Tahukah kamu kalau berbagai event di Indonesia sudah mulai diizinkan untuk diselenggarakan secara offline? Hal ini dijelaskan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang dilansir dari Kumparan. Kemenparekraf bersama dengan Kapolri Jenderal Listiyo Sigit Prabowo memberikan izin penyelenggaraan berbagai acara yang mengundang banyak kerumunan, tapi tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Tenang aja! pelaksanaan kegiatan ini tetap memperhatikan unsur CHSE, yaitu cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), serta environment sustainability (kelestarian lingkungan).

Zonasi dan Kewajiban Digitalisasi setiap Acara

Fyi, situs lokasi yang digunakan sebagai titik penyelenggaraan suatu acara juga dibedakan menjadi tiga zona loh! Zona hijau berarti acara dapat diselenggarakan secara langsung/offline, zona kuning berarti acara dapat diselenggarakan secara hybrid atau campuran antara online dan offline, sedangkan zona merah berarti acara hanya dapat dilaksanakan secara virtual.

Tidak hanya itu, penyelenggaraan acara ini juga harus memanfaatkan kemajuan teknologi. Menurut Kapolri Jenderal Sigit, penyelenggara event harus mengutamakan digitalisasi dalam setiap kegiatannya.

Buku Panduan bagi Pelaku Event

Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan
Gambar 1. Ilustrasi Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan

Kemenparekraf juga merilis buku panduan bagi pelaku event sebagai pedoman dalam menyelenggarakan suatu acara. Kira-kira apa aja sih isi panduannya? Oke, kira-kira begini isi panduan yang sudah dirangkum oleh Goers Rangers

  1. Penyelenggara acara diwajibkan untuk melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti pemerintah daerah, Satgas Covid-19, hingga pihak kepolisian di masing-masing daerah.
  2. Jumlah pengunjung harus dibatasi dan wajib melakukan physical distancing sejauh 1 meter.
  3. Penyelenggara event wajib menyiapkan tempat cuci tangan dan selalu mengingatkan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan
  4. Membuat rute jalan masuk dan keluar yang berbeda untuk mengurangi kontak antar pengunjung
  5.   Ini nih yang paling penting! Sistem registrasi dan pembayaran harus dilakukan secara online dan cashless (non tunai)

Sebagai golongan oportunis, pastinya kamu nggak mau dong melewatkan peluang ini untuk bisnis kamu! Ets, tenang aja Goers di sini punya solusinya! Nggak ribet kok, kamu bisa bikin event sambil rebahan aja di rumah. Dengan bantuan Goers Experience Manager (GEM) kamu bisa wujudkan mimpimu untuk mengadakan event secara langsung maupun virtual.

GEM
Gambar 2. Goers Experience Manager

Dalam hal ini, GEM akan membantu operator, event organizer, hingga pelaku bisnis experience untuk mengintegrasikan seluruh proses pembuatan event mulai dari ticketing, promosi, database penjualan, hingga sistem crowd control. Layanan GEM memiliki fitur-fitur andalan, seperti:

  1. Ticketing Management System (TMS) untuk membantu mengintegrasikan sistem penjualan tiket secara online. Dengan fitur ini, kamu sudah menerapkan kewajiban digitalisasi di acaramu loh!
  2. Widget yang dapat digunakan sebagai fitur penjualan tiket melalui website partner.
  3. Point of Sales (POS) yang digunakan untuk membantu melayani transaksi penjualan di tempat dengan menggunakan metode pembayaran yang beragam. Hal ini akan memudahkan konsumen maupun pemilik event saat penyelenggaraan acara nanti.
  4. Bantuan layanan promosi melalui fitur email blast, aplikasi, website, serta media lainnya yang berafiliasi dengan Goers. Kamu nggak perlu pusing mikirin promosi, karena di Goers semua sudah tersedia!
  5. Goers Ticket Scanner App yang dapat digunakan untuk memantau jumlah pengunjung atau dapat disebut juga sebagai sistem crowd control. Tentunya, fitur ini akan sangat berguna di masa pandemi sekarang ini untuk mengatur keramaian agar tidak terjadi kerumunan yang dapat menimbulkan klaster Covid-19 terbaru. 
  6. Laporan analisis penjualan dan database peserta. Kamu pasti perlu dong mendapatkan analisis pasca kegiatan berlangsung! Hal ini penting sebagai bahan pertimbangan jika kamu ingin membuat event-event berikutnya. Selain itu, database pengunjung ini juga bisa digunakan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas event kamu kepada Satgas Covid-19 hingga pihak pemerintah di masing-masing daerah.

Jadi gimana? Sudah mulai tertarik apa belum? Yuk, kepoin kita di sini atau tanya-tanya langsung sama Ayu Goers (+628111961996). Jangan malu-malu ya, nanti nyesel!

Write A Comment