagramable yang ada di sini ada Deep Sea, Magical Forest, serta miniatur negara-negara. Udah puas foto-foto, kamu bisa main di Fun Carnival yang punya banyak wahana permainan seru, seperti Chicken Coop, Star Trek, Tagada, Farm Train, Keranjang Gantung, Flying Fox, Bumper Car, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 35.000, Weekend: Rp 40.000

Jam Operasional: Weekday: 08.00-20.00 WIB, Weekend: 07.00-200 WIB

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog KM 75 No. 57, Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor

Tempat Wisata Bogor, Serunya Main Air di Waterpark

Bogor Aqua Game

Lokasi Bogor Aqua Game

Wisata di Bogor yang satu ini, wajib kamu datangi. Soalnya, belakangan ini Bogor Aqua Game lagi viral banget di TikTok, lho! Gimana nggak, tempat wisata yang baru dibuka akhir tahun 2023 lalu ini menawarkan berbagai macam wahana olahraga air yang seru dan menantang!

Wahana yang ada di atas danau ini di antaranya ada high roller, springboard, monkey bar, cliff, balance team, dan masih banyak lagi. Kamu akan diajak untuk melompat, memanjat, berseluncur, di atas wahana balon yang licin. Bayangin aja kayak kamu main outbound, tapi di atas air! Kebayang banget serunya kayak apa, kan?

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 120.000, Weekend: Rp 155.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Lokasi: Perumahan Jl. Danau Bogor Raya, Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor

The Jungle Adventure Waterpark

Harga tiket the jungle adventure bogor saat libu lebaran

Bahas waterpark di Bogor, nggak lengkap kalau nggak nyebutin The Jungle Adventure Waterpark. Kamu bisa cobain berbagai jenis kolam renang di sini, mulai dari Jungle Beach, Lazy River, Leisure Pool, Kiddy Pool, Kolam Ombak, sampai Kolam Air Hangat.

Jangan lupa juga untuk menantang keberanian dengan naik perosotannya, yaitu Tower Slide dan Racer Slide. Nah, yang jadi ikon dari waterpark ini adalah Giant Aquarium yang ada di sisi kolam Lazy River. Jadi, sambil berenang mengikuti arus, kamu bisa sambil lihat-lihat koleksi ikan yang ada di sini!

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 85.000, Weekend: Rp 100.000

Jam Operasional: Senin-Jumat: 09.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu & High Season: 08.00-18.00 WIB

Lokasi: Jl. Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana, Residence, Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor

Marcopolo Water Adventure

Harga Tiket Marcopolo water adventure bogor

Marcopolo Water Adventure merupakan salah satu waterpark terbesar di Bogor. Wahana-wahana permainan air yang ada di sini kids friendly, sehingga kamu nggak perlu khawatir ajak Si Kecil berenang di sini.

Berbagai jenis kolam renang tersedia ada kolam air hangat, kolam khusus anak dan bayi, kolam renang orang dewasa, kolam gurita, sampai kolam arus. Nggak cuma itu aja, ada wahana lain yang seru seperti wahana ember tumpah raksasa yang jadi favorit semua orang, Goa Kurcaci, Air Terjun, dan Goa Bajak Laut!

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 40.000, Weekend: Rp 55.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00-20.00 WIB

Lokasi: Jl. Bukit Cimanggu City Rata, Jl. Sholeh Iskandar, Cibadak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor

Tropikana Water Play Cibinong

Waterpark indoor ramah anak bogor- Tropikana Water Play Cibinong

Lagi cari waterpark indoor yang aman buat Si Kecil? Datang aja ke Tropikana Water Play Cibinong! Waterpark yang mengusung konsep estetik dengan dominasi warna-warna tropikal ini jadi destinasi tepat buat yang mau berenang tapi nggak mau kepanasan.

Ada beberapa jenis kolam yang bisa dieksplor, yaitu kiddy pool, baby pool, massage pool, kolam ombak, dan juga kolam air mancur. Dengan desain ruangan yang cantik dan wahana yang seru, dijamin anak betah main air di sini!

