Hai Gengs! Jumpa lagi ni sama Goers. Karena sudah memasuki bulan suci Ramadhan, pembahasan artikel kali ini bertemakan Ramadhan dong ya. Btw, sebelum lanjut, Goers mau mengucapkan kepada seluruh pembaca setia, selamat menunaikan ibadah puasa ya! Semoga ibadahnya di tahun ini diberikan kelancaran serta keberkahan. Aamiin! 

Bicara tentang Ramadhan, pastinya setiap muslim menjalankan ibadah puasa. Yap tidak makan, minum dan melakukan hal-hal yang membatalkan puasa lainnya dari terbit hingga tenggelamnya matahari. Eits! Tapi dengan berpuasa, jangan dijadikan alasan untuk tidur, rebahan dan bermalas-malasan terus ya.

Untuk tetap produktif selama bulan Ramadhan, Goers mau kasih to-do-list ni ke kamu. Kira-kira apa aja sih yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu kosong kamu atau bisa menjadi opsi sampingan dari aktivitas rutin kamu seperti belajar atau kuliah online dan juga work from home.

Berkebun

Buat yang di rumahnya mengoleksi tanaman, bisa banget jadi opsi kegiatan di bulan puasa ini. Selain mengisi waktu luang, ternyata berkebun punya manfaat bagi kesehatan lho. Dilansir dari alodokter.com, berkebun bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Saat melakukan aktivitas ini, tubuh kamu akan terpapar sinar matahari pagi yang menghasilkan sinar UV, di mana ketika sampai ke tubuh akan berubah menjadi vitamin D.

Itu baru salah satu manfaat berkebun, ternyata masih banyak lagi lho manfaat lainnya, seperti mengusir rasa jenuh dan mengurangi stress, sebagai sarana latihan fisik dan olahraga, menjaga kesehatan otak dan kamu juga bisa terbiasa mengonsumsi makanan sehat jika kamu menanam jenis sayur atau buah-buahan.

Gimana, tertarik untuk berkebun di bulan puasa?

Olahraga rutin

Salah satu aktivitas ini biasanya udah bikin yang baca mager duluan ni. Hahahaha. Iya gak? Kalau kamu jarang olahraga, usahakan saat bulan puasa ini mulai berolahraga ya! Dalam hal ini, olahraga juga menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan kamu karena saat puasa, setiap orang mengalami perubahan pola makan dan gaya hidup.

Berdasarkan artikel yang dikutip dari halodoc.com, olahraga saat puasa memiliki manfaat, seperti mengusir rasa malas dan kantuk, mengontrol berat badan, mencegah penyakit diabetes (karena menu berbuka seperti takjil, identik dengan yang manis-manis), serta detoksifikasi tubuh tetap lancar (dalam hal ini, sistem pencernaan beristirahat, olahraga dapat membantu proses detoks tubuh seperti melancarkan aliran darah).

Kamu bisa berolahraga di sore hari menjelang buka puasa dan pilih jenis olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda atau yoga.

Beres-beres rumah

Aktivitas yang satu ini bisa juga jadi opsi supaya kamu tetap produktif selama puasa. Daripada pusing kebanyakan tiduran atau bingung mau ngapain, coba deh pelan-pelan rapihin rumah. Mulai dari sudut terdekat kamu dulu, yaitu kamar tidur. Kamu bisa tata ulang ataupun dekor dengan melihat referensi yang kamu suka. Dengan ini, ruangan kamu akan terlihat lebih fresh dan baru.

Jika ruanganmu sendiri sudah selesai, kamu bisa merencanakan ini untuk ruangan lainnya di rumahmu. Gimana? Tertarik untuk melakukannya?

Tadarusan

Nah, ini salah satu aktivitas yang manfaatnya gak cuma mengisi waktu luang, tetapi juga menambah nilai pahala kamu di bulan yang penuh berkah ini. Kamu bisa set waktu untuk khatam Qur’an dengan menentukan berapa banyak halaman yang perlu kamu baca dalam satu hari. Selain membaca, jangan lupa untuk memahami artinya serta menerapkan segala kebaikan di dalamnya di kehidupan sehari-hari.

Cari resep masakan untuk berbuka

Buat kamu yang hobi masak atau mau bantuin Ibu menyiapkan masakan untuk berbuka puasa, bisa banget nih googling resep tertentu yang kamu mau bikin. Kamu juga bisa melihat tutorialnya melalui youtube dan bisa sambil mempraktekannya di dapur. Aktivitas ini bisa jadi opsi untuk kamu tetap produktif di bulan puasa.

Buat kamu yang mau coba, semoga berhasil ya!

Ngabuburit dengan ikutan workshop/webinar

Sambil mengisi waktu kosong di siang hari atau menunggu waktu buka di sore hari, kamu bisa coba cari kelas atau pelatihan tertentu yang kamu minati. Itung-itung ngabuburit lho. Selain mengisi waktu, kamu juga produktif menjalankan aktivitas yang penuh manfaat. Tidak hanya workshop atau seminar, kamu bisa cari berbagai event online lainnya. Kamu juga gak perlu bingung karena bisa cari berbagai event seru untuk menemani puasa kamu di sini.

Nah itu dia, beberapa aktivitas rekomendasi Goers yang bisa kamu lakukan supaya tetap produktif dan bisa menemani kamu di bulan puasa ini. Yuk, di list apa aja yang harus kamu lakukan supaya puasanya tetap jalan tanpa banyak males-malesan!

Write A Comment