Tempat wisata belanja di Yogyakarta pastinya seru abis, berikut rekomendasi paling up to date tentang wisata belanja Yogyakarta spesial untuk kamu, yang mau cuci mata dan cari cinderamata!

Liburan ke Yogyakarta memang selalu seru, soalnya di sini ada banyak tempat wisata menarik dan barang-barang yang harganya terjangkau. Mulai dari makanan, pakaian, sampai cinderamata, semuanya dibanderol dengan harga murah. Makanya nggak heran banyak orang yang kalap belanja pas lagi liburan ke sini.

Apalagi di daerah ini sendiri banyak toko-toko pakaian unik dan menarik. Dari pakaian kekinian sampai dengan pakaian tradisional seperti batik, semuanya lengkap.

Nah, buat kamu yang suka belanja atau sekadar doyan cuci mata, berikut ini ada rekomendasi tempat wisata belanja di Yogyakarta!

Tempat Wisata Belanja di Yogyakarta

Mungkin kamu suka: Wisata Jogja Terbaik dan Paling Hits 2023, Ada Tempat Apa Aja Ya?

1. Zano Store Yogyakarta

Tempat Wisata Belanja Yogakarta - Zano Store

Wisata belanja paling seru di Jogja adalah di Zano Store Yogyakarta! Kamu yang suka koleksi pakaian dari brand lokal, pasti udah nggak asing sama brand Zano Indonesia ini, deh. 

Sebelumnya, offline store dari brand lokal ini cuma ada di Jakarta, Bogor, dan Cikarang aja. Tapi, baru-baru ini Zano Store juga buka di Yogyakarta, lho! Sejak grand opening-nya pada Desember 2023 lalu, toko baju ini nggak pernah sepi pengunjung dan viral di TikTok.

Nah, buat kamu yang suka belanja sweater dan hoodie oversize lucu dengan warna-warna pastel menggemaskan, bisa banget datang ke sini, nih! Dijamin kamu bakalan kalap deh! Soalnya selain model bajunya yang menarik, harganya juga nggak bikin kantong meringis.

Lokasi: Jl. Seturan Raya No. 25, Kledokan, Caturtunggal, Kecamatan Depok. Kabupaten Sleman

2. Dagadu Djokdja

Tempat Wisata Belanja Yogakarta - Dagadu Djokja

Kalau Bali punya Joger sebagai brand baju populer, di Yogyakarta ada Dagadu! Kalau kamu liburan ke Yogyakarta, nggak lengkap nih kalau nggak belanja ke sini.

Dagadu Djokdja ini sendiri adalah produk kreatif yang punya cinderamata berciri khas desain grafis yang terinspirasi dari semaraknya kota Jogja. Desain gambar pada baju-baju atau produk lainnya juga unik-unik. Nggak bakal bisa beli satu barang doang, deh!

Dagadu Djokdja menjadi rekomendasi wisata belanja di Yogyakarta yang paling tepat, karena outletnya ada di mana-mana. Seperti di Malioboro Mall, Yogyatourium, Dagadu Tugu, HEHA, sampai Alun-Alun Utara.

Lokasi: 

  • Yogyatourium: Jl. Gedongkuning Selatan No. 128, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede
  • Dagadu Tugu: Jl. P. Mangkubumi No. 62, Gowongan, Kecamatan Jetis
  • Dagadu HEHA: Jl. Dlingo-Patuk No. 2, Patuk, Kecamatan Patuk
  • Alun-Alun Utara: Jl. Pekapalan Timur No. 7, Prawirodirjan, Gondoaman
  • Malioboro Mall: Lantai LG Malioboro Mall, Jl. Malioboro, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan

3. Capung T-Shirt

Alamat Toko Capung T-Shirt

Selain Dagadu Djokdja, brand baju asli Yogyakarta yang nggak kalah populer adalah Capung T-Shirt. Kamu yang suka belanja baju di Jogja, pasti udah familiar banget deh sama brand yang satu ini.

Sama seperti Dagadu, biasanya kaos-kaos yang diproduksi oleh Capung T-Shirt ini punya desain grafis berupa hal-hal khas Jogja. Nggak cuma punya desain baju yang kekinian dan unik aja, harga kaos Capung juga biasanya tergolong murah.

Nah, dengan dua keunggulan tersebut, nggak heran makanya kalau banyak orang yang lagi liburan ke Yogyakarta jadi kalap belanja baju di sini. Capung T-Shirt ini biasanya dijual di pedagang-pedagang kaki lima dan beberapa ada yang punya toko sendiri.

Lokasi:

  • Jl. Kp. Sosromenduran, Jl. Sosrowijayan GT No. 296, Sosromenduran, Gedong Tengen
  • Jl. Margo Mulyo, Jl. Ketandan Kulon No. 74, Soragan, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan
  • Jalan Ngasem, Gg. Sri Kaloka No. 44, Kadipaten, Kecamatan Kraton
  • Jl. Gandekan No. 84, Pringgokusuman, Gedong Tengen

4. Oblong Van Jogja

Oleh-oleh Yogyakarta - Oblong Van Jogja

Rekomendasi wisata belanja Yogyakarta lainnya adalah Oblong van Jogja! Kamu yang pernah menyusuri trotoar Jalan Malioboro pasti tau deh sama toko baju yang satu ini.

Biasa juga disingkat menjadi OVJ, toko baju ini menyediakan berbagai macam model baju khas Jogja, baik untuk orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Harganya juga bervariasi, jadi kamu bisa belanja sesuai dengan budget-mu, deh! Selain itu, bahan bajunya berkualitas baik dan sablonan pada baju juga cukup tahan lama.

