Medan yang merupakan metropolis terbesar di Sumatera serta melting pot berbagai etnis juga dikenal sebagai salah satu destinasi kuliner yang paling banyak mendapatkan rekomendasi di Indonesia. Kehadiran suku Batak, Melayu, Tionghoa, serta etnis-etnis pendatang lainnya turut memberikan warna yang cerah dan beragam serta terus menambahkan daftar rekomendasi bagi dunia kuliner Medan. 

Secara garis besar, kuliner khas Medan terbagi menjadi beberapa hidangan menurut asal usulnya, seperti saksang dan ikan arsik khas Batak, bihun bebek atau kwetiau Medan khas Tionghoa, atau roti jala khas Melayu. Nah, dalam berwisata kuliner kita juga harus pintar-pintar memilih tempat agar tidak menyesal kemudian harinya. Ini dia, rekomendasi 5 tempat kulineran di Medan versi GOERS! 

Bihun Bebek Kumango

(Source: Albertna)

Bihun bebek adalah salah satu menu khas Chinese Medan yang berupa mie putih dengan topping daging bebek tentunya serta kuah herbal. Bihun Bebek Kumango ini terkenal karena topping daging bebek nya yang sangat melimpah sehingga seporsi bihun bebek cukup untuk dua orang. Ditambah lagi garnish seperti sawi rebus, bawang goreng, daun bawang, dan kuah herbal refillable. Pasti dijamin gurih dan nikmat!

Harga per porsi bihun bebek ini berkisar Rp 60.000. Harap dicatat ya Geng Goers, Bihun Bebek Kumango tutup pada hari Minggu dan suka habis sebelum jam makan siang, so sebaiknya datang pagi-pagi!

Restoran Garuda

(Source: Travel X Trans)

Jika masakan Padang di Jakarta identik dengan brand “Sederhana,” di Medan justru Restoran Garuda lah yang cabangnya menjamur dimana-mana! Restoran Garuda tak hanya menyajikan menu standar khas Minangkabau seperti rendang atau ayam pop, namun juga khas Melayu seperti gulai kambing, gulai ikan, sambal kerang, sambal cumi-cumi, sambal udang. Cara penyajiannya? Memang seperti kebanyakan restoran Padang, namun dengan citarasa yang sedikit berbeda.

Restoran Tip Top

(Source: Go Travelly)

Restoran ini adalah salah satu saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia karena didirikan sejak tahun 1934. Restoran yang juga memiliki bakery di toko yang sama ini memiliki desain interior khas zaman kolonial Belanda dengan dominan warna coklat dan cream. Adapun menu andalan restoran yang terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani ini berupa steak, salad, aneka Chinese food seperti bakmi, fuyunghai, capcay, serta es krim dengan resep original Belanda.

Rumah Makan Tabona

(Source: KSM Tour)

Rumah makan ini wajib disinggahi jika kamu penasaran seperti apa kuliner asli khas Kota Medan itu. Berdiri sejak tahun 1982, Resto Tabona yang berada di Jalan Mangkubumi ini menyajikan kari ayam dan kari sapi sebagai menu andalannya. Kemudian, karinya sendiri ada pilihan mau disajikan dengan bihun atau nasi.

Kuah karinya begitu gurih namun seimbang, tidak terlalu kental atau encer. Lalu, daging ayam kampungnya juga empuk, begitu juga dengan daging sapinya yang sama-sama empuk namun tidak amis. Harganya, cukup Rp 48.000 per porsi.

Bolu Meranti

(Source: Pesona Nusantara)

Terakhir yang masuk ke daftar rekomendasi 5 tempat kulineran di Medan versi GOERS adalah toko kue yang wajib dijadikan oleh-oleh khas Medan. Bolu Meranti yang memiliki banyak varian rasa, bertekstur lembut dan creamy ini didominasi oleh bahan-bahan mentega dan margarin berkualitas. Dengan begitu, Bolu Meranti dapat bertahan di suhu ruangan selama 3 hari dan lebih di dalam kulkas.

Sementara itu, diantara varian-varian bolu yang paling recommended adalah bolu coklat keju, bolu kacang keju, serta bolu double cheese. Bolu Meranti juga hanya tersedia di outlet resmi nya yang berada di Jalan Kruing, Jalan Sisingamangaraja dan Komplek OCBC.

Itulah kelima tempat kulineran rekomendasi GOERS. Sebetulnya, masih ada lebih banyak lagi pilihan tempat kulinernya, namun kelima tempat tadi sudah cukup mewakili must try list-nya kok! Buat kamu yang domisili Medan atau sedang traveling disana, yuk jangan lupa kunjungi salah satu tempat makan diatas tadi agar pengalaman wisata kuliner di Medan mu semakin lengkap!

Temukan experience baru dengan penawaran harga tiket wisata terbaik dan rekomendasi tempat menarik lainnya di Instagram @goersapp dan aplikasi GOERS.  Jangan lupa di follow IG GOERS dan segera download app-nya ya!

Ingin event dan tempat wisata mu muncul di blog, social media dan aplikasi GOERS?

Serta mendapat jangkauan luas karena diakses banyak orang dengan sistem tiket online tervalidasi yang dihadirkan oleh GOERS?

Menarik Bukan? Dapatkan semua itu dan penawaran menarik lainnya di sini.

Write A Comment