Tips meningkatkan penjualan tiket event? Pasti menjadi judul artikel yang menjadi bacaan event creator nih!

Lagi pula event creator mana yang nggak tertarik untuk meningkatkan penjualan tiketnya kan?!

Karena tujuan akhir dari mengelola sebuah acara yang memerlukan banyak persiapan, iitu tiket eventnya laku terjual dan memberikan event yang seru dan tak terlupakan untuk pengunjungnya. 

Artikel ini, akan memberikan tips dan panduan secara singkat mengenai cara meningkatkan penjualan tiket event di 2023

Tentukan Target Audience Event

Tips meningatkan penjualan tiket event- tentukan target audience

Sebelum membuat sebuah event pastinya kamu juga harus membuat konsep event yang kamu inginkan dong? Tentunya, saat menentukan konsep event seperti apa yang akan diusung kamu juga harus bisa menentukan siapa target audience yang akan kamu tuju untuk event yang sedang kamu buat ini.

Target audience ini merupakan kunci utama dari keberhasilan event dan  penjualan tiketmu lho! Jadi, yuk riset dengan cermat dan pintar untuk menemukan audience yang tepat!

Tentukan Harga Tiket Yang Sesuai

Tips tinglatkan penjualan event- tentukan harga tiket

Selain target audience, menentukan harga tiket juga hal yang sangat perlu di pertimbangan. Selain bisa menentukan keuntungan yang didapat penentuan harga tiket juga harus sesuai dengan target audience yang di tuju dan konsep acara yang di buat.

Hal tersebut penting karena harga yang terlalu mahal dengan target audience yang tidak sesuai akan menyebabkan orang enggan untuk membeli tiket event. Dan begitu pula sebaliknya, jika harga tiket terlalu murah, bisa-bisa rugi. 

Masih bingung gimana cara perhitungannya? Coba deh kamu mulai dengan menghitung jumlah pengeluaran event kamu dan berapa estimasi keuntungan yang kamu dapatkan dengan total tiket terjual. Selamat mencoba!

Up to date Terhadap Situasi Dan Kondisi Terkini

Tips tingkatkan penjualan tiket event- up to date terhadap situasi

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah up to date terhadap trend terkini dan pentingnya aware terhadap keadaan sekitar. 

Terkait kamu yang harus up to date terhadap trend terkini, sebenarnya ini bisa jadi point penting lho, saat menentukan guest star tambahan untuk event mu. Kamu bisa banget memanfaatkan orang-orang yang sedang jadi perbincangan publik terkait karya atau pencapaian yang mereka dapat akhir-akhir ini.

Sedangkan, kenapa kamu harus aware terhadap keadaan sekitar? Karena untuk menghindari event serupa atau sejenis yang diadakan di tempat dan waktu yang berdekatan. Hal ini penting dijadikan pertimbangan untuk menjaga target audience dan marketmu agar tidak terpecah ke event serupa di hari yang sama atau berdekatan.

Paham kondisi target audience-mu juga menjadikan kamu tahu waktu dan lokasi yang tepat untuk menyelenggarakan event atau membuka pemesan tiket event mu. 

Manfaatkan Semua Channel Digital Marketing 

Tips tingkatkan penjualan tiket event- channel digital marketing

Masih bingung harus mulai strategi marketing yang seperti apa yang pasti cocok dengan target penjualan tiket event mu? 

Tenang, kamu nggak akan tau hasil kalo belum di coba. Marketing sebenarnya tentang seberapa baik kamu saat testing dan analisa dari hasil campaign yang kamu jalankan.

Yuk, kulik tips digital marketing apa saja yang bisa kamu testing untuk meningkatkan penjualan tiket event mu!

1. Melakukan strategy pre-selling

Melakukan strategi penjualan tiket sebelum tiket event mu resmi dijual. Kamu bisa banget mencontoh strategi penjualan tiket film lho! Yup, kamu bisa membuat teaser klip atau sejenis trailer akan ada siapa aja di event kamu nanti dan akan seperti apa konsep acaranya. 

Strategi ini bisa kamu mulai dengan mengupload konten tersebut saat dua, tiga atau bahkan enam bulan sebelum tiket resmi dijual.

