Taman Batu Hanjuang, objek wisata alam di Kuningan tempat kamu bisa rasakan pengalaman seru main air dikelilingi tebing!

Jawa Barat memang surganya pemandangan alam yang cantik-cantik, bahkan di daerah Kabupaten Kuningan sekalipun. Kamu yang lagi ingin healing tapi bosan ke Bandung, bisa nih melipir ke Kabupaten Kuningan, soalnya ada tempat wisata unik yang punya pemandangan cantik. Nama tempat wisata ini adalah Taman Batu Hanjuang!

Taman Batu Hanjuang

Taman Batu Hanjuang merupakan tempat wisata yang terletak di bawah kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Taman Nasional Gunung Ciremai. Makanya tempat ini memiliki pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk dan dingin. Nggak heran kalau Taman Batu Hanjuang jadi objek wisata yang hits sekarang ini.

Walaupun dikenal identik dengan tebing dan kawasan bebatuan, sebenarnya tempat wisata keren di Kuningan ini memiliki daya tarik lain, seperti kolam renang yang letaknya ada di bukit! Lebih serunya lagi, air kolam renang yang ada di sini berasal dari air mata pegunungan, lho! Jadi dijamin segar banget kalau main air di sini.

Tempat ini juga memadukan pemandangan alam dan wahana permainan modern, jadi kamu bisa memanjakan mata dengan melihat pemandangan cantik serta seru-seruan main wahana.

Harga Tiket Taman Batu Hanjuang

Menyuguhkan pemandangan alam yang bagus, nggak membuat masuk Taman Batu Hanjuang jadi mahal. Buat kamu yang mau menikmati wisata di sini, akan dikenakan tiket masuk dengan harga berikut ini:

Dewasa: Rp 15.000 (weekday), Rp 20.000 (weekend)

Anak-Anak: Rp 10.000 (weekday), Rp 15.000 (weekend)

Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan wahana-wahana yang ada di dalam tempat wisata ini, ya! Kemudian, harga tiket di atas juga bisa aja berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan ketentuan pengelola.

Lokasi Taman Batu Hanjuang

Taman Batu Hanjuang terletak di Kabupaten Kuningan, lebih tepatnya di Desa Setianegara, Dusun Kliwon, Kecamatan Cilimus. 

Dari pusat Kota Kuningan jaraknya kurang lebih 17 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 29-35 menit berkendara. Sedangkan kalau dari Cirebon, waktu tempuhnya sekitar 30-45 menit.

Jam Operasional Taman Batu Hanjuang 

Kamu bisa menikmati udara sejuk dan bermain di wahana seru Taman Batu Hanjuang setiap hari, dari Senin-Minggu. Untuk jam operasionalnya sendiri, tempat ini buka pada pukul 08.00 WIB dan tutup pada sore hari pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Waterpark Keren di Kabupaten Kuningan Lainnya

Wahana di Taman Batu Hanjuang

Wahana di Taman Batu Hanjuang

Nggak cuma menyuguhkan pemandangan alam indah yang memanjakan mata aja, Taman Batu Hanjuang juga dilengkapi dengan wahana permainan modern yang seru untuk segala usia. Dengan ini, kamu nggak akan bosan berlama-lama di sini karena bisa mengeksplor banyak wahana.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berenang dan main air, main di wahana permainan, sampai foto-foto di spot selfie yang estetik berlatar pemandangan alam yang cantik dan Instagramable.

Berikut ini wahana-wahana yang ada di Taman Batu Hanjuang!

Kolam Renang

Kolam Renang Taman Batu Hanjuang

Daya tarik utama yang dimiliki oleh objek wisata unik di Kuningan ini pada dasarnya adalah kolam renangnya. Kolam renang yang ada di sini dikelilingi tebing-tebing batu yang indah. Selain itu, kolam renang yang disediakan juga cukup beragam dengan beberapa ukuran kedalaman, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Ada tiga jenis kolam renang yang bisa kamu nikmati di sini, yaitu kolam renang dewasa, kolam renang sedang, dan kolam renang anak. Adapun yang membedakan tiga kolam renang tersebut hanyalah tingkat kedalamannya aja. 

