TKL Ecopark – Taman Kyai Langgeng, tempat wisata keluarga asyik dan seru di Magelang!

Liburan ke Magelang identik dengan berkunjung ke Candi Borobudur yang megah dan punya banyak sejarah. Tapi, ternyata kamu juga bisa liburan seru di salah satu objek wisata alam di sini, lho! Namanya adalah TKL Ecopark – Taman Kyai Langgeng.

Tempat wisata alam ini dijamin bakal bikin kamu takjub dan terpesona sama keindahan alamnya, deh! Apalagi ada juga berbagai macam wahana permainan dan edukasi menarik untuk anak-anak. Cocok banget kan, buat liburan bareng keluarga?

TKL Ecopark

TKL Ecopark ini merupakan singkatan dari Taman Kyai Langgeng. Taman ini dulunya merupakan Taman Flora atau Taman Bunga yang dibangun pada tahun 1981. Di tahun 2023, Taman Kyai Langgeng Kota Magelang diganti menjadi TKL Ecopark.

Kamu yang merupakan warga Jawa Tengah pasti udah nggak asing sama objek wisata yang keren yang satu ini.

Memiliki luas 27,36 hektare, objek wisata alam ini menyuguhkan pemandangan cantik Gunung Sumbing serta hamparan sawah yang ada di lereng gunung. Di tempat ini, kamu juga bisa melihat keindahan dan mendengar gemericik Sungai Progo, lho! 

Nah, dan nggak cuma menyuguhkan wisata alam aja, TKL Ecopark juga menjadi lokasi wisata edukasi sampai tempat olahraga dengan fasilitas yang mumpuni. Kamu pun bisa melakukan banyak aktivitas seru di sini, seperti outbond, family gathering, camping, bahkan wedding!

Harga Tiket Masuk TKL Ecopark

Dengan keindahan alamnya yang memukau dan wahananya yang beragam, ternyata harga tiket masuk TKL Ecopark masih termasuk terjangkau, lho!

Tiket masuk TKL Ecopark ini terbagi menjadi dua kategori dengan harga-harga sebagai berikut:

  • Tiket Reguler: Rp 40.000
  • Tiket Rombongan Reguler: Rp 34.000

Harga tiket tersebut berlaku baik untuk weekday maupun weekend. Kemudian, harga tiket di atas juga sudah termasuk 1 kali naik 6 wahana yang ada, yaitu Mobil Keliling, Becak Air, Bianglala, Komidi Layang, Becak Mini, dan juga Sepur Mini.

Alamat TKL Ecopark

TKL Ecopark – Taman Kyai Langgeng sendiri berlokasi di Jl. Cempaka No. 6, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Letak ecopark keren yang satu ini nggak jauh dari Alun-Alun Magelang, jaraknya cuma 2 kilometer dengan waktu tempuh 5 menit berkendara. Jadi, kamu nggak akan kesulitan deh buat nemuin lokasinya!

Jam Operasional TKL Ecopark

TKL Ecopark buka setiap hari dari Senin-Minggu. Dengan jam operasional mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Untuk loket penjualan tiket akan ditutup 1 jam sebelum jam tutup, oleh karena itu usahakan untuk jangan datang terlalu sore, ya!

Wahana di TKL Ecopark

Wahana di TKL Ecopark

Daya tarik dari TKL Ecopark ini sudah tentu adalah pesona alamnya, yang punya beberapa koleksi pohon langka dan juga setengah langka. Selain itu, ada juga wahana-wahana seru untuk bermain.

Wahana yang ada di sini terbagi menjadi 4, yaitu Wahana Edukasi, Wahana Petualangan, Wahana Air, dan Wahana Permainan.

Di sini juga ada beberapa wahana yang masuknya gratis, seperti Bianglala, Komidi Layang, Sepur Mini, Becak Mini, Sepeda Air, Mobil Keliling, Shinkansen, serta dua spot foto terbaru, yaitu Mahon Riverview dan Ecopark Tower.

Wahana Edukasi

Wahana yang pertama adalah Wahana Edukasi. Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa belajar mengenai tanaman-tanaman langka koleksi mereka dan juga melihat-lihat koleksi satwa yang ada. 

