Tips memilih ticketing online anti drama? Pasti jadi solusi buat event creators atau EO yang pernah atau belum bekerjasama dengan ticketing partner yang solutif.

Menggunakan suatu penyedia jasa ticketing merupakan keputusan yang penting bagi setiap penyelenggara acara. Event Organizer (EO) pasti relate sama hal ini. Karena ketika akan membuat event, mereka harus memutuskan vendor-vendor mana aja yang akan membantu melancarkan jalannya event. Mulai dari catering/tenant makanannya, petugas keamanan, sampai dengan platform ticketing-nya.

Salah satu hal penting dalam sebuah event terdapat pada sistem ticketing-nya. Apalagi kalau event yang berskala besar dan punya banyak bintang tamu populer, pasti banyak yang ingin nonton. Nah, supaya penontonnya nggak melebihi kapasitas, pihak EO biasanya akan pakai tiket sebagai ‘syarat’ bagi para pengunjung untuk bisa masuk.

Oleh karena itu, Event Organizer harus pintar-pintar membuat sistem pembelian tiket. Saat ini, pembelian tiket paling mudah dan efisien tentu aja dengan menggunakan sistem online. Di sinilah EO harus memilih platform ticketing online yang tepat untuk digunakan.

Dalam menggunakan platform ticketing online ini. EO pastinya harus memilih yang punya track record bagus, baik itu dari segi reputasi, pengalamannya, sampai nama besar yang menjanjikan. Tujuannya adalah agar nggak salah pilih dan nggak mengecewakan penonton.

Artikel kali ini akan membahas tentang, tips memilih ticketing online dan yang perlu di pertimbangkanYuk, simak!

Memilih Ticketing Online Harus Cermat Agar Tidak Kecewa

Berikut ini, tips memilih ticketing online partner:

1. Keandalan Platform

Pilihlah platform yang telah terbukti handal dan dapat diandalkan dalam menangani penjualan tiket secara online. Pastikan platform tersebut memiliki kemampuan teknis yang baik dalam mengatasi lonjakan traffic pembelian.

2. Kemudahan Penggunaan

Pilihlah platform ticketing online yang mudah digunakan, baik untuk kamu sebagai event organizer maupun untuk calon pembeli tiket.

3. Fitur Penyesuaian:

Pastikan platform tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara kamu. Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa membaca di page pembuatan eventnya seperti di Goers Event Creators

4. Pilihan Pembayaran

Pastikan platform ticketing online menyediakan berbagai opsi pembayaran yang nyaman bagi pembeli tiket. Opsi pembayaran yang beragam seperti kartu kredit/debit, transfer bank, atau dompet digital. Semakin banyak pilihan pembayaran yang disediakan, semakin besar kemungkinan pembeli tertarik untuk membeli tiket.

5. Biaya dan Komisi

Perhatikan biaya dan komisi yang dikenakan oleh platform ticketing online. Pastikan untuk memahami struktur biaya secara keseluruhan, termasuk biaya pemrosesan pembayaran, biaya layanan, dan komisi penjualan tiket.

6. Dukungan Pelanggan

Pilihlah platform yang menyediakan dukungan pelanggan yang responsif dan membantu. Ini sangat penting jika kamu dan costomer eventmu mengalami masalah atau membutuhkan bantuan selama proses penjualan tiket.

7. Fitur Analitik

Pilihlah platform yang menyediakan fitur analitik yang baik dan mudah dipahami untuk melacak kinerja penjualan tiket eventmu. Informasi seperti jumlah tiket terjual, sumber traffic, dan demografi pembeli dapat membantu kamu mengoptimalkan strategi pemasaran.

8. Ulasan dan Reputasi

Telusuri ulasan dari pengguna sebelumnya dan reputasi platform tersebut di komunitas event organizer. Hal Ini dapat memberikan kamu wawasan yang berharga tentang pengalaman pengguna lain dan kualitas layanan platform tersebut.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, kamu dapat memilih platform ticketing online yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu sebagai event organizer.

Namun, sebelum memilih ada faktor lain yang tak kalah penting yang wajib di pertimbangkan. Faktor tersebut, yaitu experience dari sebuah platform ticketing online.

Kenapa Harus Ticketing Online dengan Banyak Experience?

