Strategi sosial media event creators? 

Sepenting apa sih sosial media untuk event creator? Jawabanya sangat penting lho! Karena saat ini penggunaan strategi sosial media yang tepat dapat meningkatkan awareness yang baik dan pastinya juga bisa meningkatkan penjualan tiket event mu.

Yuk, cari tahu lebih lanjut strategi sosial media terupdate untuk membantu kamu sebagai event creator memasarkan event mu!

Strategi Sosial Media Event Creators 2023

Tentukan Platform Sosial Media 

Strategi Sosial Media Event Creators - Platform Sosial Media

Ketika kamu ingin membuat event dengan tema tertentu, pastinya kamu akan tahu siapa target audience yang kamu tuju doang!

Dari tahap tersebut, kamu juga bisa lho, untuk menganalisa kira-kira target audience mu ini aktif di platform sosial media yang mana.

Masih bingung? Kamu bisa cek setiap sosial media tersebut dengan melihat jenis konten yang ada, atau kamu juga bisa lho melihat dari event competitor yang akan atau telah dibuat.

Buat Rencana Konten Yang Kreatif

Strategi Sosial Media Event Creators: Rencana Konten

Tahap selanjutnya, buat rencana konten yang kreatif dengan menjadwalkan postingan reguler yang mencakup berbagai jenis konten pilar yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Hal tersebut, termasuk dengan video teaser, cuplikan musik, informasi tentang artis atau band yang akan tampil, jika event yang kamu buat mengenai festival musik atau konser.

Buat Cerita Media Sosial (Stories)

Manfaatkan fitur cerita di platform Instagram atau TikTok untuk memberikan konten update real-time. Dan untuk di Instagram kamu bisa memanfaatkan fitur cerita ini untuk melakukan interaksi kepada audience mu.

Kenapa sih menggunakan fitur cerita di Media Sosial? Karena saat ini fitur ini merupakan fitur terpenting di sosial media, khususnya Instagram. Karena makin kesini user Instagram jarang sekali melihat post dari akun yang mereka ikuti. Namun kecenderungan yang mereka lakukan adalah melihat story (fitur cerita) di Instagram untuk melihat info update.

Membuat Campaign Sosial Media Yang Bisa Menarik Audience 

 Campaign Sosial Media

Contoh campaign sosial media yang pertama ini pasti sudah tidak asing untuk kamu, yaitu Giveaway. Kamu bisa membuat Giveaway tiket konser agar banyak audience yang mengunjungi sosial media mu dan tertarik dengan event yang sedang kamu buat.

Selanjutnya, kamu juga bisa aktif membuat campaign post tentang line up artis yang harus ada di event yang sedang kamu buat, ajak audience untuk berinteraksi dan memberikan saran di kolom komentar sosial mediamu. 

Jika, kamu bisa melihat peluang dari komen terbanyak yang menyebutkan artis A misalnya, tidak bisa dipungkiri jika, kamu bisa mendapatkan awareness yang cukup tinggi dan juga potential customer di event kamu.

Kolaborasi Dengan Artis Atau Band Yang Menjadi Guest Star

Strategi sosial media - Kolaborasi

Merencangan konten kolaborasi dengan artis atau band yang akan tampil di event mu bisa banget menjadi cara untuk meningkatkan awareness publik dan juga fanbase dari artis tersebut untuk memberikan informasi terkait event mu.

Melalui cara ini, kamu bisa mendapatkan atensi publik lebih cepat karena artis atau band tersebut pasti memiliki pengikutnya tersendiri. Sehingga akan membantu meningkatkan pengikut di sosial media dan peningkatan jumlah pembeli tiket di event mu.

Jika, artis dan band yang akan tampil di event mu tidak bisa membuat kolaborasi post. Kamu tetap bisa meminta mereka untuk menaikan informasi terkait event mu di story dengan tag ke akun resmi event mu.

Bekerja Sama Dengan Influencer Atau KOL

Strategi  tingkatkan penjualan Penjualan - Bekerjasama dengan influencer

Saat tiket mu akan dijual kamu bisa banget lho, mengajak influencer atau KOL yang relevan dengan event mu untuk membuat postingan terkait event.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan mereka dengan memberikan kode voucher diskon khusus yang diberikan ke influencer atau KOL. Hal tersebut berguna untuk promosi dari tiket event mu.

Manfaatkan Boost Ad 

Gunakan Boost Ad untuk meningkatkan awareness dari event dan sosial media mu. Saat menerapkan strategi ini jangan lupa untuk sesuaikan target ad dengan target audience yang relevan dengan event mu.

Jangan melakukan editing ad saat satu minggu ad baru berjalan agar tidak merusak kinerja dari ad-nya. Selain itu, jangan meningkatkan dan menurunkan budget ad dengan nominal yang 2 kali lipat lebih besar atau bahkan lebih.

Melalui penerapan strategi media sosial yang cerdas dan konsisten. Kamu dapat meningkatan brand awareness untuk event yang sedang kamu buat, selain itu penjualan tiket juga akan berimpact baik.

Pastikan untuk menjaga keterlibatan dengan audiens kamu dan mempertimbangkan umpan balik pengikut untuk terus meningkatkan pengalaman mereka.

Yuk, cari tahu cara meningkatkan penjualan tiket eventmu dengan beragam tips strategi yang Goers berikan. Berikan kemudahan sistem pembelian tiket pada pengunjung, yuk bikin event dan konsultasikan digitalisasi tiket tempat wisatamu sekarang!

Write A Comment