Tak hanya pantai dan pemandangan yang indah, Lombok menyimpan banyak daya tarik yang bisa dieksplorasi, diantaranya adalah Desa Wisata Sesaot dan Ende.

Selain Ende dan Sesaot, Lombok punya 100 desa wisata yang bisa dikunjungi. Informasi dan book tiket Desa Wisata ini sudah bisa dilakukan via aplikasi Goers. Artikel lengkapnya bisa baca di sini.

Desa Wisata Sesaot

Sungai di Desa Sesaot

Desa Sesaot ada di kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat. Sesaot merupakan satu dari 16 desa dan kelurahan yang ada di kecamatan Narada. Air terjun, kolam pemandian, kawasan hutan lindung, serta air sungai yang jernih menjadi daya tarik pariwisata Desa Sesaot. Namun keindahan Sesaot bukan itu saja. Justru, keindahan Sesaot ada di sisi dalam alias jantung desa ini. Desa Sesaot bahkan masuk nominasi ajang Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) tahun 2019 ini. Desa Sesaot masuk nominasi karena tata kelolanya sudah dilakukan secara profesional sejak 4 tahun lalu. Kalau kamu berkunjung ke Desa Sesaot banyak destinasi yang bisa dinikmati. Ada Hutan Lindung Sesaot, sungai dan Taman Wisata Aik Nyet, air terjun Sesaot, dan Desa Sesaot itu sendiri lengkap dengan penduduk lokal dan tradisinya yang khas. Kunjungi Desa Sesaot terutama di saat acara Nyongkolan dan pertunjukan musik tradisional Gendang Beleq digelar.

Desa Ende

Senaru Traditional Village
Dusun Ende suku Sasak
Desa Wisata Ende

Jika masih menginginkan suasana dan pengalaman yang khas dan orisinil, maka datanglah ke Desa Ende. Berada di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, inilah tempat tinggal Suku Sasak, suku asli masyarakat pulau Lombok. Ende adalah dusun yang masih sangat tradisional. Penduduk desa ini menjalani aktivitas sehari-hari dengan memegang teguh tradisi yang masih mengakar dari para leluhurnya. Rumah-rumah dibangun dari tanah liat dengan atap dari alang-alang dan bambu. Meski sarat dengan tradisi, agama mayoritas warganya adalah Islam. Perpaduan tradisi lokal dan nilai Islam menjadi keunikan sendiri yang menjadi bagian dari identitas Desa Ende.

Itulah tadi dua destinasi yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Lombok! Tak hanya sekadar trip, datang ke dua tempat tadi juga artinya memberikan dukungan bagi pariwisata lokal dan masyarakatnya. Untuk tempat wisata lain di Lombok, kamu bisa cek di sini.

Jangan sampai kudet (kurang update) dengan info-info event, experience, dan tempat seru yang bisa kamu datangi. Cek selalu website Goers dan follow akun instagramnya di sini.

Yuk, pergi!

Write A Comment