Berikut ini, alasan kenapa harus memilih ticketing online yang sudah memiliki nama dan memiliki berbagai experience:

1. Keandalan dan Kredibilitas

Memilih platform ticketing online yang punya banyak pengalaman dalam menangani ticketing event, sudah pasti terjamin keandalannya. Kredibilitas mereka pun juga pasti tinggi. Ini karena mereka sudah lama berkecimpung di bidang tersebut.

Selain itu, pengalaman yang dimiliki tersebut juga bisa jadi bukti kuat, kalau mereka memang sudah jago dalam pasarnya, yaitu urus-mengurus pertiketan event. Jadi, dengan milih platform ticketing online yang berpengalaman, EO nggak perlu lagi khawatir soal tiket, karena sudah ditangani langsung sama ahlinya!

Kemudian, dengan reputasi baik dan kuat yang dimiliki platform ticketing online, juga jadi jaminan bahwa layanan yang akan diberikan sudah teruji dan terbukti punya kualitas yang baik.

2. Jaminan Kualitas Layanan

Lalu, dalam hal jaminan kualitas layanan, platform ticketing online yang sudah berpengalaman lebih mungkin untuk mengembangkan standar kualitas yang tinggi dan lebih baik lagi dalam pelayanan mereka. Dengan begitu, EO yang menggunakan platform ini untuk jual tiket online pun akan merasa sangat terbantu dan mendapat nilai yang mengesankan dari pembeli tiket.

Nggak hanya itu, platform ticketing online yang berpengalaman dan bereputasi baik tandanya mereka konsisten dengan layanan yang diberikan, sehingga EO yang mau menggunakan platform ini untuk menjual tiket event merasa yakin bahwa mereka akan mendapatkan layanan yang sama berkualitasnya.

3. Kemampuan Adaptasi dan Inovasi

Platform ticketing online yang berpengalaman, tandanya mereka sudah melewati perkembangan-perkembangan zaman yang ada. Jika platform tersebut masih eksis sampai sekarang dan reputasinya masih bagus, artinya mereka bisa beradaptasi terhadap perubahan serta perkembangan pasar dan teknologi.

Ketika Event Organizer memilih platform ticketing, pasti ingin yang adaptif dan mengikuti perkembangan zaman dan mampu untuk menjawab dari kebutuhan eventnya.

Kemudian, platform ticketing online yang sudah berpengalaman juga cenderung jadi pusatnya inovasi. Di mana mereka akan membuat layanan yang terus berkembang. Lagi-lagi, hal ini bisa jadi keuntungan para EO karena akan menemukan cara yang efisien dalam menjual tiket event. 

4. Dukungan dan Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Kalau dari segi dukungan dan layanan pelanggan, platform ticketing online yang mapan dan berpengalaman sudah pasti dilengkapi dengan adanya tim dukungan pelanggan atau customer service yang terlatih dan responsif. Dengan ini, jika ada kendala atau pertanyaan tentang sistem yang akan digunakan, para EO akan mendapatkan bantuan yang responsif dan efisien. 

Dukungan dan customer service yang terlatih dan profesional juga bisa membantu para pembeli tiket yang punya pertanyaan atau kendala saat membeli tiketnya. Dalam hal ini, EO bisa bekerja sama dengan tim customer service untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan solutif dan menyelesaikan kendala dengan respon terbaik. Hal tersebut tentu aja bisa meningkatkan kepuasan dan kepercayaan dari konsumen yang menguntungkan EO itu sendiri. Karena konsumen merasa bahwa EO bisa membantu menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan dengan baik.

Nah, jadi, memilih platform ticketing online yang berpengalaman, punya reputasi yang baik, dan brand yang jelas, merupakan keputusan yang sangat bijak bagi Event Organizer. Karena, dari segi keandalan dan kualitas layanannya sudah pasti terjamin. Kemudian, punya kemampuan dalam beradaptasi dan inovasi, serta ada dukungan pelanggan yang baik. 

Dengan ini, platform tersebut bisa memastikan kalau para EO yang menggunakan layanan mereka untuk menjual tiket akan mendapatkan pengalaman yang memuaskan dan juga hasil yang optimal! Makanya, para EO harus riset dulu ya, sebelum pilih platform ticketing online, biar nggak rugi!

Masih bingung, mau memilih partner ticketing online yang mana? Yuk, coba gunakan GOERS, si sahabat event creators yang merupakan platform ticketing online dengan berbagai fitur yang membantu pengelolaan eventmu makin cepat! 

Mau buat event? Di GOERS aja! Lagi ada diskon komisi lho yuk cek infonya artikel GOERS Bagi THR Event Creators!

Write A Comment