Tempat Wisata Banyuwangi mana aja nih, yang wajib kamu kunjungi?

Kalau mendengar kata Banyuwangi, yang langsung terpikirkan adalah Pelabuhan Ketapang yang jadi titik penyebrangan ke Bali. Cuma segelintir orang aja yang datang ke sini untuk bener-bener liburan. 

Padahal, di daerah paling ujung Pulau Jawa ini ada banyak banget tempat wisata yang seru dan menawan, lho. Cocok banget untuk dijadikan destinasi liburan!

Buat kamu yang punya rencana mau liburan ke Banyuwangi, cek rekomendasinya berikut ini, yuk!

Rekomendasi Tempat Wisata Banyuwangi Seru dan Menawan

Banyuwangi Park

Mungkin kamu suka: Info Lengkap Seputar Banyuwangi Park

Rekomendasi wisata keluarga di Banyuwangi

Banyuwangi Park jadi destinasi wisata seru yang wajib banget kamu kunjungi di Banyuwangi! Apalagi kalau kamu liburannya bareng anak-anak, harus banget ajak mereka seru-seruan di sini. Soalnya, tempat ini adalah tempat rekreasi sekaligus wisata edukasi terbesar di Banyuwangi!

Banyuwangi Park ini sendiri masih berada di bawah naungan Jawa Timur Park Group. Di sini ada banyak banget wahana menarik yang bisa dimainkan, sebut aja kayak bumper car, Rockin Tug, Spinning Coaster, Mini Zoo, sampai Waterpark! Selain itu, ada juga Science Center untuk wisata edukasi yang menyenangkan!

Harga Tiket Masuk: Mulai dari Rp 70.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Lokasi: Dusun Krajan, Dadapan, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Tiket Banyuwangi Park lagi diskon lho, yuk beli sekarang!

Kunang-Kunang Tent Resort

Rekomendasi wisata keluarga di Banyuwangi

Selanjutnya ada Kunang-Kunang Tent Resort, yang jadi tempat glamping viral di TikTok. Buat kamu yang mau coba menginap dengan suasana baru dan beda dari yang lain, bisa banget nih bermalam di sini!

Terletak di Licin, Kunang-Kunang Tent Resort menawarkan pengalaman baru tidur di ruangan berbentuk tenda yang ada di tengah hutan. Ada dua tipe kamar yang disediakan, yaitu Pedar Tent dan juga Binar Tent. Penginapan ini punya fasilitas yang lengkap dan dekat sama tempat wisata Banyuwangi lainnya seperti Kawah Ijen dan Terasering Banjar.

Harga Per Malam: Mulai dari Rp 409.000-an

Jam Operasional: 24 Jam

Lokasi: Dusun Glondok, Blimbingan, Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Taman Gandrung Terakota

Rekomendasi wisata edukasi di Banyuwangi

Salah satu tarian tradisional khas Banyuwangi yang terkenal adalah Tari Gandrung. Tarian ini merupakan tarian yang diiringi musik khas Jawa dan Bali, sebagai bentuk rasa syukur setelah panen.

Nah, uniknya, ternyata di Banyuwangi ada taman khusus untuk tarian ini, lho! Namanya adalah Taman Gandrung Teraloka. Di sini, ada sekitar 1000 patung penari gandrung yang dibuat dari tembikar atau terakota, yang tersebar di bagian tepi dan tengah persawahan. Kamu bisa banget foto-foto estetik di sini!

Harga Tiket Masuk: Rp 100.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00-18.00 WIB

Lokasi: Dusun Blimbingsari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

De Djawatan

Rekomendasi wisata alam di Banyuwangi

Ini dia nih, wisata seru dan menawan di Banyuwangi lainnya, yang cocok banget jadi tempat healing! Apalagi kalau bukan De Djawatan. Tempat wisata yang satu ini disebut-sebut mirip sama Hutan Fangorn yang ada di film ‘Lord of The Rings’, lho!

De Djawatan ini sendiri sebenarnya adalah kawasan hutan lindung milik Perhutani. Di dalamnya terdapat pepohonan trembesi yang unik dan besar, jadi bikin suasananya asri dan adem banget. Udaranya juga sejuk dan pemandangannya cantik banget! Selain itu ada spot-spot foto bagus seperti rumah pohon.

Harga Tiket Masuk: Rp 7.500

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-18.00 WIB

Lokasi: Purwosari, Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Pinus Camp Songgon Banyuwangi

Rekomendasi wisata keluarga di Banyuwangi

Destinasi wisata Banyuwangi lainnya yang bisa dijadikan sebagai tempat healing adalah Pinus Camp Songgon! Lagi viral di media sosial, tempat ini terkenal akan keindahan hutan pinusnya yang asri.

