Ramadhan 2024 ini ngapain aja? Masih binggung cari kegiatan seru dan bermanfaat selama Ramadhan yang akan membuat puasamu jadi lebih bermakna? Simak dibawah ini!

Bulan Ramadan menjadi bulan baik bagi umat muslim. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika hari-harimu selama bulan Ramadan ini diisi dengan kegiatan yang positif. 

Kamu nggak perlu khawatir kegiatan positif atau bermanfaat selama bulan penuh berkah ini bakal membosankan. Karena faktanya, ada banyak kegiatan bermanfaat yang juga seru, lho!

Biar nggak penasaran, ini dia rekomendasi kegiatan seru dan bermanfaat selama Ramadan yang bisa kamu lakukan!

Ramadhan 2024: Rekomendasi Kegiatan Seru dan Bermanfaat Selama Bulan Ramadan

Tadarus Al-Qur’an

Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan

Tadarus Al-Qur’an menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat di bulan Ramadan. Ini karena kegiatan tersebut dapat mendatangkan pahala bagi yang melakukannya. Apalagi, di bulan suci ini, semua amal ibadah yang dilakukan, akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk tadarusan Al-Qur’an!

Selain itu, tadarus juga akan membuat kamu jadi lebih lancar dalam membaca Al-Qur’an. 

Mengikuti Kajian

Mengikuti Kajian di bulan Ramadhan

Kegiatan bermanfaat selanjutnya yang juga seru untuk dilakukan adalah mengikuti kajian offline. Namun, jika ada kesibukan lain yang nggak memungkinkan kamu untuk datang kajian secara langsung, bisa menonton video kajian secara online.

Ikut kajian ini tentu aja sangat bermanfaat buat kamu karena bisa menambah pengetahuan agama yang kamu miliki. Nantinya kamu juga bisa menerapkan ilmu yang kamu dapat tersebut dalam kehidupan sehari-hari!

Berbagi Takjil Gratis

Rebutan membali takjil dengan Nonis

Kemudian, kamu juga bisa berbagi takjil gratis sebagai kegiatan yang bermanfaat selama Ramadan. Takjil sendiri adalah makanan yang jadi menu berbuka puasa, biasanya sih takjil ini menjadi pelengkap hidangan utama berbuka.

Takjil yang diberikan juga nggak perlu dalam bentuk makanan, bisa juga berupa minuman, yang terpenting disesuaikan aja dengan kemampuan dan budget yang kamu miliki!

Nah, kamu tau nggak sih, berbagi takjil gratis ini juga terhitung sebagai sedekah, lho. Tentunya dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa mendapatkan pahala!

Mengikuti Majelis Taklim atau Pengajian

Mengikuti Majelis Taklim atau Pengajian Ramadhan

Ikut pengajian atau majelis taklim di bulan Ramadan juga pastinya akan sangat bermanfaat buat kamu. Karena, biasanya di dalam majelis ini akan ada ustadz atau seseorang yang punya ilmu mendalam tentang agama Islam, seperti aqidah, fiqih, dan lainnya, yang kemudian membagikan ilmu tersebut kepada para jamaah.

Selain belajar lebih dalam soal agama Islam, biasanya di majelis taklim ini kamu juga akan mengaji bersama dan belajar mengaji. Tentu aja hal ini sangat bermanfaat, kan?

Bantu Menyiapkan Sajian Berbuka dan Sahur

Keutamaan Orang yang Bantu Menyiapkan Sajian Berbuka dan Sahur

Kegiatan seru dan bermanfaat lainnya yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadan ini tentu aja dengan menyiapkan sajian untuk berbuka dan sahur. Hal ini termasuk dalam kegiatan yang mendatangkan pahala. 

Dalam sebuah hadits riwayat At-Tirmidzi, menyebutkan bahwa orang yang memberi makanan berbuka puasa, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang berpuasa. Hal ini bisa dilakukan juga oleh kaum perempuan yang sedang berhalangan puasa karena lagi haid. Jadi, meskipun nggak berpuasa tapi tetap mendapatkan pahala!

Mengikuti Berbagai Macam Kompetisi Ramadan

Mengikuti Berbagai Macam Kompetisi Ramadan

Selain kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan, kegiatan bermanfaat yang pastinya seru adalah dengan mengikuti berbagai macam kompetisi yang biasanya diadakan saat Ramadan. 

Biasanya, di bulan Ramadan ini ada banyak kompetisi yang dilangsungkan. Mulai dari kompetisi kecil-kecilan di sekitar rumah sampai kompetisi cukup besar yang dilaksanakan di mall-mall. 

Kompetisi yang biasa diadakan saat bulan Ramadan ini biasanya adalah lomba adzan, lomba mengaji atau hafalan Al-Qur’an, sampai lomba fashion show busana muslim.

Buka Bersama Penyanyi Idola

Nah, ini dia nih kegiatan seru yang nggak boleh kamu lewatkan pas Ramadan, yaitu buka bersama. Tapi kali ini bukber-nya bukan sama teman-teman sekolah atau kerja, melainkan bareng penyanyi idola kamu!

Buat yang mau buka bersama bareng JKT48, Nadin Amizah, Tulus, Guyon Waton, dan lain-lain, kamu bisa ikutan event KapanLagi Buka Bareng (KLBB). Event ini bakal diselenggarakan pada 23-24 Maret 2024. 

Buat kamu yang eblum beli tiketnya, tiket Kapanlagi Buka Bareng Festival masih bisa di beli lho, jangan lupa beli sekarang dan nikmati keseruannya!

Nggak cuma jadi kegiatan yang seru aja, datang ke event ini juga bisa jadi bermanfaat karena kamu bisa bertemu teman-teman baru dengan sesama pengunjung. Seru banget kan, bukber dapat teman baru?

Itu dia rekomendasi kegiatan seru dan juga bermanfaat selama Ramadan 2024 yang bisa kamu lakukan. Dijamin harimu kamu nggak bosan dan tetap bermakna!

Temukan inspirasi kegiatan seru lainnya hanya di artikel GOERS . Atau kamu ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata favorit dan event seru lainnya? Pesan tiketnya dan dapatkan penawaran menarik lainnya di GOERS!

Write A Comment