Cara beli tiket Candi Borobudur sekarang super easy! Ada yang udah pernah coba?

Berkunjung ke Candi Borobudur rasanya jadi agenda wajib bagi setiap wisatawan yang sedang liburan ke Yogyakarta atau Jawa Tengah. Terletak di Kabupaten Magelang, Candi Borobudur merupakan candi dengan corak Buddha yang punya sejarah panjang di baliknya.

Untuk mengunjungi Candi Borobudur, ada dua jenis tiket yang ditawarkan lho, yaitu tiket masuk dan tiket naik. Apa bedanya sih?

Secara singkat, tiket masuk merupakan tiket untuk masuk ke pelataran candi saja, belum termasuk tiket naik ke candinya. Sedangkan tiket naik adalah tiket khusus untuk naik ke candi, yang juga sudah termasuk tiket masuk.

Nah, sekarang ini sistem untuk membeli kedua tiket tersebut sudah berbeda. Kamu sudah tahu belum?

Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang kamu bisa beli tiket masuk dan tiket naik Candi Borobudur secara online! Dengan ini, kamu bisa beli tiket di mana saja, kapan saja, dan untuk tanggal berapa saja.

Yuk, simak artikel berikut ini untuk tahu cara beli tiket naik Candi Borobudur!

Cara Beli Tiket Naik Candi Borobudur

Kamu yang ingin berkunjung ke Candi Borobudur, harus melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu ya. Kalau nggak pesan tiket, nanti kamu malah nggak dibolehin masuk dan naik ke candinya.

Namun, nggak perlu khawatir dan nggak perlu takut cara pesannya ribet, karena caranya gampang banget. Cukup dengan akses website-nya aja.

Lebih lengkapnya, berikut ini langkah-langkah pembelian tiket naik Candi Borobudur:

  1. Pertama, kunjungi website https://ticketcandi.borobudurpark.com/id/ terlebih dahulu ya
Cara beli tiket naik candi borobudur

2. Pada pilihan Candi Borobudur, ada dua pilihan Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Domestik, serta dua pilihan tiket yang mau dipesan

3. Klik ‘Pesan Tiket Naik Candi’ pada kotak Wisatawan Domestik

Cara beli tiket naik candi borobudur

4. Kamu akan dialihkan pada tampilan kalender. Di sini, kamu bisa pilih pada tanggal dan waktu berkunjung, lho. Tinggal klik saja tanggal yang kamu inginkan dan pastikan kamu bisa berkunjung pada tanggal tersebut ya!

pilih tanggal beli tiket naik candi borobudur

5. Lalu, pilih tiket masuk dengan klik tulisan ‘Tambah’ pada tiket yang kamu inginkan. Ada empat jenis tiket yang kamu bisa pilih. Setelah itu, klik ‘Beli Tiket’

Pilih tiket saat beli tiket naik candi borobudur

6. Kamu akan melihat ringkasan pembelian tiket dan informasi pembeli. Pastikan isi data diri seperti e-mail, nomor telepon, dan nama lengkap yang sesuai ya. Setelah itu klik ‘Lanjutkan’

Cara beli tiket naik candi borobudur

7. Kemudian, akan muncul pop up Konfirmasi, yang berisi tanggal yang dipilih serta alamat e-mail dan nomor WhatsApp kamu. Pastikan nomor dan alamat e-mail kamu sudah benar ya, karena tiket akan dikirimkan ke WhatsApp dan e-mail. Klik ‘Lanjutkan’

Cara beli tiket naik candi borobudur

8. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih domisili/daerah asal. Jika sudah memilih, klik lagi ‘Lanjutkan’

9. Kamu akan dialihkan ke halaman Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang diinginkan dan klik ‘Bayar’. Lalu, ikuti langkah-langkah petunjuk pembayarannya

10. Jika sudah selesai membayar, e-tiket naik Candi Borobudur kamu akan dikirimkan via WhatsApp dan e-mail yang sudah kamu isi sebelumnya

Sedikit catatan, pada laman pemesanan tiket akan ada syarat dan ketentuan soal tiket dan ketentuan umum berkunjung ke Candi Borobudur. Dimohon untuk membacanya dengan baik sebelum membeli tiket ya!