Selain ngeliat pemandangan, kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan seru di sini. Sebut aja seperti outbond, rafting, trekking, paintball, river tubing, sampai dengan camping! Nggak cuma itu aja, di sini juga ada wisata edukasi soal budidaya dan pengolahan selada air, lho. Lengkap kan?

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Lokasi: Mangaran, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Taman Nasional Alas Purwo

Rekomendasi wisata alam di Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo merupakan kawasan konservasi yang punya berbagai macam tipe ekosistem. Di antaranya adalah savana buatan, hutan hujan dataran rendah, hutan tanaman, pantai, hutan bakau, dan hutan bambu.Salah satu spot yang jadi favorit para wisatawan tentu aja adalah savana buatan yang mirip-mirip seperti di Afrika! 

Jadi salah satu ikon wisata dari Banyuwangi, di tempat ini kamu bisa bertemu kawanan merak lho kalau beruntung! Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai spesies langka lainnya, seperti Banteng Jawa maupun Lutung Kelabu.

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 5.000, Weekend: Rp 7.500

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB

Lokasi: Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Kawah Ijen

Harga tiket masuk kawah ijen

Bicara soal wisata keren dan menawan di Banyuwangi, wajib banget rasanya untuk datang ke Kawah Ijen. Destinasi wisata yang satu ini letaknya ada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan juga Kabupaten Bondowoso.

Nah, adapun yang jadi daya tarik Kawah Ijen sampai semua wisatawan ingin datang ke sini adalah kawah hijaunya yang cantik dan fenomena Blue Fire atau Api Biru. Api biru ini bisa ditemukan di dasar kawah, yang merupakan hasil terbakarnya gas sulfur dari retakan Gunung Api Ijen.

Lebih kerennya lagi, api biru di Kawah Ijen ini jadi yang terbesar di dunia, lho!

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 5.000, Weekend: Rp 7.500

Jam Operasional: 24 Jam

Lokasi: Paltuding, Kecamatan Ijen, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan Harga Tiket dan Jam oprasional

Tempat wisata yang berikut ini, juga jadi destinasi wisata di Banyuwangi yang nggak boleh sampai kamu lewatkan. Pulau Tabuhan, sebenarnya adalah pulau kecil yang ada di utara Selat Bali. Walaupun letaknya terpisah dari Pulau Jawa, tapi pulau ini masih jadi bagian dari Kabupaten Banyuwangi.

Daya tarik utama dari pulau ini adalah pantainya yang berpasir putih dan masih bersih, serta air laut jernih yang berwarna biru. Di sini, kamu bisa melakukan kiteboarding dan snorkeling! Dijamin kamu nggak bakal nyesal datang ke sini karena terpesona sama keindahan pulaunya!

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000-Rp 15.000

Jam Operasional: 24 Jam

Lokasi: Pulau Tabuhan, Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Pantai Cacalan

Lokasi Pantai Cacalan

Kalau kamu cari tempat wisata seru dan menawan di Banyuwangi yang nggak jauh dari pusat kota, bisa pertimbangkan untuk datang ke Pantai Cacalan, nih. Salah satu kegiatan yang direkomendasikan ketika berkunjung ke pantai ini adalah menaiki wahana kano!

Di wahana ini, kamu akan diajak untuk mengarungi rawa yang airnya jernih dengan menggunakan perahu kano. Kemudian, di sini juga ada deretan pohon bakau di area sekitar rawa yang bikin pemandangan jadi indah dan aesthetic. Kamu juga bisa menyusuri bibir pantai dengan berkuda!

Harga Tiket Masuk: Rp 2.000-Rp 5.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 16.00-22.00 WIB

Lokasi: Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Pantai Plengkung

Wisata Pantai di Banyuwangi

Selanjutnya ada destinasi wisata yang nggak kalah keren, yaitu Pantai Plengkung! Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah termasuk ke dalam tujuh spot surfing yang punya ombak terbaik di dunia (The Seven Giant Waves Wonder), setelah Hawai.

Makanya nggak heran kalau Pantai Plengkung jadi pantai yang terkenal di kalangan pencinta surfing di dunia. Pantai ini sendiri masih menjadi bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Posisinya juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombak di sini juga bentuknya tinggi, memanjang, dan berkecepatan tinggi.

Harga Tiket Masuk: Rp 15.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.30-16.00 WIB

Lokasi: Purworejo, Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Nah, itu dia deretan rekomendasi wisata seru dan menawan di Banyuwangi yang bisa masuk ke itinerary kamu saat liburan ke Sunrise of Java! Tempat wisata mana yang menarik perhatianmu, nih?

Temukan inspirasi wisata di Banyuwangi lainnya hanya di artikel GOERS dan cari tempat favoritmu sekarang!

Atau kamu ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata favorit dan event seru lainnya? Pesan tiketnya dan dapatkan penawaran menarik lainnya di GOERS!

Write A Comment