Bali Bird Park jadi destinasi wisata keren di Bali yang punya banyak spot wisata menarik. Cocok untuk liburan bareng keluarga!

Bali memang udah jadi destinasi wisata favorit untuk liburan, apalagi bareng sama keluarga. Tapi, buat kamu yang udah bosen sama hiburan Bali yang gitu-gitu aja, bisa nih coba kunjungi Bali Bird Park!

Tempat wisata yang satu ini dijamin bakal ngasih kamu pengalaman liburan yang seru karena kamu bisa belajar mengenal burung-burung asli Indonesia. Yuk, simak informasi lengkap seputar Bali Bird Park, mulai dari tiket, jam operasional, sampai apa aja spot wisatanya di bawah ini!

Bali Bird Park

Bali Bird Park merupakan tujuan wisata favorit para wisatawan, terutama yang sedang liburan bersama anak-anak. Menjadi taman burung satu-satunya di Bali, Bali Bird Park sudah dibuka untuk umum sejak tahun 1995, lho! Taman ini termasuk besar dengan total luas lahan kurang lebih mencapai lima hektar. 

Melansir dari laman website-nya, taman ini memiliki 1300 burung dan 250 spesies. Selain melihat koleksi burung, kamu juga bisa mengikuti beragam aktivitas seru dan menyenangkan yang dijalankan sepanjang hari.

Harga Tiket Masuk Bali Bird Park

Tiket Bali Bird Park masih tergolong murah dan terjangkau, lho. Tiketnya terbagi menjadi empat kategori, yaitu Domestik Adult, Domestik Child, Overseas Adult, dan Overseas Child.

Untuk kategori Child sendiri merupakan anak-anak yang berumur 2-12 tahun. Sedangkan yang berumur 13 tahun ke atas akan dikenakan harga tiket kategori Adult, ya! Untuk bayi di bawah 2 tahun harga tiket masuknya adalah gratis.

Berikut ini adalah detail harga tiket masuk Bali Bird Park:

Domestic Adult: Rp 140.000

Domestic Child: Rp 70.000

Overseas Adult: Rp 385.000

Overseas Child: Rp 192.000

Harga tiket masuk tersebut berlaku baik saat weekday maupun weekend, ya!

Alamat Bali Bird Park

Untuk alamat Bali Bird Park sendiri berlokasi di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali, 80582. 

Bali Bird Park letaknya ada di jalan utama menuju Ubud dan lumayan dekat dari Ubud, jadi kamu nggak akan terlalu kesulitan mencari taman burung yang satu ini. Dari Sanur letaknya sekitar 40 menit dan 20 menit dari Kuta. 

Jam Buka Bali Bird Park

Nah yang lebih serunya lagi, Bali Bird Park buka setiap hari! Jadi kamu bisa berkunjung ke sini kapanpun kamu mau. Untuk jam operasionalnya sendiri, baik weekday maupun weekend adalah dari pukul 09:00-17.30 WITA.

Spot Wisata dan Pertunjukan di Bali Bird Park

Spot Wisata dan Pertunjukan di Bali Bird Park

Kamu yang datang ke Bali Bird Park dijamin nggak akan bingung mau melakukan apa saja, karena di tempat ini ada banyak banget spot wisata yang menarik buat kamu kunjungi. Apalagi, sepanjang hari juga ada pertunjukan seru untuk diikuti.

Bali Bird Park sendiri terbagi menjadi tujuh area, yang mewakili habitat burung-burung koleksi mereka. Setiap kandang-kandang burung yang ada di taman ini juga didesain mirip dengan habitat asli mereka di alam liar, lho. 

Nah, berikut ini adalah pertunjukan-pertunjukan dan juga spot wisata yang ada di Bali Bird Park.

Pertunjukan di Bali Bird Park

Pertunjukan di Bali Bird Park

Salah satu keunikan dari Bali Bird Park adalah para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan alam di sekitar mereka. Dengan ini, para pengunjung tidak hanya belajar banyak soal burung-burung yang ada di dunia saja, tetapi juga punya pengalaman dan kenangan seru ketika berinteraksi dengan para burung. Seru banget, kan?

Berikut ini adalah pertunjukan-pertunjukan yang bisa kamu nikmati sekaligus berpartisipasi di dalamnya!

Penerbangan Burung Bali Rainforest (Bali Rainforest Free Flight)

Pertunjukan yang pertama ada Penerbangan Burung Bali Rainforest, yang bisa kamu lihat setiap hari pada pukul 10.30 dan 16.00 WITA. Di pertunjukan Penerbangan Burung Bali Rainforest kamu bisa menyaksikan burung-burung lokal berterbangan di langit menjelajahi habitat aslinya. 

