Hai #GengGoers! Gak terasa ya sudah berjalan 3 minggu kita berpuasa. Semoga kuat sampai selesai ya! Hihihihi. Oiya, sambil ngabuburit nunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa banget baca artikel-artikel yang ada di blog Goers lho. Selain tentang teknologi, Goers juga menyajikan berbagai bacaan ringan untuk menghibur kamu.

Nah, kali ini Goers mau bahas tentang berbagai hal unik yang hanya dapat kamu temui di bulan Ramadan. Dijamin sambil baca ini, kamu bakalan senyum-senyum dan bernostalgia dengan momen yang pernah kamu alami, baik di Ramadan tahun ini ataupun di tahun-tahun sebelumnya. Penasaran gak hal uniknya tuh apa aja? Cekidooot!

Tradisi Membangunkan Orang Sahur
membangunkan-orang-sahur
Membangunkan Orang Saat Sahur (simakterus.com)

Yang pertama ini adalah yang sering bikin kangen momen Ramadan. Bagaimana tidak? Lagi terlelap tidur, tiba-tiba ada suara ramai diiringi gemuruh musik dari galon kosong ataupun bedug yang dipukul, dibarengi dengan teriakan “sahur… sahur” atau nyanyian sahur yang diciptakan oleh warga lokal adalah tradisi Ramadan yang unik dan khas.

Selain, membangunkan dengan berkeliling di sekitar perumahan warga, ada juga yang membangunkan sahur hanya melalui speaker masjid. Apapun caranya, tradisi ini pastinya akan bikin kamu kangen. Baik dari sisi yang membangunkan atau dibangunkan. Kalau mimin, pernah merasakan keduanya loh. Dan sekarang sambil nulis ini, kangen bangunin orang sahur saat masih kecil dulu, kumpul sama teman-teman di tengah dinginnya malam, tapi rasanya nyenengin banget!

Buka Puasa Bersama
Bukber Virtual (kompasiana.com)

Buka puasa bersama atau familiar disebut dengan istilah bukber, 2 tahun belakangan ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Walaupun di tahun ini sudah mulai ada pelonggaran aturan berkumpul terkait pencegahan penyebaran COVID-19, tapi banyak yang memilih untuk bukber virtual di rumah aja. Ya, dengan memanfaatkan teknologi yang canggih, kamu bisa buka puasa di rumah masing-masing dan tetap bertatap muka melalui layar gadget.

Ngabuburit
Ngabuburit (unsplash.com)

Salah satu hal unik saat Ramadan yang seru! Ngabuburit itu melakukan aktivitas untuk menunggu waktu berbuka puasa. Nah, mengutip artikel dari traveloka.com berjudul “Apa Itu Ngabuburit dan Bagaimana Asal-Usulnya?” istilah ini berasal dari bahasa sunda, yaitu ngalantung ngadagoan burit yang memiliki arti bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Walau dari istilah bahasa sunda, ngabuburit akhirnya dipakai di berbagai daerah di Indonesia yang menggambarkan aktivitas yang identik saat bulan Ramadan.

Nah, ngabuburit yang dilakukan tiap orang beda-beda lho. Kalau kamu biasanya ngabuburit ngapain? Jalan-jalan sore sambil cari kudapan untuk berbuka puasa adalah ngabuburit yang banyak orang lakukan. Buat kamu yang kadang bingung mau ngapain, coba deh baca artikel Bulan Puasa: Ngapain Aja Ya? untuk rekomendasi ngabuburit dan hari-hari yang tetap produktif di bulan Ramadan.

Banyak Penjual Takjil
penjual-takjil
Penjual Takjil (kompas.com)

Ini hal yang kalah unik yang cuma bisa kamu temui di bulan Ramadan! Saat bulan puasa, banyak orang-orang yang berjualan berbagai hidangan untuk berbuka. Biasanya menjelang sore hari sudah banyak lapak yang buka, baik di sekitar tempat tinggal, di pinggir jalan maupun tempat umum lainnya yang menyajikan pilihan menu dan bikin kamu gak sabar untuk segera menyantapnya!

Oiya, tau gak si? Dilansir dari megapolitan kompas.com, penggunaan istilah takjil sebenarnya keliru. Banyak yang mengira bahwa takjil adalah kudapan yang dimakan saat berbuka puasa dan identik dengan makanan manis. Padahal, dalam KBBI, kata takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa. Kata ini berakar dari kata ‘ajila dalam bahasa Arab yang memiliki arti menyegerakan, sehingga takjil bermakna perintah untuk menyegerakan untuk berbuka puasa.

Hm, jadi selama ini kita keliru gengs. Tapi karena sekarang udah tau, yuk kita coba perbaiki penggunaan istilah ini dalam kehidupan sehari-hari. Eh, mumpung lagi ngomongin soal hidangan berbuka puasa, Goers juga punya lho rekomendasi untuk menu buka puasa kamu. Cek di sini ya!

Nah, itu dia ha unik yang hanya ada di bulan Ramadan. Jangan lupa share artikelnya supaya teman-teman kamu bisa terhibur dengan baca ini. Tunggu keseruan lainnya di blog Goers ya, Gengs!

Write A Comment