Kemudian, jika e-tiket tidak muncul di inbox e-mail, kamu bisa coba cek folder Spam yang ada di e-mail kamu. Selamat mencoba!

Cara Menggunakan E-Tiket

Tiket sudah aman, sekarang kamu hanya perlu tau cara menggunakannya nih. E-tiket yang sudah dikirimkan ke e-mail dan WhatsApp ini biasanya akan berupa QR Code yang nantinya bisa di-scan saat akan naik ke Candi Borobudur.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Pastikan e-tiket kamu sudah disiapkan sebelum ditunjukkan saat hendak masuk ke area Candi Borobudur
  2. Sebelum scan QR code-nya, pastikan kalau tingkat kecerahan layar handphone kamu sudah cukup terang ya, supaya bisa mudah dipindai oleh alatnya
  3. Selanjutnya, e-tiket akan divalidasi oleh petugas Customer Service atau Pamong Budaya yang ada di area penerimaan
  4. Setelah melakukan validasi e-tiket, kamu akan mendapatkan wristband sebagai tanda mendapatkan akses untuk naik ke monumen Candi Borobudur
  5. Tiket yang dibeli hanya berlaku untuk satu kali pemakaian saja ya. Bukti pembayaran juga tidak bisa dijadikan sebagai tiket masuk.

Harga Tiket Naik Candi Borobudur dan Metode Pembayarannya

Tiket untuk naik ke Candi Borobudur dibanderol dengan harga yang berbeda untuk tiket umum dan anak. Berikut ini harganya:

Tiket Domestik

Wisatawan Domestik/Wisatawan Nusantara Umum: Rp 120.000

Wisatawan Domestik/Wisatawan Nusantara Anak: Rp 75.000

Tiket Foreigner

Foreigner Adult: Rp 455.000

Foreigner Child: Rp 305.000

Tiket-tiket tersebut bisa kamu bayar dengan berbagai macam metode pembayaran, mulai dari Virtual Account, Uang Elektronik, sampai dengan Pembayaran Kartu. 

Syarat dan Ketentuan Terkait Tiket Naik Candi Borobudur

Berikut ini adalah informasi-informasi mengenai tiket untuk naik ke Candi Borobudur:

Ketentuan Usia Pengunjung yang Dikenai Tiket

Anak: 4-10 tahun

Dewasa: lebih dari 10 tahun

Anak-anak yang usianya kurang dari tiga tahun, baik itu wisatawan domestik maupun foreigner tidak akan dikenakan biaya tiket alias free of charge.

Ketentuan Refund dan Reschedule Tiket Naik Candi Borobudur

Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tertera pada laman pemesanan tiket, bahwa e-tiket yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan atau non-refundable.

Kemudian, pembeli juga tidak bisa menjadwalkan ulang atau reschedule tiket. Karena, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tertera, tiket hanya berlaku sesuai dengan tanggal kunjungan yang dipilih. 

Oleh karena itu, perlu memastikan baik-baik kalau kamu bisa datang di tanggal yang sudah kamu pilih saat reservasi tiket secara online.

Jam Operasional

Jam operasional Candi Borobudur: Selasa-Minggu pukul 09.00-17.00 WIB

Pada hari Senin, monumen Candi Borobudur akan ditutup untuk dikunjungi karena adanya perawatan kebersihan candi, sehingga wisatawan hanya bisa diizinkan berkunjung di halaman 2 taman.

Itu dia cara beli tiket naik Candi Borobudur yang sedang berlaku saat ini! Karena bisa dibeli secara online, jadi mudah banget kan? Kamu bisa beli tiket di mana saja dan kapan aja.

Write A Comment