Penggunaan cashless payment system dalam sebuah event maupun festival sudah banyak diaplikasikan oleh banyak event besar di luar negeri. Tapi jangan salah, beberapa event creator Indonesia juga sudah ada yang menggunakan sistem cashless ini, lho! Salah satunya pada event Scream or Dance 2022. Festival Halloween pertama di Indonesia ini menggunakan Cashless Payment System by GOERS sebagai mekanisme transaksi dalam event-nya.

Cashless Payment System by GOERS memungkinkan pengunjung dapat merasakan experience lain dalam menikmati event yang anti ribet, karena wristband yang mereka pakai digunakan juga sebagai alat transaksi selama event berlangsung. Kalau kamu adalah event creator, kamu perlu mempertimbangkan penggunaan cashless payment ini di event kamu karena ada banyak keuntungan yang bisa kamu dan pengunjung kamu dapatkan!

Cara Kerja Cashless Payment System

Dengan sistem cashless payment, wristband yang pengunjung pakai tidak hanya berfungsi sebagai tiket masuk, tetapi juga sebagai alat transaksi mereka. Pengunjung diharuskan melakukan top up atau isi saldo terlebih dahulu ke dalam wristband mereka sebelum akhirnya dapat digunakan untuk bertransaksi. Metode pembayaran untuk top up dapat menggunakan cash, kartu kredit, dan kartu debit.

Top up saldo dapat dilakukan di token booth atau kios top up yang tersedia. Biasanya, token booth juga akan tersedia di dalam area event, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika lupa melakukan top up ataupun kehabisan saldo selama event berlangsung. 

Untuk top up saldo, pengunjung hanya perlu mengarahkan bagian QR code pada wristband ke scanner yang terletak di desk kasir. Selanjutnya, kasir akan membantu penginputan saldo sesuai jumlah yang diinginkan pengunjung. Kasir dapat memeriksa saldo pengunjung dan memberitahu jumlah saldo yang tersedia dalam wristband

Penggunaan Cashless Payment System by GOERS juga memberikan keleluasaan pada pengunjung agar mereka juga dapat mengecek sisa saldonya sendiri tanpa harus melalui kasir. Pengunjung hanya perlu mengakses aplikasi atau website Cashless by GOERS di smartphone dan melakukan pengecekan mandiri.

Sisa saldo yang masih tersimpan dalam wristband dapat diambil kembali oleh pengunjung. Saat event berakhir, pengunjung dapat kembali ke token booth untuk melakukan pengembalian saldo.

Keuntungan Menggunakan Cashless Payment System

Dengan menggunakan cashless payment, kamu bisa buat event kamu jadi naik level dan lebih berkualitas. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Cashless Payment System by GOERS!

  1. Meningkatkan revenue dari biasanya

Karena transaksi yang berlaku hanya melalui cashless payment, kamu bisa memperoleh potensi pendapatan lebih besar dari biasanya. Hal ini memungkinkan karena pengunjung sudah merencanakan anggaran mereka lebih dulu dengan isi saldo untuk dibelanjakan di tenants yang ada pada event kamu.

  1. Mengurangi antrian dan meningkatkan experience pengunjung

Pembayaran cashless membuat proses pembelian makanan, minuman, maupun merchandise jadi lebih cepat hanya dengan scan pada wristband pengunjung. Proses transaksi yang singkat memberikan waktu lebih banyak pada pengunjung untuk menikmati event, ketimbang harus menunggu untuk dilayani.

  1. Lebih higienis dan mengurangi limbah

Kebersihan menjadi isu penting, terutama semenjak adanya pandemi Virus Corona. Penerapan cashless payment dapat membuat transaksi yang lebih aman, lebih cepat, dan lebih higienis untuk semua yang terlibat. Selain itu, limbah yang dihasilkan juga jadi lebih sedikit sehingga bermanfaat untuk kelestarian lingkungan.

  1. Aman bagi event dan pengunjung

Karena dilakukan dengan dengan sistem yang terintegrasi, cashless payment system melindungi kamu dari kerugian dari penipuan maupun transaksi tidak sah. Selain itu, penjunjung tak perlu khawatir akan kehilangan tiket maupun pencurian uang, karena semua sudah tersedia di wristband mereka.

  1. Dapatkan insight dari transaksi pengunjung

Teknologi Cashless Payment System by GOERS memungkinkan kamu bisa memahami perilaku pembelian setiap pengunjung. Kamu juga bisa lihat tenant atau produk mana yang paling populer berdasarkan penjualannya. Data yang ada bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk meningkatkan experience pengunjung pada event selanjutnya.

Sistem pembayaran cashless tak lagi hanya menjadi tren, namun sudah menjadi cara hidup untuk sebagian pihak. Cashless payment juga bisa diterapkan dalam event dan memberikan banyak manfaat. Transaksi bisa lebih cepat, keamanan lebih baik, dan pastinya ramah lingkungan.

Tak hanya menjadi ticketing partner event kamu, GOERS juga siap bantu event kamu naik level dengan Cashless Payment System by GOERS yang sudah terbukti layanannya. Mulai lah dengan konsultasikan event kamu. GOERS akan berikan solusi dan membantu kamu membuat keputusan terbaik untuk event impian kamu!

Buat experience sekarang atau hubungi kami melalui WhatsApp atau Email ke [email protected] untuk konsultasi.

Write A Comment