Tanaman Langka

Dulunya, TKL Ecopark dikenal dengan nama Taman Bunga. Di mana tempat ini punya ratusan jenis tanaman asli Indonesia dan beberapa di antaranya termasuk dalam tanaman langka. Tanaman ini sendiri tersebar di seluruh area sehingga menjadi edukasi buat para pengunjung.

Taman Satwa

Beberapa satwa yang ada di Taman Satwa ini bisa dimanfaatkan untuk memperluas wawasan mengenai satwa-satwa asli Indonesia. Kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa satwa dan reptil yang ada, seperti berfoto bersama. Namun, untuk bisa foto dengan satwa kamu perlu bayar Rp 5.000 lagi ya!

Taman Satwa sendiri buka dari Selasa-Minggu dengan jam operasional mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Wahana Petualangan

Selanjutnya ada Wahana Petualangan, yaitu berupa permainan-permainan seru yang bisa kamu mainkan bersama dengan teman atau keluarga. Di sini kamu juga bisa berkeliling ke sekitar taman dan menikmati udara sejuk.

Kereta Mini

Kereta Mini merupakan salah satu wahana yang termasuk ke Wahana Petualangan. Sebenarnya Kereta Mini ini merupakan transportasi yang bentuknya berupa kereta dalam ukuran kecil, yang siap untuk mengantar para pengunjung mengelilingi beberapa area TKL Ecopark. Kereta Mini ini juga merupakan wahana yang bisa kamu nikmati dengan gratis!

Mobil Keliling

Kalau kamu nggak mau naik kereta, mungkin wahana lain yang cocok buat kamu adalah Mobil Keliling! Ini merupakan kendaraan yang semi terbuka, yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk berkeliling juga. Sama seperti Kereta Mini, Mobil Keliling ini juga gratis lho!

Dragon Coaster

Udah puas berkeliling, kamu bisa juga nih coba mainan yang seru. Namanya adalah Dragon Coaster! Kamu bisa merasakan sensasi seru naik wahana coaster dengan kereta berbentuk naga bersama sahabat, pasangan, maupun keluarga! Untuk naik Dragon Coaster, setiap pengunjung akan dikenakan tarif Rp 10.000. Namun, wahana ini nggak akan beroperasi saat hujan maupun setelah hujan, ya!

Jurang Koco Gunung Mujil – Jembatan Kaca

Jurang Koco Gunung Mujil merupakan wahana petualangan selfie terbaru di TKL Ecopark, nih. Di sini kamu bisa foto-foto di atas jembatan kaca yang tingginya 10 meter dengan view Gunung Sumbing dan Sungai Progo sebagai latar. Tiket masuk ke wahana ini dibanderol dengan harga Rp 20.000 dan waktu maksimal berada di atas jembatan kaca adalah 5 menit, ya!

Wahana Air

Buat kamu yang suka main air, dijamin bakalan suka banget main ke sini. Soalnya TKL Ecopark – Taman Kyai Langgeng punya berbagai macam wahana air seru yang bisa kamu coba satu per-satu. Mulai dari berenang sampai keliling taman dengan naik transportasi air.

Waterpark & Water Boom

Wahana air pertama di sini adalah Waterpark & Waterboom. Kamu bisa puas bermain air di sini sambil menikmati pemandangan Gunung Sumbing. Selain itu, jangan lupa naik perosotan yang bisa memacu adrenalin. Tiket masuk ke wahana ini dibanderol dengan harga Rp 10.000/orang dengan jam operasional Senin-Kamis, Sabtu & Minggu pukul 08.00-16.00 WIB dan Jumat pada pukul 13.00-16.00 WIB.

Becak Air

Wahana selanjutnya ada Becak Air yang bisa kamu nikmati secara gratis! Becak Air ini pada dasarnya merupakan perahu kayuh yang berbentuk angsa, dan bisa digunakan oleh 1-2 orang. Rasakan pengalaman seru mengelilingi danau buatan yang dikelilingi pepohonan rindang yang sejuk.

Kereta Air

Mau mengarungi kolam panjang yang mengelilingi TKL Ecopark? Kamu bisa nih naik wahana yang satu ini, yaitu Kereta Air! Kereta Air ini akan membawa para pengunjung untuk mengelilingi taman dengan naik perahu di atas air. Lebih serunya lagi, wahana ini juga gratis!