Pesky Parakeet Feeding

Selanjutnya ada Pesky Parakeet Feeding, di mana pertunjukan ini biasanya dilaksanakan pada pukul 9.30 dan 13.00 WITA. Pada pertunjukan ini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan sekumpulan burung parkit. Biasanya pihak taman akan menyediakan makanan khusus yang bisa digunakan untuk memberi makan burung parkit, sehingga mereka akan menghampiri kamu!

Potty Pelicans 

Nggak cuma memberi makan burung parkit, kamu juga bisa memberi makan burung pelikan, lho! Kamu bisa memberi makan para burung pelikan pada pertunjukan Potty Pelicans yang biasa diadakan setiap hari pukul 10.00 dan 13.15 WITA.

Nah, selain menjadi hiburan, pertunjukan ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi para pengunjung mengenai perilaku, kebiasaan makan, sampai dengan kehidupan pelikan sehari-hari.

Basic Instinct Free Flight

Kemudian ada juga pertunjukan Basic Instinct Free Flight yang dilaksanakan pada pukul 11.30 dan 15:00 WITA. Pertunjukan ini akan menampilkan keterampilan dari burung-burung pemangsa, seperti berinteraksi dengan sesama dan juga menunjukkan ketajaman naluri mereka dalam menangkap masa. Burung yang ditunjukkan biasanya adalah elang dan burung hantu.

Papua Rainforest Free Flight

Papua Rainforest Free Flight merupakan pertunjukan tempat kamu bisa melihat koleksi burung cendrawasih khas Papua terlengkap. Nggak cuma itu aja, di pertunjukan ini juga kamu juga akan menyaksikan para petugas memberi makan burung-burung tersebut. Pertunjukan ini diadakan setiap hari pukul 12.45 WITA.

Pecuk Parade

Selanjutnya ada Pecuk Parade yang diadakan pada pukul 14.30 WITA. Di sini kamu bisa melihat pertunjukan dari burung pecuk Cormorants dan Oriental Darters sekaligus berinteraksi langsung dengan mereka, lho! Kamu juga bisa memberi makan para burung tersebut. Saat kamu memegang makanan, dijamin mereka akan mengikuti kamu terus!

Meet The Bird Stars

Ada juga pertunjukan Meet The Bird Stars yang diadakan di Bali Starling Restaurant, yang masih berlokasi di Bali Bird Park. Pertunjukan ini akan berlangsung pada pukul 12.00, 13.30, dan 16.30 WITA. Burung Kakatua Palem Hitam pandai bernama Maria akan siap menghibur para pengunjung! Selain itu, juga akan ada penampilan dari Burung Rangkong.

Komodo Experience

Nah, yang unik dari taman ini adalah kamu nggak cuma bisa melihat burung-burung aja, tapi juga ada hewan-hewan reptil seperti komodo, ular piton yang panjangnya delapan meter, sampai biawak. Di Bali Bird Park sendiri juga ada pertunjukan khusus komodo yang bernama Komodo Experience. Di sini kamu bisa melihat para petugas taman memberi makan para komodo.

Spot Wisata Menarik

Selain menyaksikan pertunjukan-pertunjukan yang diadakan setiap hari di jam-jam tertentu, Bali Bird Park juga memiliki banyak spot wisata yang menarik, lho. Mulai dari tempat foto yang estetik dan Instagramable, sampai dengan corner tempat kamu bisa berinteraksi langsung dengan para burung!

Guyu-Guyu Corner

Kalau kamu ke Bali Bird Park, nggak lengkap rasanya kalau nggak mengunjungi spot wisata yang satu in, yaitu Guyu-Guyu Corner. Di spot wisata yang satu ini, kamu bisa melihat burung beo dan juga burung kakatua dari dekat! Kamu akan disapa oleh mereka sampai hinggap di atas kepalamu! Nggak cuma bermain dan berinteraksi secara langsung, kamu juga bisa foto-foto, lho!

Bioskop 4D

Bosan cuma lihat-lihat satwa aja? Kamu bisa nih coba ke spot wisata Bioskop 4D. Di Bioskop 4D kamu bisa menyaksikan film 4D tentang burung di alam liar. Jam tayang film ini ada beberapa kali dalam sehari.

Owl House

Selain pameran burung-burung dari berbagai wilayah, di Bali Bird Park juga ada Owl House. Para pengunjung berkesempatan melihat berbagai macam spesies burung hantu dari seluruh dunia di spot wisata yang satu ini. Seru banget, kan? Bangunan ini dikenal juga sebagai Rumah Toraja dan didesain meniru suasana malam hari yang sangat disukai oleh burung hantu.

Zona Amerika Latin

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, taman ini terbagi menjadi tujuh area. Area yang pertama adalah Amerika Latin. Di zona ini, kamu bisa melihat jenis-jenis burung eksotis yang berasal dari Amerika Latin, seperti Hyacinth Macaw, Blue & Gold Macaw, dan masih banyak lagi.

