Rekomendasi wisata kuliner Solo, yang lagi ngehits dan viral di medsos. Jangan lupa catat, biar kamu nggak FOMO!

Kota Solo belakangan ini lagi jadi destinasi liburan favorit para wisatawan. Soalnya, kota ini terkenal akan wisata budaya dan wisata sejarahnya yang menarik. Tapi, ternyata nggak cuma kedua wisata tersebut aja yang seru dan patut dicoba. Nyatanya, wisata kuliner di Kota Budaya ini juga enak-enak, lho!

Biar nggak penasaran, berikut ini ada rekomendasi wisata kuliner Solo yang wajib kamu coba kalau lagi liburan ke sana. Yuk, simak!

Rekomendasi Wisata Kuliner Solo

Pasar Gede

Rekomendasi Wisata Kuliner Solo -Pasar Gede

Destinasi utama saat liburan ke Solo udah pasti ke Pasar Gede. Selain kental dengan sejarah, pasar yang satu ini juga menjadi pusat wisata kuliner baik untuk para wisatawan maupun warga lokal. Di sini, kamu bisa temukan banyak makanan tradisional dan juga makanan kekinian.

Kamu bisa coba berbagai macam jajanan pasar seperti es dawet, nasi liwet, cabuk rambak, kue pukis, jenang, dan masih banyak lagi. Beberapa kios makanan yang terkenal di Pasar Gede adalah Dimsum Uma Yum Cha dan Dawet Bu Dermi.

Lokasi: Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta

Jam Operasional: 24 jam

Mungkin kamu tertarik: Informasi Lengkap dan Menarik Seputar Solo Safari

Alun-Alun Kidul (Alkid)/ Alun-Alun Selatan

Kuliner Alun-Alun Kidul (Alkid)/ Alun-Alun Selatan Solo

Selain Pasar Gede, kamu juga bisa wisata kulineran di Alun-Alun Kidul Surakarta atau Alkid. Di sini, kamu bisa jalan-jalan santai, naik andong mengelilingi kompleks keraton, memberi makan kerbau bule, sampai icip jajanan-jajanan enak.

Soalnya di Alkid ini banyak penjual makanan kaki lima atau gerobakan yang harganya murah-murah. Kamu bisa nemuin berbagai makanan tradisional khas solo seperti sup matahari, cabuk rambak, wedang ronde, dan lain-lain.

Lokasi: Alun Alun Kidul, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-22.00 WIB

Restoran Kusuma Sari

Alamat Restoran Kusuma Sari Solo

Rekomendasi wisata kuliner Solo selanjutnya adalah restoran legendaris di kota ini. Namanya adalah Restoran Kusuma Sari. Restoran ini terbilang legendaris karena udah beroperasi sejak tahun 1970 dan masih bertahan sampai sekarang.

Awalnya sih restoran ini cuma usaha katering yang bisa dinikmati saat ada acara atau resepsi pernikahan warga aja. Namun, pada tahun 1989 akhirnya diubah menjadi restoran dan sampai saat ini masih tetap ramai pengunjung.

Di sini menawarkan makanan yang enak dan murah, salah satunya Bestik Daging yang cuma Rp 26.000 aja. Kamu juga bisa cobain snack seperti sosis solo dan risoles smoked beef. Nggak cuma itu, di restoran ini juga ada es krim homemade bernama Charmo!

Lokasi: Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 111, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-22.00 WIB

Restoran Pecel Solo

Restoran Pecel  Terenak di Solo

Cari restoran dengan makanan khas Solo yang otentik? Datang ke Restoran Pecel Solo, aja! Restoran dengan nuansa Jawa yang kental pada interiornya ini udah jadi langganan para artis, lho!

Di sini tersedia makanan nusantara dan juga makanan tradisional khas Solo yang bisa kamu pilih. Adapun menu spesial Restoran Pecel Solo adalah Pecel Ndeso yang menggunakan nasi merah. Untuk makanan berat lainnya juga ada gado-gado dan nasi ayam miri.

Mau makanan ringan khas Solo juga ada, seperti cabuk rambak, lenjongan, dan juga es kapal khas Solo. Walaupun udah jadi langganan para artis, harga menu makanan di sini masih termasuk affordable, lho!

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Supomo No. 55, Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB

Selat Solo Tenda Biru

Selat Solo Tenda Biru

Wisata kulineran di Solo, wajib banget cobain makanan populernya, yaitu Selat Solo! Punya nama unik, makanan yang satu ini merupakan perpaduan masakan berkuah ala Belanda dengan citarasa lokal. 

Isi dari masakan ini adalah daging yang diiris tipis, rebusan sayuran seperti buncis, kentang, dan wortel, serta tambahan telur rebus. Salah satu tempat makan selat solo yang terkenal enak adalah Selat Solo Tenda Biru yang ada di Jalan Dr. Wahidin.

