Jakarta, 8 November 2022 – Tahun 2022 ditandai sebagai tahunnya event bersinar lagi. Kenyamanan pengunjung dalam event pameran, konser, olahraga, festival kuliner dan acara lainnya perlu mendapat perhatian khusus. GOERS, start-up di bidang experience yang turut memproses tiket untuk berbagai acara termasuk menggunakan teknologi, mencatat jumlah pengunjung event meningkat hampir 2,5x lipat pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.

Dengan menggeliatnya kembali perhelatan acara di Indonesia, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif baru-baru ini dengan tegas mengingatkan kembali seluruh pelaku event untuk terus mematuhi CHSE – Cleanliness (kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keselamatan) dan Environment Sustainability (Keberlanjutan Lingkungan).

Nugroho dari Barcode Organizer mengungkapkan: “Lingkup kerja event organizer (EO) tidak hanya sebatas melaksanakan kegiatan dan bermitra dengan promotor yang mengumpulkan pendukung acara. EO juga wajib menyusun detil alur penikmat acara, mulai dari proses booking hingga event selesai diadakan. Kami juga wajib memastikan bahwa event berlangsung sesuai kaidah CHSE yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan bantuan teknologi.”

Barcode Organizer memiliki sepak terjang yang panjang di dunia event. Didirikan pada 2014, event organizer bermarkas di Jakarta ini telah menangani sejumlah ajang berskala nasional, seperti Impactnation Japan Festival dan Festival Cosplay 2022 Yabaii Matsuri.

“Awalnya, teknologi hanya digunakan untuk promosi event. Sekarang teknologi digunakan untuk penjualan tiket dan pengaturan kuota sesuai dengan kapasitas venue. Semakin banyaknya event yang kembali digelar dan meningkatnya jumlah pengunjung acara, penggunaan teknologi yang salah satu fiturnya adalah mengontrol jumlah pengunjung makin dibutuhkan. Dengan mengetahui jumlah pengunjung real-time, pengelola event dapat menerapkan sistem peringatan dini dan melakukan langkah mitigasi lainnya, jika dibutuhkan,” lanjut Nugroho.

GOERS turut mengembangkan fitur-fitur mutakhir untuk membantu kelancaran event dalam berbagai skala – mulai dari perhelatan nasional hingga acara lokal.

“Teknologi telah mengubah wajah industri event tanah air. Mulai dari menghadirkan manajemen ticketing digital untuk mengurangi penjualan tiket palsu hingga sistem check-in yang contactless, kini kami menghadirkan teknologi crowd control guna mencegah over kapasitas. Teknologi GOERS memiliki sistem indikasi yang menunjukan jumlah pengunjung secara real-time dan akurat. Kami memutakhirkan fitur ini untuk membantu pengelola mewujudkan perhelatan yang aman dan nyaman,” kata Sammy Ramadhan, Co-founder & CEO, GOERS.

teknologi goers
teknologi goers

Selain mencegah over kapasitas, GOERS juga menghadirkan manajemen ticketing digital dengan solusi terintegrasi, seperti marketing dan penjualan tiket online, hingga rekonsiliasi data yang akurat dan efisien. Ada juga fitur analitik untuk memberikan insight bagi pengelola event.

“Banyak penikmat event yang ingin merasakan kembali sensasi nonton event. Untuk itu, para stakeholder di industri ini sebaiknya mengadopsi teknologi untuk mewujudkan acara yang sesuai dengan kaidah CHSE seperti yang diamanatkan oleh Bapak Menteri Sandiaga Uno,” pungkas Sammy.

Hingga saat ini, GOERS telah memiliki 4.500 mitra dan sudah membantu terselenggaranya lebih dari 30.000 event, atraksi dan bisnis experience. Sebanyak 6.500.000 tiket telah diproses oleh GOERS.

Berminat untuk mengadakan event? Saatnya wujudkan event bersama teknologi besutan GOERS. Mulai dari jual tiket, promosi hingga rekonsiliasi database pengunjung, semua tersedia dengan mudah, tanpa ribet dan didukung sepenuhnya oleh tim yang siap diajak konsultasi kapanpun! https://www.goersapp.com/gem/

Write A Comment