Wisata Tawangmangu paling recommended, ada banyak tempat seru!

Tawangmangu jadi destinasi liburan yang cukup underrated, alias nggak semua orang kepikiran mau liburan ke sini. 

Padahal, di Tawangmangu ada banyak tempat wisata seru. Apalagi wisata alamnya, karena terletak di lereng Gunung Lawu yang dikelilingi hutan dan perbukitan, pemandangan di Tawangmangu bagus-bagus banget!

Sekarang juga udah banyak tempat hiburan modern di Tawangmangu. Dijamin nggak bakalan bosan deh liburan di sini!

Buat kamu yang berencana liburan ke Tawangmangu, cek rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu di bawah ini!

Wisata Tawangmangu, Indahnya Wisata Alam

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Liburan ke Tawangmangu, nggak lengkap kalau nggak ke Grojogan Sewu. Soalnya, tempat ini udah jadi objek wisata ikonik di Tawangmangu. Di Grojogan Sewu ini, kamu bisa menikmati keindahan air terjun setinggi 82 meter. 

Air terjun yang satu ini juga dikelilingi oleh panorama hutan yang masih asri, dengan pepohonan hijau lebat di sana-sini. Jangan lupa foto-foto cantik dengan latar pemandangan air terjun yang memesona! 

Tapi, untuk bisa mencapai ke air terjun, kamu harus menuruni 550 anak tangga saat datang dan 700 anak tangga ketika pulang. Di sini juga ada hiburan lain seperti wahana permainan flying fox, kolam renang, sampai kebun binatang mini. Lokasinya juga nggak jauh dari pusat kota, jadi bisa diakses dengan mudah!

Harga Tiket Masuk: Rp 22.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Air Terjun Jumog Putri

Air Terjuan Jumog Putri - Tawangmangu

Selanjutnya ada wisata di Tawangmangu berupa air terjun lainnya yang nggak kalah memesona. Namanya adalah Air Terjun Jumog Putri! Sama seperti Grojogan Sewu, air terjun ini letaknya juga di lokasi yang strategis, yaitu di samping jalan utama di Desa Gondosuli Kidul. Makanya nggak susah untuk mencapai ke sini.

Salah satu daya tarik dari Air Terjun Jumog Putri adalah keindahan air terjun yang dikelilingi oleh batu-batuan besar dan pepohonan hijau yang rimbun. Dijamin kamu bakal terpesona sama keindahan air terjunnya!

Harga Tiket Masuk: Rp 15.000-Rp 20.000

Jam Operasional: Weekday: 08.00-16.00 WIB, Weekend: 07.00-17.00 WIB

Lokasi: Area Hutan, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Air Terjun Kedung Sriti

Air Terjun Kedung Sriti - Tawangmangu

Kedung Sriti biasa juga dikenal dengan nama Air Terjun Sriti. Merupakan objek wisata indah yang tersembunyi di antara dua desa, yaitu Desa Tengklik dan Desa Kalisoro Tawangmangu. Air terjun yang satu ini juga baru banyak diketahui pada tahun 2024 ini. Karena masih baru, air terjun yang cantik ini masih asri banget, dengan air yang jernih dan nggak ada sampah. 

Air Terjun Kedung Sriti memiliki ketinggian mencapai 10 meter. Untuk bisa sampai ke sana, kamu harus jalan kaki dulu menyusuri jalan setapak. Tempatnya yang masih asri dan sejuk, cocok untuk kamu yang mau healing!

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00-18.00 WIB

Lokasi: Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Kebun Strawberry Tawangmangu

Kebun Strawberry Tawangmangu

Wisata di Tawangmangu lainnya yang nggak kalah seru adalah Kebun Strawberry! Objek wisata yang satu ini cocok banget untuk jadi destinasi liburan bareng anak-anak, karena bisa mengajak mereka melakukan aktivitas seru.

Di sini, kamu bisa memetik strawberry-strawberry yang udah matang dan bisa langsung memakannya, lho! Apalagi buah strawberry di sini diklaim bebas pestisida, jadi aman untuk langsung dimakan. Selain itu, kamu juga bisa foto-foto dengan latar pemandangan alam yang indah!

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-16.00 WIB

Lokasi: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang jadi wisata alam di Tawangmangu selanjutnya yang harus kamu coba kunjungi. Tempat wisata ini dikelola langsung sama Perhutani, makanya bukitnya sangat terurus dan asri. 

Bukit Mongkrang cocok banget buat kamu yang masih newbie dalam mendaki gunung. Soalnya, pendakian ke puncak bukitnya bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam aja. Jalur pendakiannya juga ringan dan nggak rumit.

Nah, begitu udah sampai di puncak bukit, kamu bakal disuguhkan pemandangan Gunung Lawu dan perbukitan hijau lainnya yang cantik banget! Apalagi udaranya juga sejuk dan anginnya yang dingin. Jangan lupa foto-foto di sini buat kenang-kenangan, ya!

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Jam Operasional: 24 Jam

Lokasi: Area Hutan, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Wisata Tawangmangu, Asyiknya Hiburan Wisata Modern

Tawangmangu Wonder Park

Tawangmangu Wonder Park

Buat kamu yang liburan ke Tawangmangu sama keluarga, selain berwisata alam, bisa juga nih main di Tawangmangu Wonder Park. Taman hiburan ini punya total luas lahan mencapai tujuh hektar, dengan berbagai macam atraksi dan wahana untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Tawangmangu Wonderpark mengusung konsep wisata alam dan juga taman rekreasi dengan tema wonderland. Beberapa wahana yang bisa kamu coba di sini ada outbond, berkuda, ATV, Jeep Adventure, dan Motor Trail. 

