Pada tanggal 22 Juni tiap tahunnya, Jakarta yang merupakan Ibu Kota Negara Indonesia merayakan hari ulang tahun. Kota yang dahulu bernama Batavia, kini berusia 494 tahun! Wah, sudah tua banget ya. Nah, Bicara tentang suatu daerah pastinya sangat berkaitan dengan budaya yang melekat erat, baik bagi masyarakat lokal maupun luar daerah. Walau jaman semakin maju dan modern, jangan sampai menyurutkan niat kita sebagai generasi muda untuk tau dan melestarikan budaya daerah ya!

Karena bertepatan dengan ulang tahun Kota Jakarta, kali ini Goers akan kasih rekomendasi wisata budaya yang bisa kamu kunjungi untuk belajar budaya Betawi. Berwisata sambil mempelajari sejarah pasti bakal menyenangkan banget deh. Nyok dibaca sampe selesai~

Kawasan Pusat Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan
Setu Babakan
Setu Babakan (inginwisata.wordpress.com)

Tempat yang satu ini berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Berbeda dengan kondisi Kota Jakarta yang ramai dengan segala hiruk pikuknya, kawasan Kampung Betawi ini sangatlah asri. Di sini kamu bisa menikmati budaya Betawi yang masih orisinil dan sangat tradisional. Dikutip dari situs setubabakanbetawi.com, wisata budaya yang dapat kamu nikmati di sini sangatlah beragam, antara lain:

  • Pagelaran seni musik, tari dan teater tradisional.
  • Pelatihan seni tari, musik, membatik dan teater.
  • Atraksi dan prosesi budaya Betawi.
  • Latihan silat.
  • Hasil industri rumah tangga berupa souvenir, makanan, camilan dan minuman khas Betawi.
  • Aktivitas masyarakat Betawi.

Wah, menarik sekali kan?! Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi loh ragam budaya yang ada di sini. Buat kamu yang mau ke sini bisa cek informasi lebih lanjut melalui website mereka ya.

Kawasan Kota Tua Jakarta
Kota Tua Jakarta
Kota Tua Jakarta (IDN Times)

Tempat yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Kota Tua Jakarta yang merupakan peninggalan masa penjajahan Belanda ini dulunya adalah kawasan pusat kota yang terdiri dari benteng, kanal dan juga gedung-gedung perkantoran. Saat ini, kawasan Kota Tua Jakarta menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang iconic. Di sana terdapat beberapa tempat, antara lain:

  • Museum Fatahilah
  • Museum Wayang
  • Museum Bank Indonesia

Selain berwisata sejarah, di sana juga terdapat banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan seperti berfoto menggunakan properti seperti sepeda ontel, melukis dan lainnya dengan membayarkan sejumlah uang tertentu kepada orang-orang yang menawarkan jasa di bidang hiburan. Di samping itu, kamu bisa membeli berbagai pernak-pernik yang dijual pedagang dan juga berwisata kuliner di sana.

Rumah Si Pitung
Rumah Si Pitung
Rumah Si Pitung (mitramuseumjakarta.org)

Si Pitung merupakan salah satu tokoh legendaris Betawi. Di tempat ini kamu bisa mengetahui kisah si pitung dan melihat langsung bangunan rumah. Selain itu, terdapat replika perlengkapan rumah tangga pada tahun 1990-an yang masih sangat sederhana dan vibes-nya Betawi banget.

Rumah Si Pitung terletak di Marunda Jakarta Utara. Kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti busway dan turun di halte rumah susun marunda. Jika menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil, kamu bisa menggunakan akses tol Cilincing dan keluar di Rorotan. Untuk harga tiket masuk, mulai dari 2 ribu rupiah! Murah banget kan?

Nah itu dia beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk wisata sejarah. Tanpa perlu merogoh kocek yang dalam, kamu sudah bisa berwisata sambil mendapat pengetahuan mengenai budaya Betawi. Jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan ya! Pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

Selamat ulang tahun Kota Jakarta! #YukPergi #VisitJakarta #WisataSejarah #ProtokolKesehatan

Write A Comment