Lokasi: Jl. Malioboro No. 149, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta

5. Aurakalla

Toko Baju Korea di Jogja - Aurakalla

Ini dia nih surganya pakaian ala Korea yang lagi jadi tempat ngehits di Yogyakarta! Namanya adalah Aurakalla. Sama seperti Zano Store, toko Aurakalla ini juga sempat viral di TikTok karena bangunannya yang aesthetic dan baju-bajunya yang cantik.

Aurakalla menawarkan berbagai macam koleksi pakaian Korean look. Dijamin kamu bakal kalap deh di sini, soalnya bajunya lucu-lucu banget! Apalagi di sini nggak cuma jual baju aja, tapi ada produk fashion lain seperti tas dan sandal. Harganya juga masih termasuk affordable karena ada yang di bawah Rp 100.000. 

Lokasi: Jl. Anggajaya 1, Gejayan, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Belakang Kupiku Coffee.

6. Jogja Pasaraya

Lokasi jogja Pasaraya

Rekomendasi wisata belanja di Yogyakarta selanjutnya yang nggak kalah seru ada Jogja Pasaraya. Tempat ini merupakan pusat oleh-oleh khas Jogja yang berkonsep mini department store.

Jogja Pasaraya berkomitmen untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk lokal di Yogyakarta dan sekitarnya. Pusat oleh-oleh yang satu ini juga jadi wadah untuk mempromosikan produk-produk lokal ke dalam dan luar negeri.

Di sini kamu bisa menemukan barang-barang yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu home & living yang berupa furniture dan dekorasi rumah, produk fashion, serta food & beverages yang berupa makanan dan minuman khas Jogja.

Nggak cuma itu aja, di Jogja Pasaraya ini kamu juga bisa beli aksesoris dan mainan yang lucu-lucu, lho!

Lokasi: Jl. Malioboro No. 39, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta

7. Pasar Beringharjo

Wisata sejarah jogja- pasar beringharjo

Wisata belanja di Yogyakarta nggak akan lengkap kalau nggak ke pasar terkenal yang satu ini, yaitu Pasar Beringharjo. Pasar yang sudah berdiri sejak tahun 1926 ini telah menjadi pasar terlengkap di Jogja.

Jadi, kamu mau cari barang apapun, semuanya ada di sini! Mulai dari kain, pakaian jadi, sampai kerajinan tangan dan jajanan pasar, semuanya bisa kamu dapatkan di sini.

Lokasi: Jl. Paringan, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta

8. Teras Malioboro

Pasar Cinderamata Jogja - Teras Malioboro

Selain belanja-belanja di pasar, kamu juga bisa nih berburu barang dan cinderamata di Teras Malioboro. Teras Malioboro ini merupakan tempat baru bagi para pedagang kaki lima yang dulunya jualan di sepanjang Jalan Malioboro.

Diresmikan pada tahun 2022 lalu, tempat ini terbagi menjadi dua, yaitu Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2. Kedua tempat tersebut menjajakan barang jualan yang sebenarnya sama aja kok, kayak baju, souvenir-souvenir seperti kerajinan tangan, ataupun makanan. Teras Malioboro ini menjadi salah satu wisata belanja yang nyaman di Jogja.

Lokasi:

  • Teras Malioboro 1: Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan
  • Teras Malioboro 2: Jl. Malioboro No. 56, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan

9. Sakola

Belanja baju murah dan lucu jogja

Selanjutnya ada tempat wisata belanja lainnya yang dijamin bakal bikin kamu super kalap. Namanya adalah Sakola! Tempat ini merupakan factory outlet yang udah dibuka sejak tahun 2006 lalu.

Di Sakola ini, kamu bisa beli berbagai macam baju-baju wanita yang lucu-lucu banget, dengan harga yang sangat terjangkau. Makanya, kamu bisa kalap banget kalau belanja di sini! Apalagi di Sakola nggak cuma ada baju buat wanita aja, tetapi juga ada baju pria dan anak-anak, serta barang-barang lain seperti mainan dan aksesoris.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No. 47, Wirobrajan, Kota Yogyakarta

10. Kampung Batik Ngasem

Kampung Batik Ngasem

Rekomendasi wisata belanja di Yogyakarta selanjutnya adalah Kampung Batik Ngasem. Liburan ke Yogyakarta emang kurang rasanya kalau nggak beli batik-batik berkualitas yang ada di sini. 

Di Jogja sendiri sebenarnya ada banyak banget toko batik yang bisa kamu kunjungi. Tapi, salah satu tempat untuk dapetin batik terbaik Jogja adalah di Kampung Batik Ngasem! Tempat ini sendiri udah jadi sentra batik Yogyakarta dari tahun 70-an, lho!

Lokasi kampung batik ini juga masih berada di kawasan Keraton, jadi nggak susah untuk mengunjunginya. Di sini kamu bisa liat berbagai macam motif kain batik dengan harga yang bervariasi tapi masih cukup terjangkau.

Nggak cuma kain batik aja, di sini kamu juga bisa beli koleksi batik dalam bentuk lain, seperti taplak meja, sarung bantal, sprei, tas, dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta

Nah, itu dia deh 10 rekomendasi wisata belanja di Yogyakarta yang dijamin bakal bikin kamu kalap belanja! Barang-barang yang dijual juga unik dan menarik sehingga nggak ada alasan untuk nggak beli. Jadi, kamu udah tau mau belanja di mana?\

Temukan pembahasan mengenai tempat wisata terbaik di Yogyakarta dan sekitarnya hanya di artikel GOERS .

Atau kamu ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata favorit dan event seru lainnya? Pesan tiketnya dan dapatkan penawaran menarik lainnya di GOERS!

Write A Comment