Wahana Permainan

Ini dia nih wahana yang jadi favorit anak-anak kalau berkunjung ke sini, yaitu Wahana Permainan! Ada berbagai macam permainan menarik yang dijamin nggak bakal bikin kamu bosan main di sini.

UFO Car

Permainan yang pertama adalah UFO Car! Wahana ini sebenarnya mirip-mirip sama bom bom car. Bedanya, UFO Car ini bentuknya bulat pipih seperti UFO dan bisa dinaiki oleh 2 orang. Tiket untuk naik wahana ini adalah Rp 15.000 untuk weekday dan Rp 20.000 untuk weekend.

Becak Mini

Becak Mini menjadi salah satu permainan yang paling bikin anak-anak penasaran, karena terlihat menarik. Oleh karena itu nggak heran banyak anak-anak yang mencoba untuk memainkan wahana ini, baik sebagai tukangnya maupun jadi penumpang. Apalagi wahana Becak Mini ini gratis!

Sepur Mini

Wahana permainan gratis lainnya adalah Sepur Mini. Anak-anak bisa naik kereta berukuran mini yang berjalan di atas rel layaknya kereta sungguhan! Dijamin anak-anak bakal suka banget main di sini, apalagi masuknya gratis.

Bianglala

Kalau ke TKL Ecopark, nggak lengkap rasanya kalau gak coba main Bianglala. Namun, wahana permainan ini hanya diperuntukkan bagi anak kecil aja ya, karena ukurannya yang nggak terlalu besar.

Komedi Putar

Selain main ke Bianglala, kamu juga bisa nih coba naik Komedi Putar. Wahana ini merupakan kuda buatan yang bergerak naik turun dan berputar. Jangan lupa foto-foto estetik juga ya saat naik ini!

Komedi Layang

Komedi Layang juga jadi wahana permainan yang cukup populer di sini, nih. Di mana anak-anak bisa naik ke wahana berbentuk kuda dan pesawat yang melayang di atas tanah dan berputar-putar. Dijamin seru!

Rainbow Slide

Ini dia nih primadona baru wahana permainan TKL Ecopark – Taman Kyai Langgeng, yaitu Rainbow Slide! Perosotan jenis ini memang lagi tren banget di taman hiburan. Buat kamu yang datang ke sini juga bisa coba serunya naik Rainbow Slide yang baru di-launching Desember lalu, bersama circle kamu!

Fasilitas di TKL Ecopark

Selain deretan berbagai macam wahana yang seru, TKL Ecopark juga punya fasilitas-fasilitas yang memadai dan menunjang kenyamanan para pengunjung ketika berada di sini. Adapun fasilitas yang ada di tempat wisata keren di Magelang ini adalah:

  1. Area parkir luas bisa untuk banyak kendaraan
  2. Toko souvenir
  3. Rest area
  4. Foodcourt
  5. Mushola
  6. Toilet

Tips Berkunjung ke TKL Ecopark

Nah, sebelum mulai petualangan seru mencoba wahana-wahana yang ada di TKL Ecopark, ada baiknya kamu simak dulu beberapa tips berikut ini.

Tips yang pertama adalah, karena tempat ini buka setiap hari, jadi disarankan datang saat weekday aja karena pasti lebih sepi pengunjung sehingga nggak perlu antre untuk naik wahananya.

Kemudian, tips yang kedua adalah datang waktu pagi untuk bisa menikmati udara yang sejuk dan pengunjung yang masih sedikit. Jangan lupa juga untuk siapkan uang jika ingin naik wahana yang berbayar.

Tips yang ketiga adalah selalu patuhi peraturan yang berlaku di TKL Ecopark dan juga arahan dari para petugas yang ada di sana. Dengan ini, kamu bisa main dan menikmati indahnya taman dengan aman dan nyaman!

Temukan experience baru dengan penawaran harga tiket wisata terbaik dan rekomendasi tempat menarik lainnya di Instagram @goersapp dan aplikasi Goers.  Jangan lupa di follow IG Goers dan segera download app-nya ya!

Ingin event dan tempat wisata mu muncul di blog, social media dan aplikasi Goers? Serta mendapat jangkauan luas karena diakses banyak orang dengan sistem tiket online tervalidasi yang dihadirkan oleh Goers ?

Menarik Bukan ? Dapatkan semua itu dan penawaran menarik lainnya Goersapp.

Write A Comment