Penyelenggara event tentu tahu seberapa pentingnya penjualan tiket event, tapi 3 cara meningkatkan penjualan tiket event ini mungkin belum diketahui oleh banyak penyelenggara event. Goers Talk kali ini akan memberikan sedikit tips bagaimana kamu bisa meningkatkan penjualan tiket untuk event yang kamu buat, berikut caranya:

1. Menyesuaikan Harga Tiket Event

tiket event, tips tiket event goers

Menentukan harga tiket bisa menjadi masalah yang cukup rumit bagi penyelenggara. Mematok harga yang terlalu mahal akan cenderung membuat banyak orang enggan membeli, sedangkan jika terlalu murah bisa merugi.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jumlah pengeluaran event yang kamu buat dan jumlah keuntungan yang ingin kamu dapatkan. Setelah itu, tentukan jumlah tiket yang ingin kamu jual. Dengan melakukan itu semua, kamu akan bisa melihat berapa harga tiket ideal yang bisa kamu jual.

Setiap event tentunya memiliki harga tiket yang berbeda-beda berdasarkan hal di atas. Cek macam-macam tiket event di website Goers!

 2. Menyiasati Keadaan

cara meningkatkan penjualan tiket event, mensiasati keadaan ala goers

Setelah kamu mendapatkan harga tiket event yang ideal, langkah selanjutnya adalah melihat keadaan dan menyiasatinya. Setiap bulannya, Goers mencatat ribuan event lebih diselenggarakan di Jakarta, nah bagaimana agar event kamu bisa stand out dari yang lainnya nih?

Tempatkan dirimu sebagai calon pembeli tiket. Apa yang membuat event kamu berbeda dengan yang lain? Cek kembali, apakah ada event lain yang diselenggarakan di waktu yang sama? Apakah banyak orang yang akan keluar kota di hari itu? Kamu harus bisa menyiasatinya.

Tapi hanya karena ada event lain di waktu yang sama, bukan berarti kamu harus menurunkan harga tiket. Kamu bisa saja menawarkan nilai tambah lain selain menurunkan harga tiket. Seperti menawarkan lokasi event yang lebih baik, mudah dijangkau dan memiliki kapasitas parkir yang luas, artis yang lebih terkenal dan sebagainya.

3. Melakukan Promo Tanpa Henti

cara menaikkan tiket event. promo goers

Siklus periode penjualan tiket biasanya akan melonjak di dua momen, yakni di awal periode penjualan tiket dan di ketika menjelang event. Penyelenggara event biasanya akan memfokuskan promosi di dua momen ini, tapi momen di antara keduanya seringkali tidak ada promosi sama sekali.

Cobalah untuk mengalokasikan sedikit anggaran untuk promosi, seperti melakukan promosi di media sosial, email, atau digital advertising. Coba untuk memonitor terus siklus penjualan tiket event kamu dan lakukan perubahan sesuai dengan analisa dari siklus tersebut agar bisa lebih maksimal. Lalu kalian bisa  melihat apakah usahamu tadi sudah cukup untuk menutup gap di antara dua momen.

Write A Comment