Zona Afrika Selatan

Kemudian ada juga Zona Afrika Selatan, di zona ini kamu bisa melihat salah satu burung khas wilayah tersebut yaitu African Grey Parrots. Burung ini sendiri dikenal bisa meniru suara manusia, lho! Kemudian, kamu juga bisa melihat burung asal Afrika Selatan lain seperti Flamingo Merah Muda, Bangau Mahkota Kelabu, Laughing Kookaburra, dan masih banyak lagi.

Zona Sumatera

Nggak cuma burung-burung dari luar negeri aja, di Bali Bird Park juga ada burung asli Indonesia. Di Zona Sumatera ini, kamu bisa lihat berbagai macam burung endemik, seperti Kakatua Elang. Kemudian, ada juga Parkit Sayap Chrinsom, Burung Hantu Elang, Burung Enggang Jambul Putih, Elang Hitam, dan lain-lain.

Zona Kalimantan

Sebagai wilayah yang punya ekosistem beragam, Kalimantan memiliki banyak burung yang bervariasi. Adapun burung-burung yang ditampilkan dalam zona ini adalah Burung Elang Ular Jambul, Merpati Nicobar, Sempidan Kalimantan, Enggang Cula, Kelelawar Buah, dan lain sebagainya.

Zona Papua

Nah, kalau di zona yang satu ini, kamu dijamin bakal dibuat terpana sama burung-burung endemiknya. Karena, kebanyakan burung di Zona Papua punya bentuk yang cantik, sebut saja seperti Burung Cendrawasih Merah, yang sudah hampir punah, dan juga Merpati Mahkota Biru. Nggak cuma itu aja, di zona ini juga ada Merak Hijau, Mambruk Ubiaat, dan Kasuari Gelambir Tunggal yang unik-unik.

Zona Jawa

Kemudian, kalau di Zona Jawa, udah pasti kamu bakal terkesima sama burung Elang Jawa. Lalu, ada juga Gelatik Jawa, Kucica Kampung yang warnanya unik, Kacembang Gadung, dan masih banyak lagi.

Zona Bali

Zona terakhir dari pameran burung ini adalah Zona Bali. Di zona ini tentu aja kamu bakal menemukan Jalak Bali yang terkenal. Saat ini, Jalak Bali sedang terus dikembangbiakkan lho, supaya nggak punah. Kemudian, ada juga Merak Ekor Perunggu, Kuntul, Perkutut Jawa, Bulbul Jawa, Pelikan Australia, dan masih banyak lagi.

Fasilitas di Bali Bird Park

Selain punya spot wisata menarik, ternyata Bali Bird Park juga punya fasilitas yang cukup lengkap, sehingga para pengunjung pun akan selalu merasa nyaman ketika datang ke sini. Nah, berikut ini adalah fasilitas Bali Bird Park:

  1. Restoran dan coffee shop dengan kualitas terbaik
  2. Toko souvenir
  3. Area parkir yang luas
  4. Mushola
  5. Toilet untuk disabilitas

Tips Berkunjung ke Bali Bird Park

Buat kamu yang mau berkunjung ke Bali Bird Park, ada beberapa tips nih yang bisa kamu intip dulu sebelum pergi ke sana. Tips ini berguna buat kamu supaya kunjunganmu jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Tips yang pertama adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Bali Bird Park adalah pada bulan April, Mei, September, dan Oktober. Bulan-bulan tersebut adalah bulan saat pariwisata sedang turun di Bali, sehingga lebih sepi. Sedangkan pada bulan Juni, Juli, dan Agustus, adalah musim panas sehingga ada banyak turis yang datang berlibur dan jadi lebih ramai.

Selain itu, disarankan juga datang saat weekday atau hari kerja untuk terhindar dari meningkatnya jumlah pengunjung.

Kemudian, tips yang kedua adalah soal kendaraan saat pergi ke Bali Bird Park. Kamu sangat disarankan untuk pakai kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk pergi ke sana. 

Karena rute menuju Bali Bird Park ini sebenarnya nggak terlalu ramah transportasi umum. Meskipun menggunakan transportasi umum, untuk bisa sampai ke tujuan, kamu tetap harus jalan kaki atau naik ojek.

Tips terakhir adalah selalu patuhi semua peraturan yang ada dan juga instruksi dari para petugas yang ada di sana agar kamu bisa berinteraksi dengan para burung dengan nyaman dan aman!

Temukan experience baru dengan penawaran harga tiket wisata terbaik dan rekomendasi tempat menarik lainnya di Instagram @goersapp dan aplikasi Goers.  Jangan lupa di follow IG Goers dan segera download app-nya ya!

Ingin event dan tempat wisata mu muncul di blog, social media dan aplikasi Goers? Serta mendapat jangkauan luas karena diakses banyak orang dengan sistem tiket online tervalidasi yang dihadirkan oleh Goers ?

Menarik Bukan ? Dapatkan semua itu dan penawaran menarik lainnya Goersapp.

Write A Comment