Kamu bisa mencicipi berbagai macam jenis selat, seperti selat daging, selat iga, dan selat galantin di sini. Selain itu, ada juga sup matahari, sup manten, serta  nasi ayam dan gudeg. Untuk harga selatnya sendiri dibanderol mulai dari Rp 17.000-an aja!

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin No. 26, Purwosari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-21.00 WIB

Nasi Liwet & Cabuk Rambak Lestari

Nasi Liwet & Cabuk Rambak Lestari

Rekomendasi wisata kuliner Solo yang wajib dicoba adalah cabuk rambak. Cabuk rambak merupakan makanan khas Solo berupa potongan ketupat yang disiram dengan saus wijen. Makanan ini disajikan dengan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau, yang disebut rambak.

Tempat yang direkomendasikan untuk mencoba menu makanan ini adalah di Nasi Liwet & Cabuk Rambak Lestari. Biasanya cabuk rambak memang dijual bersama dengan nasi liwet. Di tempat makan yang satu ini, kamu akan mendapatkan cabuk rambak berisi gendar dengan ketupat yang lumayan besar. Nggak cuma itu, di sini kamu juga bisa cobain ketan juruh yang punya cita rasa manis-gurih!

Lokasi: Jl. K.H. Samanhudi No. 75, Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 17.00-22.00 WIB

Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu Surakarta

Kulineran di Solo, nggak lengkap kalau nggak cobain nasi liwet. Nasi liwet Solo tentunya berbeda dengan nasi liwet Sunda. Di nasi liwet Solo ada tambahan santan pada nasinya dan dilengkapi dengan sayur labu siam, suwiran opor ayam, dan juga areh santan.

Nah, salah satu tempat makan nasi liwet yang recommended di Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Tempat makan ini udah ada sejak tahun 1950-an, dan telah jadi langganan para wisatawan.

Di sini kamu bisa pilih dua macam menu, yaitu Nasi Liwet Biasa dan Nasi Liwet Komplit. Walaupun udah jadi tempat makan nasi liwet legendaris, tapi harga nasi liwet di sini masih murah banget, yaitu mulai dari Rp 19.000-an untuk satu porsi.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 16.00-01.00 WIB

Warung Sate Kambing Mbok Galak

Warung Sate Kambing Mbok Galak Kota Solo

Kamu tau nggak sih? Kota Solo juga dikenal akan sate kambingnya yang enak-enak, lho! Salah satu warung sate yang wajib kamu coba kalau lagi ke sini adalah Sate Mbok Galak.

Warung sate ini termasuk yang legendaris di kota ini dan jadi favoritnya para presiden Republik Indonesia, lho! Di sini kamu bisa pilih tiga varian sate, yaitu sate daging, sate buntel, dan juga sate campur buntel. Ukuran daging di sini besar-besar dan empuk, dijamin bikin kamu mau balik lagi!

Lokasi: Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 112, Sumber Banjarsari, Banyuanyar, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Gudeg Koyor Mercon Sumringah

Oleh-oleh Khas Solo - Gudeg Koyor Mercon Sumringah

Nggak cuma Jogja aja yang punya gudeg, ternyata di Solo juga ada, lho! Gudeg Koyor Mercon Sumringah jadi salah satu rekomendasi wisata kuliner gudeg populer di Kota Budaya ini. Kalau biasanya gudeg punya cita rasa yang manis, beda dengan gudeg yang dijual di sini.

Di sini, kamu bisa icip gudeg yang rasanya pedas dan bisa bikin banjir keringat! Jadi, satu porsi gudeg di sini isinya adalah gudeg nangka muda, semur tahu, krecek, suwiran ayam, telur, dan juga koyor mercon yang pedas. Tertarik untuk coba nggak, nih?

Lokasi: J. Siwalan No. 50, Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00-21.00 WIB

Soto Gading 1

Soto Gading 1

Warga Solo biasa sarapan dengan soto. Nah, kalau kamu mau ikutan warga Solo, kamu bisa coba sarapan di Soto Gading 1, nih. Pencinta kuliner pasti udah nggak asing sama tempat makan ini, karena Soto Gading 1 merupakan soto favorit sekaligus langganannya Pak Jokowi!

Soto ini berisi mie soun, irisan kentang yang digoreng, dan suwiran daging ayam. Kemudian disiram dengan kuah bening yang kaya akan rempah. Biar sotonya makin enak pas disantap, kamu juga bisa tambah lauk-pauk yang dihidangkan di meja, seperti tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Brigjen Sudiarto No. 75, Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00-15.00 WIB

Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel

Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel- Kuliner legendaris solo

Selanjutnya ada Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel, yang jadi tempat makan favoritnya para pesohor negeri, seperti Pak Jokowi. Sudah ada sejak tahun 1950-an, tempat makan ini punya menu yang sederhana, yaitu ayam kampung goreng dengan dua varian, satuan dan utuh.