Nggak cuma itu, kamu juga bisa ambil paket berkemah dengan pemandangan pegunungan Gunung Lawu yang indah. Di sini juga ada resort untuk tempat menginap seru bersama keluarga!

Harga Tiket Masuk: Rp 20.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Ombang-Ombang No. 32, Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Semar Edupark

Semar Edupark Tawangmangu

Semar Edupark merupakan destinasi wisata di Tawangmangu yang baru aja dibuka pada September 2023 lalu. Tempat wisata ini berfokus pada wisata alam dan edukasi, dengan berbagai macam aktivitas outdoor maupun indoor yang mengasyikkan.

Di sini kamu bisa menikmati sajian lezat di The Botany Restaurant dan belanja Luwes Mart. Kemudian, ada juga berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga, seperti Animal Feeding, Mini Golf, Archery, memancing di Kolam Mancing, membuat batik, dan main di Playground.

Untuk tiket masuk sendiri, di Semar Edupark nggak ada tiket masuk alias gratis. Namun, kamu harus memesan makanan dan minuman yang ada di restoran.

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Operasional: Weekday: 10.00-21.00 WIB, Weekend: 10.00-22.00 WIB

Lokasi: Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Gedangan, Gerdu, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

The Lawu Park 

The Lawu Park

Selanjutnya ada The Lawu Park, objek wisata yang menyuguhkan konsep taman wisata, resort, dan juga resto. Tempat ini menawarkan perpaduan yang sempurna antara keindahan alam berupa pepohonan pinus, perbukitan, serta pemandangan Gunung Lawu, dan wahana-wahana permainan yang menarik.

Kalau main ke sini, kamu harus coba salah satu wahana yang jadi favorit para wisatawan, yaitu Snow World! Kamu bisa merasakan serunya sensasi bermain salju di wahana indoor ini!

Beberapa wahana lain yang nggak kalah seru ada Gondola, Trail Adventure menggunakan jeep dan ATV, Flying Fox, Outbond, Mini Zoo, menonton film 3D di Cinema! Jangan lupa foto-foto cantik di spot-spot foto aesthetic yang ada di setiap sudut taman, ya! Di sini juga ada resort dan area glamping untuk kamu yang mau menginap.

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 20.000, Weekend: Rp 25.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi: Bulakerjo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Embun Lawu

Embun Lawu

Embun Lawu merupakan taman wisata yang mengusung konsep wisata alam modern. Jadi, di sini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam sambil main-main di wahana permainan yang seru!

Embun Lawu letaknya ada di kaki Gunung Lawu, makanya pemandangannya cantik banget dan udaranya juga sejuk. Di sini ada banyak spot foto menarik dan Instagramable, buat mengabadikan momen liburan kamu!

Untuk wahananya sendiri, di sini ada outbond, playground untuk anak-anak, ayunan, White Bridge, Rabbit Feeding, sewa sepeda listrik dan ATV, sampai Fun Offroad! Kamu juga nggak perlu khawatir kelaparan karena di sini juga ada spot kuliner.

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 20.000, Weekend/Libur Nasional: Rp 25.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Raya Matesih-Tawangmangu No. 16, Area Hutan, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Sakura Hills

Harga tiket Sakura Hills

Ini dia nih, wisata di Tawangmangu yang lagi populer dan viral di media sosial. Namanya adalah Sakura Hills! Tempat wisata yang satu ini mengusung konsep Jepang. Lokasinya ada di tengah hutan, sehingga suasananya tenang dan udaranya sejuk.

Ada banyak wahana menarik yang bisa kamu coba di sini, seperti Kawaguchiko Onsen, 3D Shinema, Forest Canopy Tour, Ninja Squad Outbond, Torii Fushimi Inari, Zen Garden, Lawu Jeep Adventure, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa makan di restoran Isoku Resto dan bermalam di penginapan ala Jepang!

Harga Tiket Masuk: Weekday: Rp 20.000, Weekend: Rp 25.000

Jam Operasional: Senin-Jumat: 08.00-16.30 WIB, Sabtu-Minggu: 08.00-17.30 WIB

Lokasi: Jl. Raya Matesih-Tawangmangu No. 16, Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Rumah Atsiri

Lokasi Rumah Atsiri

Rumah Atsiri, salah satu tempat wisata yang unik di Tawangmangu. Tempat wisata yang satu ini menawarkan wisata edukasi soal aromatic wellness dan juga minyak atsiri.

Rumah Atsiri sendiri dibangun di atas lahan bekas pabrik minyak wangi. Nah, di sini kamu bisa melihat proses pembuatan minyak wangi, sampai berkesempatan membuat minyak atsiri untuk menghasilkan aroma yang khas! Seru banget, kan?

Untuk masuk ke Rumah Atsiri, kamu diharuskan membayar Rp 50.000 yang kemudian akan mendapatkan voucher berisi saldo sejumlah yang kamu bayarkan. Nantinya saldo tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli produk atau mengikuti berbagai aktivitas yang ada di sini.

Harga Tiket Masuk: Rp 50.000

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00-17.00 WIB

Lokasi: Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Nah, itulah sejumlah rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu yang beragam dan punya keunikan tersendiri. Kalau kamu tertarik datang ke tempat wisata yang mana, nih?

Kamu lagi cari tiket wisata di GOERS aja, beli tiket wisata anti drama dan satset. Temukan pilihan tiket wisata dan event favoritmu di GOERS sekarang

Write A Comment