Kejenuhan dalam bekerja adalah hal wajar yang dialami oleh karyawan. Banyaknya deadlineproject, dan meeting yang dihadapi karyawan setiap harinya bisa menjadi pemicu stress yang dapat mengganggu kesehatan fisik maupun psikis karyawan. Hal ini juga menjadi penting untuk diantisipasi oleh perusahaan, agar tidak terjadi penurunan produktivitas dan performa kerja karyawan. Mengadakan outing kantor dapat menjadi cara untuk mencegah kebosanan karyawan. Yuk kita liat keseruan Outing Goers yang diadakan pada bulan Oktober!

Apa itu Outing Kantor?

Outing kantor merupakan sebuah kegiatan kebersamaan antar karyawan yang dilakukan di luar kantor untuk tujuan hiburan dan rekreasi. Kegiatan outing kantor memang sengaja dilakukan beberapa perusahaan. Salah satu alasannya adalah untuk mempererat kerja sama para karyawannya ataupun sebagai wadah work-life-balance. Biasanya, outing diisi dengan acara bebas atau permainan ringan yang tidak terlalu berat secara fisik, pikiran, dan emosional, misalnya seperti piknik, karaoke, barbeque, dan bisa pula menginap di hotel atau villa selama beberapa hari.

Outing GOERS 2022

GOERS Rangers
GOERS Rangers

GOERS sebagai startup yang tengah megembangkan bisnisnya juga memiliki agenda outing kantor yang rutin dilakukan tiap tahun. Pada tanggal 11 hingga 14 Oktober 2022, GOERS mengadakan outing yang bertujuan untuk menyatukan sinergitas antar GOERS Rangers, sebutan untuk karyawan GOERS, serta menyegarkan kembali pikiran setelah berbulan-bulan GOERS Rangers bekerja untuk mengejar misi besar GOERS. Outing kali ini dilakukan dengan beberapa rangkaian acara dan berlokasi di beberapa tempat. Yuk, liat rangkaian kegiatan Outing GOERS dari hari pertama hingga hari terakhirnya!

Hari Pertama: Keberangkatan Menuju Villa Matamori

Di hari pertama, GOERS Rangers berangkat menuju tempat outing dari daerah asal masing-masing, seperti dari Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Bandung. Restoran Dusun Bambu yang bertempat di Lembang, Kota Bandung menjadi titik berkumpul tim sebelum menuju tujuan utama. Para tim sampai di Dusun Bambu kurang lebih pada pukul 11.00 WIB dan langsung melakukan makan siang.

Lunch
Lunch

Setelah makan siang, tim melanjutkan perjalanan hingga akhirnya sampai di penginapan sekitar pada pukul 16.00 WIB. Penginapan yang digunakan oleh para tim bernama Villa Matamori yang berlokasi di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Villa ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan suhu udaranya sekitar 15 derajat celcius yang mana cukup membuat para tim mendapatkan kesegaran, terutama tim yang berasal dari dataran rendah, Jakarta. Dari villa ini juga para tim dapat melihat pemandangan Gunung Tangkuban Perahu.

Meeting preparation day
Meeting preparation day

Rangkaian acara pada hari pertama lebih didominasi oleh keberangkatan dan mini games yang dilakukan pada malam hari. Para tim juga melakukan persiapan dengan departemennya masing-masing dikarenakan keesokan harinya akan dilakukan pembahasan rencana goals dari Q4 di tahun 2022.

Hari Kedua: Serangkaian Diskusi Demi Tujuan yang Besar

Pada hari kedua outing GOERS, para tim mengawali hari dengan senam bersama yang dipandu oleh salah satu GOERS Rangers demi menjaga kebugaran jasmani dan tentu untuk membangkitkan semangat menjalani hari. Di hari kedua ini juga para tim lebih banyak fokus pada diskusi terkait report serta evaluasi untuk Q3 2022 dan rencana goals untuk Q4 2022. Walaupun terkesan seperti hari kerja pada biasanya, yang dirasa tentu sangat berbeda karena suasana dan lingkungan yang segar menciptakan waktu diskusi terasa lebih menyenangkan.

The CEO of GOERS opened the meeting
The CEO of GOERS opened the meeting

Diskusi yang GOERS Rangers lakukan sangatlah penting karena bertujuan untuk koordinasi dari setiap departemen demi mengejar tujuan besar perusahaan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Diskusi ini juga memiliki tujuan untuk mempererat sinergitas antar anggota tim serta menciptakan kolaborasi yang baik. Adapun kekompakan seperti ini lah yang akan menunjang kinerja dari GOERS Rangers.

Sharing knowledge session
Sharing knowledge session

Selain diskusi, para tim juga memiliki sesi Product Knowledge. Sesi ini bertujuan untuk sharing antar tim dikarenakan GOERS memiliki juga terbagi ke banyak product. Masing-masing dari tim memiliki waktu tersendiri untuk menjelaskan fitur apa saja yang dimiliki oleh product terkait dan fitur apa  yang akan dibuat untuk rencana kedepannya. Sesi ini juga bertujuan untuk para tim mencari masukan terkait fitur-fitur baru yang sekiranya dapat membuat product tersebut unggul di pasarnya. Setelah serangkaian sesi diskusi selesai, hari kedua pun ditutup dengan makan malam bersama.

Hari Ketiga: Outbound Seru di Mulberry Hill

Outbound day
Outbound day

Setelah hari kedua yang penuh dengan diskusi dan tanya jawab, agenda utama di hari ketiga adalah kegiatan outbound yang bertempat di Mulberry Hill yang mana juga merupakan salah satu venue partner GOERS. Mulberry Hill yang berlokasi di Jalan Maribaya Timur, Cibodas, Lembang, Kab. Bandung Barat, memiliki tempat dengan pemandangan yang sejuk dan asri. Kegiatan outbound yang dilakukan di Mulberry Hill terdiri dari berbagai rangkaian games seru.

Outbound day
Outbound day

Berbagai rangkaian games yang dilakukan yaitu seperti tupai mencari pohon, benteng air, tiup balon dan lain sebagainya. Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai ajang refreshing dan melatih kerja sama bagi GOERS Rangers. Pada akhirnya, kegiatan outbound berjalan dengan lancar dan penuh canda tawa.

Hari Keempat: Belanja Oleh-Oleh di Floating Market

Tanggal 14 Oktober 2022 ditandai dengan hari terakhir dari kegiatan outing GOERS. Rangkaian kegiatan outing GOERS diakhiri dengan belanja oleh-oleh di sebuah pusat belanja yang cukup terkenal, yaitu Floating Market di daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Para GOERS Rangers menghabiskan sisa waktu dengan berbelanja oleh-oleh di Floating Market. Perjalan dilanjutkan dengan kembalinya time ke Jakarta dan pulang ke kediaman masing-masing.

Outing menjadi agenda yang penting bagi sebuah perusahaan agar dapat menyenangkan dan semakin mendekatkan hubungan sesama karyawan. Outing GOERS 2022 dilakukan dengan tujuan menghilangkan kepenatan selama bekerja serta meningkatan kerja sama tim. Outing GOERS juga memiliki manfaat agar GOERS Rangers bisa saling mengenal dan berdiskusi mengenai lingkungan pekerjaan yang membuat hubungan antar tim menjadi erat secara emosional. Dengan begitu, energi GOERS Rangers pun dapat ter-recharge sehingga meningkatkan kembali motivasi dan performa kerja GOERS Rangers!

Write A Comment