Walaupun udah buka sejak lama, Ayam Kampung Goreng Mbah Karto tetap jadi favorit wisatawan karena ayamnya yang empuk dan punya citarasa gurih-asin. Bumbu ayamnya ini bahkan meresap sampai ke tulang. Duh, kebayang banget enaknya, kan?

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Raya Suprapto No. 8, Gabusan, Jombor, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-19.00 WIB

Sumber Bestik Pak Darmo

Bestik Rekoemndasi nex carlos dan pak jokowi di solo -Sumber Bestik Pak Darmo

Ini dia nih, rekomendasi wisata kuliner Solo yang lagi ngehits dan viral di medsos, yaitu Sumber Bestik Pak Darmo!

Ternyata tempat makan favorit keluarga Pak Jokowi ini beneran enak lho! Terbukti saat Nex Carlos dateng untuk review makanan, Sumber Bestik Pak Darmo ini dikasih predikat nggak ada obat.

Sebenernya, makanan bestik atau bistik ini mirip sama Selat Solo, yang berupa daging dan rebusan sayur, dengan kuah kecoklatan. Bedanya, bestik ini merupakan makanan pendamping dan bukan makanan utama kayak Selat.

Di Sumber Bestik Pak Darmo, kamu bisa coba macam-macam bestik, seperti bestik lidah dan daging sapi, bestik ayam dan brutu (pantat ayam). Selain itu, ada juga bakmi, capcay, fuyunghai, dan masih banyak lagi.

Lokasi: 

  • Jl. Dr. Rajiman No. 209, Jayengan, Kecamatan Serengan
  • Jl. Honggowongso No. 94, Panularan, Kecamatan Laweyan
  • Jl. Makam Haji No. 413, Dusun I, Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 17.30-23.00 WIB

Teh Tarik 88

Teh Tarik 88- solo

Lagi cari tempat makan hits di Solo? Bisa nih ke Teh Tarik 88 yang lagi rame dibahas di TikTok! Sesuai dengan nama tempatnya, menu andalan di sini tentu aja adalah teh tariknya. Teh tarik di sini punya rasa yang otentik dan enak banget.

Minum teh tariknya bisa ditemani dengan menu makanan yang ada di sini, seperti roti srikaya, roti bakar, kaya bun, kaya toast, dimsum, atau kuotie. Buat kamu yang nggak suka teh tarik, bisa pesan minuman lain kayak kopi susu, kopi butter, dan milo!

Lokasi: Jl. Dr. Radjiman 152, Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. (Depan Liberty Avenue)

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 17.00-01.00 WIB

Istana Surya Pudding Solo

Istana Surya Pudding Solo

Buat kamu yang sweet tooth, rekomendasi wisata kuliner Solo selanjutnya ini bakalan cocok banget di kamu, yaitu Istana Surya Pudding. Sesuai sama namanya, di tempat ini kamu bisa pilih berbagai macam jenis pudding dengan bentuk yang unik-unik. 

Nggak cuma itu aja, pudding di sini juga tersedia dalam banyak rasa, lho! Salah satu menu recommended di sini adalah pudding kelapa muda. Kalau udah jajan di sini, pasti nggak cukup satu, deh!

Lokasi: Jl. Kenanga No. 37, Badran, Purwosari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-21.00 WIB

Es Krim Tentrem

Es Krim Tentrem

Pencinta es krim merapat! Kamu udah pernah cobain es krim legendaris Kota Solo yang satu ini belum? Namanya adalah Es Krim Tentrem. Kedai es krim ini udah beroperasi dari tahun 1952, dan masih tetap populer sampai sekarang. Keren banget, kan?

Es krim di sini merupakan buatan rumahan atau homemade dengan bahan alami. Menu es krim di sini juga unik-unik dan menarik, seperti Es Krim Tumpeng Sari, Banana Split, Es Dewa Mabuk, Es Pelangi, Happy Day, Zebrarta, dan lain-lain. Adapun menu best seller di sini adalah es krim Tutti Frutti!

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No. 132, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 11.00-21.00 WIB

Nah, itu dia 15 rekomendasi wisata kuliner Solo yang wajib kamu coba saat liburan ke sana! Ada rekomendasi makanan gurih, manis, sampai kuliner khas Solo. Jadi, kamu mau wisata kulineran di mana, nih?

Temukan pembahasan mengenai destinasi wisata Solo dan rekomendasi kuliner Solo lezat serta menarik lainnya hanya di artikel GOERS .

Atau kamu ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata favorit dan event seru lainnya? Pesan tiketnya dan dapatkan penawaran menarik lainnya di GOERS!

Write A Comment