Harga Tiket Masuk: Rp 59.000

Jam Operasional: Senin-Jumat: 09.00-18.00 WIB, Sabtu-Minggu & Libur Nasional: 08.00-18.00 WIB

Lokasi: Robinson City Point Cibinong, Jl. HR. Lukman No. 29, Cirimekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor

Tempat Wisata Bogor, Tempat Ngedate Paling Asyik

Hutan Menyala Dairyland Riverside

Tempat Ngedate Bogor - Hutan Menyala Daiyland Riverside

Rekomendasi tempat ngedate di Bogor yang pertama adalah Hutan Menyala! Objek wisata ini sebenarnya adalah area Forest Walk di Dairyland Riverside, yang disulap jadi hutan lampu yang cantik pada malam hari.

Kamu dan pasangan bisa menikmati permainan cahaya lampu yang aesthetic dipadukan dengan teknologi modern. Dijamin kamu bakal terpesona deh sama keindahan lampu-lampu unik yang ada di sini. 

Harga Tiket Masuk: Rp 20.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 17.00-20.00 WIB

Lokasi: Diaryland Riverside, Jl. Raya Puncak – Gadog KM 77 No. 435, Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor

Telaga Saat

wisata alam di bogor - telaga saat

Kalau kamu lagi butuh healing sama pasangan, bisa banget nih ngedate-nya ke Telaga Saat! Sekarang ini Telaga Saat juga lagi cukup viral di TikTok lho, karena kecantikan pemandangannya.

Kamu bakal dibuat takjub dengan jernihnya air, serta hamparan bukit hijau kebun teh sejauh mata memandang. Apalagi suasananya tenang dan udaranya sejuk. Kamu bisa quality time sama pasangan dengan ngobrol-ngobrol di sini!

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.30-18.00 WIB

Lokasi: Cibulao, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor

Gunung Mas

Wisata Berkuda Bogor - Gunung Mas

Wisata di Bogor selanjutnya yang cocok jadi tempat ngedate adalah Gunung Mas! Kamu dan pasangan bakal diajak menikmati keindahan pemandangan alam yang asri dan melakukan banyak aktivitas seru.

Kamu bisa jalan-jalan mengelilingi kebun teh, berkuda dan mengendarai ATV, sampai mengunjungi pabrik teh. Tapi, yang nggak boleh sampai terlewat sih foto-foto di jembatan yang membelah kebun teh!

Harga Tiket Masuk: Rp 15.000-Rp 20.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00-18.00 WIB

Lokasi: Agrowisata Gunung Mas, Jl. Raya Puncak Gadog No. KM 87, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor

Humaira Coffee

Rekomendasi cafe bogor dengan view bagus - Humaira Coffe

Mau nikmati pemandangan indah sambil ngopi cantik? Datang aja ke Humaira Coffee! Kafe di Puncak satu ini lagi ramai dibicarakan, lho. Soalnya menyuguhkan pemandangan pegunungan yang indah dan memanjakan mata, serta udara yang sejuk!

Kamu bisa ngobrol-ngobrol seru sama Ayang, sambil ngopi dan ngelihat pemandangan yang memukau di sini! Kalau kamu datang saat malam hari, pemandangannya juga nggak kalah cantik lho!

Harga Makanan: Mulai dari Rp 30.0000-an

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB

Lokasi: Batu Layang, Cisarua, Kabupaten Bogor

Kopi Nako Kebon Jati

Rekomendasi cafe bogor dengan view bagus - Koi nako kebon jati

Ini dia tempat ngedate asyik dengan pemandangan alam cantik lainnya, yaitu Kopi Nako Kebon Jati! Kafe yang satu ini menyuguhkan pengalaman ngopi di bawah pepohonan jati yang rimbun. Jadi, suasananya sejuk dan cukup tenang.

Yang lebih serunya lagi, kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Salak yang memesona. Dijamin pengalaman ngopi bersama yang terkasih di sini jadi nggak bakal terlupakan, deh!

Harga Makanan: Mulai dari Rp 20.000-an

Jam Operasional: Senin-Jumat: 08.00-22.00 WIB, Sabtu-Minggu: 07.00-21.00 WIB

Lokasi: Jl. Perjuangan, Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor

Nah, itulah deretan rekomendasi tempat wisata di Bogor yang beragam banget! Mau coba datang ke mana dulu, nih?


Temukan inspirasi wisata di Cirebon lainnya hanya di artikel GOERS dan cari tempat favoritmu sekarang!

Atau kamu ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata favorit dan event seru lainnya? Pesan tiketnya dan dapatkan penawaran menarik lainnya di GOERS!

Write A Comment