Keindahan Indonesia

Indonesia adalah negara dengan pesona alam yang luar biasa indah, mulai dari keanekaragaman budaya, flora dan faunanya – dari dalam laut hingga atas gunung. Setiap daerah di Indonesia memiliki keistimewaan tersendiri. Tidak jarang, beberapa daerah di Indonesia memiliki julukan, seperti Bandung – Kota Kembang, sebutan itu bukan tiba-tiba ada, melainkan karena di sana terdapat beraneka ragam bunga yang tumbuh subur.

Ada juga Banyuwangi – The Sunrise of Java. Sebagai kota yang terletak paling ujung Timur di Pulau Jawa, Kota ini menjadi spot terbaik untuk melihat matahari terbit. Sebaliknya, Kaimana – Kota Senja, di Kota yang terletak di Papua Barat ini, kamu bisa melihat keindahan sunset yang begitu luar biasa. Eits, masih banyak loh julukan unik lainnya untuk kota-kota di Indonesia. Tapi Goers akan bahas hal lain yang lebih menarik loh.

Destinasi Wisata Indonesia

Sesuai dengan judul artikel, Goers akan menyajikan keindahan destinasi wisata di Indonesia melalui rangkaian kata. Walaupun sebenarnya, admin bingung. Cukup sulit mendeskripsikan keindahan Indonesia lewat kata-kata. Saking indahnya, sambil nulis ini terasa seneng banget bisa ngebayangin keindahannya. Gapapa ya kalau sekarang baru bisa menghayal, siapa tau nanti bisa keliling Indonesia untuk menikmati keindahannya secara langsung.

Ngomongin tentang destinasi wisata di Indonesia, pasti ada banyak banget nama tempat keren yang terlintas di pikiran. Tentu! Secara, di antara ribuan pulau yang dipisahkan oleh laut serta pegunungan yang menjulang, terdapat tempat-tempat eksotis yang bahkan, tidak hanya kita sebagai orang Indonesia yang terpesona dengan keindahannya, tetapi juga banyak mencuri perhatian para turis mancanegara.

Bali adalah salah satu Kota di Indonesia yang sangat terkenal, sampai-sampai punya identitas sendiri nih karena banyak yang mengira bahwa Bali adalah sebuah negara. Sedih dong kalau begitu, padahal tidak sedikit tempat di Indonesia yang memiliki potensi wisata seperti Bali jika bisa ditampilkan dan dipromosikan dengan bak. Jadi, gimana ya caranya membuat tempat atau Kota lainnya di Indonesia menjadi the next Bali?

Program 10 Bali baru

Untuk mempromosikan destinasi pariwisata sekaligus meningkatkan kunjungan wisata di Indonesia, pemerintah menggalakan program 10 Bali baru. Program ini diketahui sudah ada sejak tahun 2016 bersamaan dengan program Wonderful Indonesia yang mana tujuannya sesuai dengan makna kiasan yang dipakai, yaitu agar pengembangan 10 destinasi pariwisata yang potensial ini nantinya bisa seperti Bali. Jadi, kawasan mana aja sih yang termasuk dalam 10 Bali baru?

  1. Danau Toba, Sumatera Utara.
  2. Tanjung Kelayang, Bangka Belitung.
  3. Tanjung Lesung, Banten.
  4. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
  5. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
  6. Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.
  7. Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
  8. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.
  9. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
  10. Morotai, Maluku Utara. 

Pada tahun 2019, Presiden Jokowi menyatakan ada 6 kendala utama dalam pengembangan kawasan 10 Bali baru, yaitu pengaturan dan pengendalian tata ruang, akses konektivitas menuju kawasan wisata, fasilitas yang tersedia di lokasi wisata, sumber daya manusia yang harus ditingkatkan, penyesuaian produk yang ada di lokasi setempat dan promosi besar-besaran.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, menurut Jokowi, promosi destinasi wisata harus dilakukan secara besar-besaran. Dengan begitu semua pihak mendapatkan manfaat serta memberikan efek yang besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Nah, selanjutnya menarik nih untuk bahas tentang promosi pariwisata. Yuk, lanjutkan~

Promosi pariwisata secara digital

Bicara tentang promosi di era saat ini, tentunya tidak terlepas dari penggunaan teknologi digital. Dari berbagai sumber disebutkan bahwa pada tahun 2021, pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa, atau sebesar 73,7% dari total populasi di mana 170 juta diantaranya aktif menggunakan media sosial.

Dari data tersebut, para pegiat wisata, pelaku usaha dan orang-orang yang ada dalam dunia pariwisata harus mengambil kesempatan untuk melakukan promosi secara digital. Dengan memanfaatkan website dan berbagai platform media sosial yang ada, sektor pariwisata akan sangat terangkat. Hal tersebut dapat memperluas jangkauan tentang tempat yang dipromosikan dan sangat memungkinkan meningkatkan pendapatan.

Seperti yang dilakukan oleh para pemenang di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2020 kategori promosi pariwisata digital, yaitu Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Klungkung dan Provinsi Maluku. Masing-masing daerah memanfaatkan perkembangan teknologi dengan sangat positif, mempromosikan wisata di daerahnya melalui website, facebook dan instagram yang mereka miliki.

Digitalisasi Pariwisata

Untuk siapapun kamu yang ingin mempromosikan destinasi pariwisata secara digital, selain informasi yang jelas dan lengkap tentang tempat, jangan lupa untuk memberikan akses konektivitas dan fasilitas seperti yang disebut menjadi kendala sebelumnya. Dengan memperbaiki dua hal tersebut, setiap orang yang ingin berkunjung akan merasakan kenyamanan dan kemudahan sehingga menciptakan kesan dan pengalaman yang baik.

Pastinya hal tersebut harus dilakukan dengan menjalin kerjasama, baik dengan pemerintah setempat maupun pihak swasta untuk terus mengembangkan destinasi pariwisata yang layak untuk dikunjungi. Sebagai startup dari Indonesia di bidang teknologi, Goers memberikan solusi digital manajemen kunjungan untuk membantu tempat wisata siap untuk digitalisasi yang membantu membangkitkan sektor pariwisata di Indonesia.

Kunjungi website kami di Goers Experience Manager untuk tau lebih lanjut atau hubungi layanan konsumen kami di sini untuk konsultasi tentang masalah tempat wisata yang kamu miliki.

#BangkitBersamaGoers #MulaiBersamaGEM

Write A Comment