Pariwisata adalah salah satu industri yang bisa menopang pergerakan ekonomi Indonesia. Di dunia, pariwisata Indonesia sudah cukup banyak dikenal. Walau demikian, perkembangan terus dilakukan guna meningkatkan kualitas dan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu pariwisata yang menarik dan memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan adalah pariwisata olahraga atau yang lebih dikenal dengan istilah sport tourism.

Buat yang belum tau, sport tourism adalah wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga. Tujuannya adalah untuk mempromosikan destinasi wisata melalui berbagai jenis kegiatan olahraga. Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indonesia merupakan salah satu ikon sport tourism dunia dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki. Selain itu, tren mengenai sport tourism terus meningkat dan diminati masyarakat. Karena itu, sport tourism di Indonesia sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut.

Dikutip dari Antara News, Kemenpora dan Kemenparekraf sudah menandatangani nota kesepahaman terkait pengembangan industri pariwisata olahraga pada September 2020 lalu. Kedua instansi saling berkolaborasi untuk mewujudkan event olahraga di destinasi wisata super prioritas yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

Indonesia sudah memiliki banyak destinasi sport tourism, bahkan ada yang sejak tahun 90-an! Berikut diantaranya:

Borobudur Marathon, Jawa Tengah

Sport tourism yang satu ini sudah ada sejak tahun 1990 dan diikuti lebih dari 10 ribu peserta. Sampai dengan tahun 2019, tercatat sebanyak 35 negara mengikuti event tersebut. Tidak hanya tentang olahraga, Borobudur Marathon memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan bagi siapapun yang mengikutinya.

Balap Sepeda Tour de Singkarak, Sumatera Barat

Selanjutnya, sport tourism ini merupakan perpaduan kejuaran balap sepeda resmi dari Union Cycliste International yang tiap tahunnya diselenggarakan di Sumatera Barat. Sudah ada sejak tahun 2009, Tour de Singkarak telah diikuti lebih dari 20 negara dengan total 8,6 juta kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara (data tahun 2019).

Sail Sabang, Aceh

Diadakan pada tahun 2017, Sail Sabang termasuk sport tourism terbesar di Indonesia. Merupakan rangkaian seri ke-9 Sail Indonesia, ajang tahunan wisata bahari yang diikuti para pecinta kapal layar mancanegara. Dikatakan terbesar karena terdapat 24 jenis kegiatan kesenian dan olahraga serta puluhan kapal pesiar dari seluruh dunia yang ikut dalam event ini.

Masih banyak lagi destinasi sport tourism lainnya di Indonesia loh!

Nah, kalau dalam waktu dekat ini, akan ada kejuaraan Indonesia Corporate Golf Series Championship 2021 yang merupakan piala Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Event golf series ini akan diadakan di 4 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta (Pondok Indah Golf Course), Bandung (Parahyangan Golf), Yogyakarta (Merapi Golf) dan Bali (Bali National Golf).

Itu dia seputar sport tourism yang sedang banyak diperbincangkan. Yuk, cari tau lebih banyak mengenai destinasi pariwisata Indonesia untuk kamu dukung dan promosikan supaya bisa mendongkrak perekonomian Indonesia.

Write A Comment