Hai Genk, jumpa lagi sama Goers pastinya dengan pembahasan yang menarik dan bermanfaat untuk kamu. Sesuai judulnya, Goers mau kasih bocoran nih apa sih yang bikin tiket event atau venue rekreasi itu banyak yang beli alias laku keras? Buat yang mau tau, baca artikel ini sampai beres ya!

Bicara tentang penjualan pasti perlu banget strategi supaya hasilnya sesuai dengan target yang diharapkan. Nah, biasanya apa ya yang bikin orang-orang ngelirik harga barang ataupun jasa sampai akhirnya tertarik dan melakukan pembelian? Yup, apa lagi kalau bukan promo! Siapa sih yang gak tertarik sama promo? Hampir semua lini bisnis saat ini mengembangkan strategi marketing dalam bentuk promosi dalam banyak jenis untuk ngeboost penjualan mereka, salah satunya dalam bentuk voucher diskon.

Eh, tapi sebelum lanjut. Kamu tau gak asal usul voucher diskon? Sesuatu yang menarik tapi kayaknya belum banyak orang yang tau nih. Yaudah, Goers bahas sedikit ya. Dilansir dari marketeers.com, kemunculan voucher berawal dari secarik kupon yang pertama kali dirilis oleh Coca Cola pada tahun 1887. Kupon tersebut dapat ditukarkan sampel produk Coca Cola secara gratis. Asa Candle, seorang pebisnis asal Atlanta adalah orang dibalik lahirnya pemikiran kupon tersebut. Setelah kupon pertama untuk produk gratis berhasil memengaruhi pasar, selanjutnya kupon dibuat untuk memberikan harga murah.

Nah, baru pada tahun 1900-an, kupon berkembang menjadi voucher diskon dan menjadi salah satu strategi marketing yang terbukti bisa meningkatkan penjualan. Kalau dulu berawal dari secarik kertas, sekarang dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, berbagai voucher diskon sudah dibuat lebih mudah, salah satunya berbentuk kode unik. Karena udah serba digital, kamu hanya perlu menginput voucher dalam bentuk kode ke media online yang disediakan oleh brand yang membuatnya.

Kalau latar belakang voucher diskon berawal dari produk barang, yaitu minuman. Kamu para pebisnis yang menawarkan produk dalam bentuk jasa gak perlu khawatir. Karena kamu juga bisa menerapkan strategi ini untuk bisnismu loh. Tau gak, apa aja sih keuntungan jika bisnis kamu menggunakan kode voucher?

Mendukung kolaborasi brand dan influencer

Promosi menggunakan kode voucher dapat mendukung dan memudahkan brand atau bisnis kamu berkolaborasi dengan para influencer. Jadi, kamu bisa menggabungkan dua strategi untuk ngeboost penjualan bisnismu, yaitu dengan promosi dan influencer marketing. Contohnya yang biasa dilakukan brand dengan para selebgram. Biasanya mereka menyebutkan kalimat seperti, “pakai kode *nama mereka x brand*, ya untuk dapetin diskon 30%”.

Buat event tau venue kamu lebih menarik

Dengan adanya penawaran spesial berupa diskon atau potongan harga, buy one get one free dan bentuk lainnya akan membuat bisnis yang kamu tawarkan lebih menarik. Para pelanggan dan target audiens biasanya cenderung menggunakan penawaran spesial tersebut untuk melakukan pembelian.

Memperluas jangkauan event dan venue kamu

Nah, kalau poin ini ada kaitannya dengan poin pertama. Dengan melakukan promosi lewat kode voucher dan dibarengi dengan marketing influencer, jangkauan bisnis kamu bisa semakin luas loh. Target bisa terpenuhi atau bahkan melampaui ekspektasi. 

Kasih diskon sesuai dengan tema tertentu pilihanmu

Ini yang gak kalah penting, kamu bisa menyesuaikan voucher diskon yang kamu buat dengan tema tertentu, baik sesuai musim, perayaan, giveaway atau mendukung campaign bisnismu. Contohnya seperti promo untuk memperingati Bulan Ramadhan, Hari Konsumen Nasional dan Hari Kartini.

Custom kode voucher sesuai keinginanmu

Berkaitan dengan poin sebelumnya nih. Selain tema, kamu bisa custom kode voucher sesuai keinginanmu. Meneruskan contoh yang ada kamu bisa membuat kode voucher RAMADHAN2021, GENKGOERS, KARTINI21 atau contoh lainnya AWALBAHAGIA yang dibuat oleh Ancol sebagai bentuk campaign mereka. 

Nah, itu dia keuntungan yang bisa kamu dapatkan, Genk! Sampai di sini, pasti ada yang bertanya-tanya,

Tapi, gimana kalau bikin kode voucher diskon secara online gitu ya? Secara kalau dulu cuma dibuat pakai kertas.

Ini mungkin yang menjadi pertanyaan beberapa pebisnis untuk menerapkan promosi dalam bentuk kode voucher secara online. Naumn, gak perlu khawatir! Pertanyaan kamu semua akan dijawab ni oleh Goers Experience Manager (GEM). Sebagai solusi untuk event dan venue management system, GEM menawarkan layanan tambahan berupa promosi dalam bentuk kode voucher untuk event ataupun venue yang kamu buat.

Selain mendapatkan keuntungan yang udah disebutkan tadi, kamu juga akan diberikan kemudahan dalam proses pembuatannya loh. Jadi, buat kamu event creator atau venue owner yang tertarik buat coba strategi marketing melalui promo kode voucher. Yuk, kunjungi website Goers atau bisa tanya langsung dengan Customer Service Goers di sini.

Tunggu apa lagi? Buat event dan venue experience kamu lebih menarik bersama Goers Experience Manager sekarang! #GoersExperienceManager #MulaiBersamaGEM

Write A Comment