Dengan membagikan agenda atau jadwal acara kamu, maka audiens target akan tertarik dan menunggu-nunggu kapan tiket event kamu resmi di jual

2. Strategy rasa kelangkaan tiket

Membuat strategi rasa kelangkaan atau FOMO (Fear Of Missing Out) hal ini bisa banget kamu terapkan di copy writing atau sistem ticketing yang kamu set berkala kuotanya. Sehingga target audience dari event mu merasa harus segera membeli tiketnya.

Hal ini penting karena perasaan kehilangan oleh target audience terhadap sesuatu yang istimewa, mereka akan cenderung bertindak secara cepat. Begitu pula pola pembelian tiket, jika kamu menjualnya secara eksklusif dengan informasi tiket telah terjual, misal 80% dan stok tiket terbatas sebelum terlambat.

Jika dilakukan dengan benar, FOMO dapat mendorong audiens untuk membuat keputusan pembelian yang cepat.

3. Memberikan diskon pemasaran awal

Ingin tiket mu laku cepat di awal penjualan? Solusinya, berikan diskon menarik saat pemesanan tiket di awal penjualan.

Misalnya, 100 tiket pertama dijual dengan diskon 35%. 500 tiket berikutnya dijual dengan diskon 20%, dan seterusnya. Konsep ini, digunakan untuk memotivasi pembelian tiket awal. 

4. Iklan

Gunakan iklan berbayar untuk mencapai audiens yang lebih besar dan lebih spesifik. Targetkan iklanmu berdasarkan demografi, minat, dan lokasi yang sesuai dengan jenis event yang sedang kamu buat.

5. Menggunakan bantuan Influencer/KOL

Influencer juga membantu menjangkau orang lebih banyak dan mempromosikan event secara online dengan mudah. Rata-rata, campaign pemasaran influencer dapat menghasilkan penjualan minimal 1% audiens.

Jika satu influencer dengan 10.000 pengikut mempromosikan acara mu, maka sedikitnya ada 100 orang yang bisa menjangkau social media atau website penjualan tiketmu. Atau kamu juga bisa memanfaatkan kerjasama ini dengan memberikan kode voucher potongan diskon tertentu dengan orang yang membeli tiket event mu dengan kode influencer/KOL tertentu.

6. Kirim Email

Jika kamu pernah membuat event sebelumnya dan pengunjung event-mu memberikan alamat email saat pembelian tiket event kamu terdahulu. Kamu bisa memanfaatkan data tersebut untuk digunakan kembali sebagai target audience di event kamu kali ini.

Manfaatkan email untuk mengirimkan pengingat tentang acara, penawaran khusus, dan berita terbaru. Gunakan subjek yang menarik dan konten yang relevan untuk mendorong pembukaan email dan tindakan pembelian.

7. Lakuan strategy social media 

Tidak bisa dipungkiri, gerbang utama orang-orang tahu event mu dari social media event yang sedang kamu buat. Jadi cobalah fokus terhadap konten-konten social media mu selama 3-4 bulan sebelum penjualan tiket.

Kamu bisa menerapkan beberapa strategi sosial media berikut ini:

  • Giveway
  • Tag fanbase guest star
  • Gunakan 3 hashtag yang relevan
  • Buat polling guest star yang harus ada di event kamu 
  • Gunakan sound viral 
  • Manfaatkan SEO dengan text di video dan juga caption yang bisa membawa traffic ke sosmed mu

Ingat ya, strategi di setiap platform itu bisa jadi berbeda misal di TikTok, TikTok lebih suka dengan konten yang di edit langsung di TikTok atau setidaknya di CapCut. Dan masih banyak yang bisa dipelajari dengan tim sosmed mu lho!

Pilih Partner Ticketing Online Yang Tepat

Pilih Ticketing Management System yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Goers bisa membantu kamu penjualan tiketmu dan bisa memberikan beragam solusi untuk meningkatkan penjualan tiket dan keamanan eventmu.

Dengan strategi yang sesuai dan komitmen untuk mempromosikan event secara efektif, Kamu dapat meningkatkan penjualan tiket event dan menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi para pengunjung. Ingatlah bahwa setiap acara unik, jadi selalu pertimbangkan untuk menyesuaikan strategi mu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan event yang sedang kamu buat.

Write A Comment