Kolam renang ini juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan yang seru, seperti perosotan, ember tumpah, dan juga mandi busa. 

Nggak cuma itu aja, daya tarik dari kolam renang di sini juga punya bentuk yang unik, yaitu bentuk tidak beraturan.Ini karena pihak pengelola tetap ingin mempertahankan sisi alam dari tempat ini, sehingga jadinya kolam ini memiliki kesan terbentuk secara alami di tengah perbukitan.

Kolam Terapi Ikan

Kolam Terapi Ikan Taman Batu Hanjuang

Kemudian, salah satu wahana unik yang harus kamu coba di Taman Batu Hanjuang lainnya adalah Kolam Terapi Ikan! Kolam ini bisa jadi tempat alternatif bagi kamu yang nggak mau berenang. Di sini kamu bisa merendam kaki di kolam penuh ikan kecil untuk terapi sambil menikmati pemandangan sekitar atau bercengkerama.

Wahana Permainan Anak

Wahana Permainan Anak Kabupaten Kuningan

Selain kolam renang dan kolam ikan, ada juga wahana permainan untuk anak atau playground. Dengan adanya tempat ini, anak-anak jadi nggak bosan ketika mereka nggak mau berenang, karena adanya wahana permainan yang seru. Di sini anak-anak bisa mencoba main perosotan atau ayunan bersama teman-temannya. Selain itu, ada juga permainan mobil remote dengan trek yang cukup luas.

Spot Foto Unik dan Estetik

Spot Foto Unik dan Estetik di Dusun Kliwon Kuningan

Kalau liburan ke Taman Batu Hanjuang, nggak lengkap kalau nggak mengabadikan momen di daya tarik utama taman wisata ini, yaitu tebing batu! Di sini ada tebing batu yang cukup tinggi, yang tersusun dari batu alami yang unik mengelilingi kawasan ini.

Pihak pengelola juga berhasil menyulap tebing batu ini jadi objek wisata yang cantik dan unik sehingga cocok untuk menjadi tempat berfoto!

Selain itu, ada juga bentang alam yang indah dan unik untuk latar berfoto bersama circle kamu atau keluarga! Kamu bisa juga foto-foto di jembatan cinta, padang ilalang, dan juga rumah bambu yang merupakan tempat bersantai.

Fasilitas di Taman Batu Hanjuang

Sebagai tempat wisata keluarga yang cukup populer di Kuningan, Taman Batu Hanjuang juga dilengkapi dan menyediakan fasilitas berkualitas baik. Tentu saja ini agar para pengunjung yang datang jadi merasa nyaman.

Adapun fasilitas yang tersedia di sini adalah:

  1. Area terbuka untuk mengadakan acara
  2. Gazebo untuk bersantai
  3. Kamar bilas
  4. Toilet
  5. Area parkir

Tips Berkunjung ke Taman Batu Hanjuang

Kalau udah liat wahana yang ada di sini, pasti jadi semakin ingin liburan ke sini, kan? Nah, sebelum datang ke Taman Batu Hanjuang, mending kamu cek dulu tips-tips berikut ini!

Tips yang pertama adalah disarankan untuk datang saat weekdays atau hari kerja. Karena biasanya pada hari-hari tersebut taman wisata ini tidak terlalu ramai. Tentunya jika lebih sepi akan semakin nyaman liburannya.

Kemudian, tips yang kedua adalah datang pada sore hari atau pagi hari untuk menghindari matahari yang terik dan panas.

Terakhir, selalu patuhi peraturan yang diberlakukan oleh pihak tempat wisata agar kamu bisa liburan di sini dengan aman dan nyaman!

Temukan experience baru dengan penawaran harga tiket wisata terbaik dan rekomendasi tempat menarik lainnya di Instagram @goersapp dan aplikasi Goers.  Jangan lupa di follow IG Goers dan segera download app-nya ya!

Ingin event dan tempat wisata mu muncul di blog, social media dan aplikasi Goers? Serta mendapat jangkauan luas karena diakses banyak orang dengan sistem tiket online tervalidasi yang dihadirkan oleh Goers ?

Menarik Bukan ? Dapatkan semua itu dan penawaran menarik lainnya Goersapp.

Write A Comment